Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Diwaspadai Ketika Sudah Komitmen Nikah

Sebelum menikah ada saja godaan yang sering menghampiri

Komitmen menikah merupakan idaman setiap orang yang sedang berpacaran. Hal ini berarti pasanganmu memang benar-benar serius menjalani hubungannya selama ini. Namun, ketika kalian sudah meniatkan hubungan ke tingkat lebih lanjut, ada beberapa godaan yang sering kalian temukan dalam masa itu.

Jika kalian tidak bisa menghadapi godaan ini, maka menikah hanya akan menjadi impian semata. Yuk kita simak apa saja yang harus kalian waspadai dalam masa itu.

1. Masa lalu yang muncul kembali

5 Hal yang Harus Diwaspadai Ketika Sudah Komitmen NikahPexels.com/Serkan Göktay

Masa lalu di sini banyak macamnya, bisa dari gangguan mantan atau gangguan dari masa lalu kamu sendiri. Mantan yang dahulu hilang,  tiba-tiba saja muncul di saat yang seperti ini. Mereka ingin mengulang cerita masa lalu yang belum usai.

Mereka berharap kamu menggagalkan komitmen ini dan berganti menjalaninya dengannya karena merasa lebih pantas denganmu. Hal ini ditambahkan oleh penyesalannya karena dia telah menyakitimu.

2. Kamu akan merasa mudah soal asmara

5 Hal yang Harus Diwaspadai Ketika Sudah Komitmen NikahPexels.com/Andre Furtado

Tidak seperti kamu semasa jomblo dulu, saat sudah melakukan komitmen, kalian akan sangat mudah untuk menarik lawan jenis dengan berbagai hal yang sederhana. Bahkan, gebetan yang dulu tidak memberikan respons kamu setelah perjuangan yang melelahkan, tiba-tiba saja datang dan memberikan harapan yang indah.

3. Kamu mulai meragukan pasangan

5 Hal yang Harus Diwaspadai Ketika Sudah Komitmen NikahPexels.com/rawpixel

Kamu akan merasakan keraguan terhadap calon pasanganmu setelah lama bersama. Keraguan itu muncul dalam bentuk rasa tidak yakin. Seperti tidak yakin akan bahagia, tidak yakin akan terjamin ekonominya, tidak yakin terhadap keharmonisan kedua keluarga serta perasaan ragu lain yang makin menguat. Padahal dulu sebelum berkomitmen kalian yakin akan dapat mengatasi semua ini.

Baca Juga: 7 Persiapan Penting Agar Resepsi Penikahan Berjalan Lancar

4. Kamu mulai banyak bertengkar mengenai isi kepala yang tidak sama

5 Hal yang Harus Diwaspadai Ketika Sudah Komitmen NikahPexels.com/Vera Arsic

Dalam pernikahan, menyatukan isi dua kepala itu tidak mudah. Salah satu harus ada yang mengalah agar tercapai kesepakatan untuk tujuan bersama. Maka dari itu, dalam fase ini kamu mulai meributkan hal-hal yang sebenarnya bisa dibicarakan baik-baik.

Contohnya masalah kalian nanti akan menetap dimana, siapa yang resign untuk mengurus anak, bahkan urusan cincin kawin saja bisa menjadi runyam jika tidak segera diselesaikan.

5. Kamu merasa pasangan berubah menjadi tidak romantis lagi

5 Hal yang Harus Diwaspadai Ketika Sudah Komitmen NikahPexels.com/rawpixel

Kamu mulai merasa bahwa pasanganmu mulai berubah. Dia tidak memberikan perhatian sebanyak dulu. Namun sebenarnya itu hanya perasaan kamu saja. Faktanya, pasanganmu sedang sibuk mempersiapkan segalanya untuk pernikahan kalian. Sehingga tidak ada waktu lagi untuk melakukan hal-hal yang berbau romantis. Percayalah, pada saatnya dia akan kembali menjadi romantis lagi. 

Itulah 5 hal yang harus kamu waspadai ketika sudah mulai berkomitmen untuk menikah. Hal-hal di atas sebenarnya hanya godaan dan perasaan kamu saja. Kamu harus bisa melewatinya untuk mendapatkan kebahagian yang lebih dari saat ini.

Pastikan kamu selalu melakukan komunikasi yang baik dengan pasanganmu agar semuanya berjalan seperti yang kamu inginkan. Ada banyak pasangan yang selalu menunda menikah karena tidak dapat melewati tahap ini.

Baca Juga: Buat Persiapan Nikah, Ini 7 Tips Seks yang Kamu Harus Tahu!

Layangseta Photo Community Writer Layangseta

Saya seorang blogger yang mempunyai hobi jalan-jalan ke tempat yang memiliki nilai historis dan budaya yang tinggi. Tidak menyukai pantai, daging dan semua hal yang berbau amis.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You