Comscore Tracker

Segera Sadari, 5 Tanda Kamu Sudah Bersikap Egois pada Pasangan

Jangan nunggu dia marah ya!

Yang namanya manusia enggak akan selalu bisa bersikap baik. Bahkan meski kita enggak pernah bermaksud buruk sekalipun, ada saja waktu dimana kita tanpa sadar sudah bersikap egois, dan tidak mempedulikan orang sekitar. Dan dari sekian manusia terdekat, pasangan menjadi salah satu orang yang paling sering jadi korban dari keegoisan kita.

Sayangnya dilansir dari bustle.com, kebanyakan dari kita jarang menyadari hal itu. Sedangkan kebanyakan pasangan kadang lebih suka memendam rasa kesalnya sendiri. Alhasil, ketika sudah menumpuk tinggi, rasa kesal yang tadinya hanya muncul sekali dua kali, justru berubah jadi masalah besar yang sulit untuk diselesaikan. Supaya hubunganmu enggak berantakan, berikut ini lima tanda kamu sudah bersikap egois pada pasangan!

1. Kamu selalu benar, dia selalu salah 

Segera Sadari, 5 Tanda Kamu Sudah Bersikap Egois pada Pasanganunsplash.com/Milan Popovic

Enggak peduli selama apa pun sebuah hubungan berjalan, masalah pasti akan selalu datang. Normalnya, pasangan yang baik akan mencoba untuk mencari tahu apa yang salah, lalu menyelesaikannya bersama. Sedangkan pasangan yang egois akan lebih fokus mencari kambing hitam untuk disalahkan.

Ya dia mungkin pernah melakukan kesalahan di masa lalu, tapi bukan berarti kamu bisa menyalahkannya setiap waktu. Bagaimana pun, hubungan ini dijalankan oleh dua orang. Dan jika kamu mau hubungan kalian tetap berjalan, berhentilah menyalahkan pacar setiap kali masalah datang.

2. Enggak mau minta maaf, bahkan ketika salah 

Segera Sadari, 5 Tanda Kamu Sudah Bersikap Egois pada Pasanganunsplash.com/Wesley Balten

Selain hobi menyalahkan orang lain, orang yang egois juga paling anti buat minta maaf. Eits, mereka enggak mau minta maaf bukan karena enggak ngerasa bersalah, apalagi karena enggak punya hati, melainkan karena gengsi mereka terlalu tinggi. Buat orang egois, minta maaf sama seperti merendahkan diri sendiri.

Padahal ya, minta maaf ketika salah itu enggak lantas membuat kamu terlihat rendah, sebaliknya itu justru menunjukkan sisi terbaik dari dirimu. Memang sih, maaf enggak akan menyelesaikan semuanya, tapi setidaknya satu kata maaf akan membuat keadaan jadi lebih baik.

Baca Juga: 6 Tanda Nyata Golongan Orang Egois, Kamu Termasuk Gak?

3. Hanya ingin dipahami, tapi enggak mau memahami 

Segera Sadari, 5 Tanda Kamu Sudah Bersikap Egois pada Pasanganunsplash.com/Seth Reese

Yang namanya orang, enggak akan seneng terus. Kapan waktu, pasti ada aja sedihnya juga. Di situasi seperti itu, orang yang baik akan berusaha selalu ada untuk pacarnya. Sayangnya, orang egois enggak akan bisa mengesampingkan dirinya demi orang lain, bahkan jika itu pacarnya sendiri. Buat orang egois, dirinya adalah yang terpenting.

Well, mementingkan diri sendiri sebenarnya enggak salah, tapi ya lihat situasi juga kali. Kalau orang yang kamu sayang sedang terpuruk, mau enggak mau, kamu harus bisa mengesampingkan diri sendiri demi dia. Tenang, pengorbanan kamu enggak akan sia-sia kok. Kenapa? Karena besok, dia juga pasti akan melakukan hal yang sama ketika kamu ada diposisinya saat ini.

4. Semuanya harus selalu sesuai dengan keinginan kamu 

Segera Sadari, 5 Tanda Kamu Sudah Bersikap Egois pada Pasanganunsplash.com/Allef Vinicius

Enggak dipungkiri, komunikasi jadi bagian penting dalam sebuah hubungan, apalagi saat ada masalah. Kalau komunikasinya buruk, secara otomatis masalah yang dihadapi juga bakal makin runyam, bahkan bukan enggak mungkin bikin hubungan kalian bubar jalan. Tapi komunikasi enggak akan ada gunanya kalau dilakukan dengan orang yang egois.

Pasalnya orang egois cenderung keras kepala dan enggak mau mendengarkan orang lain. Menurutnya, pendapat dia adalah yang terbaik. Orang seharusnya mengikuti apa yang dia katakan, dan bukan sebaliknya.

5. Cuma mau menerima, tapi enggak mau memberi 

Segera Sadari, 5 Tanda Kamu Sudah Bersikap Egois pada Pasanganunsplash.com/Kira auf der Heide

Sebagai pacar yang baik, dia pasti enggak segan untuk membelikanmu ini itu ketika jalan. Begitu pun saat kamu ulang tahun, dia pasti akan menyisihkan uangnya untuk membelikan kamu kado. Ya memang sih dia enggak akan bilang apa-apa, tapi akan sangat egois kalau kamu hanya menerima semua pemberiannya, tanpa sekali pun membalasnya.

Bagaimana pun, sebuah hubungan harus seimbang. Jadi kalau kamu punya rezeki lebih, enggak ada salahnya kalau sesekali kamu gantian traktir dia atau membelikan kado untuknya. Bahkan kalaupun kado yang kamu berikan sama sekali enggak mahal, dia pasti akan senang sekali.

Sebenarnya kalau sikap egois ini hanya terjadi sekali dua kali, si pacar mungkin akan maklum. Tapi kalau terus-terusan, orang sesabar apa pun pasti bakalan kesal juga. Sebelum hubungan kalian berantakan, enggak ada salahnya kalau kamu introspeksi diri sendiri, apakah kamu termasuk pacar yang egosi atau bukan.

Baca Juga: 5 Tanda Jika Pasangan Sudah Gak Menghargai Sikap Mengalah dan Sabarmu

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya