Comscore Tracker

Cuma Buang Waktu, 5 Alasan Kamu Gak Perlu Balikan Sama Mantan

Jangan sampai kamu mengalami patah hati yang sama ya!

Putus cinta memang bukan saat yang menyenangkan. Bahkan saking susahnya melupakan mantan beserta kenangannya, tidak jarang orang menyerah dan memutuskan untuk kembali memulai hubungan berharap bahwa kali ini mereka bisa memiliki hubungan yang lebih baik.

Meski kedengaran mudah dan menyenangkan, pada kenyataannya balikan dengan mantan tidak selalu menjadi ide yang baik untuk dilakukan. Kenapa begitu? Berikut ini alasannya!

1. Kamu dan dia tidak putus tanpa alasan

Cuma Buang Waktu, 5 Alasan Kamu Gak Perlu Balikan Sama Mantanunsplash.com/Joshua Ness

Salah satu keuntungan balikan dengan mantan adalah, kamu tidak perlu lagi memulai semuanya dari awal karena yang kalian butuhkan hanyalah melanjutkan cerita lama. Tapi sebelum kamu setuju untuk melanjutkan semuanya, kamu juga harus mengingat saat-saat kamu putus dengan dia. Ingat, tidak ada asap kalau tidak ada api.

Kalian berdua toh tidak putus tanpa alasan melainkan karena sebuah masalah yang tidak bisa kalian selesaikan. Oke, kamu mungkin bisa melupakan apa yang terjadi dulu tapi pertanyaannya jika masalah yang sama datang, bisakah kalian melaluinya dengan aman tanpa kembali memutuskan hubungan?

2. Kepercayaan kamu padanya tidak akan pernah sama lagi

Cuma Buang Waktu, 5 Alasan Kamu Gak Perlu Balikan Sama Mantanunsplash.com/Gift Habeshaw

Kepercayaan itu ibarat gelas kaca. Meski kelihatannya kokoh tapi sekali gelas itu pecah maka akan sulit untuk membuatnya kembali utuh seperti semula. Hal yang sama juga berlaku bagi kepercayaan dalam sebuah hubungan.

Tidak peduli seberapa besar rasa percaya kamu pada dia, sekali kepercayaan itu rusak maka akan sulit bagi kamu untuk kembali memberikan rasa yang sama. Apalagi jika ternyata alasan kalian putus dulu adalah karena orang lain, mustahil rasanya memberikan dia kepercayaan tanpa mengingat semua yang sudah dia lakukan padamu dulu.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Ladies Tak Perlu Kepo dengan Mantan dari Pasanganmu

3. Orang tidak berubah dengan mudah

Cuma Buang Waktu, 5 Alasan Kamu Gak Perlu Balikan Sama Mantanunsplash.com/Priscilla Du Preez

Setiap orang bisa berubah jadi orang yang lebih baik, namun perubahan itu hanya berlaku bagi diri sendiri. Kamu mungkin bisa berubah jadi lebih setia tapi kamu tidak bisa memaksanya untuk melakukan hal yang sama. Tentu saja di awal hubungan, dia akan bersikap lebih baik padamu.

Tapi jauh di dalam hatinya, dia tetap orang yang sama yang mungkin akan melakukan kesalahan yang sama seperti yang dia lakukan sebelumnya. Dia bisa saja mengubah penampilan, caranya bicara, atau sikapnya tapi perubahan itu harus datang dari dirinya sendiri dan itu tidak mudah.

4. Selain kepercayaan, perasaan kamu juga sudah berubah

Cuma Buang Waktu, 5 Alasan Kamu Gak Perlu Balikan Sama Mantanunsplash.com/Salomé Watel

Sama seperti rasa percaya, perasaan kamu padanya juga akan berubah. Tentu kamu masih menyukai dia, tapi rasa suka itu tidak sebanyak seperti saat kalian bersama dulu. Kamu mungkin bisa berbohong padanya, bahwa semuanya masih sama.

Tapi ketika kamu akhirnya menjalani hubungan tersebut, mau tidak mau kamu akan kembali mengingat semua kenangan yang pernah terjadi termasuk beberapa hal buruk yang mengganggu.

5. Ada banyak orang di luar sana

Cuma Buang Waktu, 5 Alasan Kamu Gak Perlu Balikan Sama Mantanunsplash.com/Eliott Reyna

Setelah putus, kamu pasti berharap bisa memutar waktu kembali untuk memperbaiki apa yang sudah terjadi agar kamu tetap bersamanya. Sedih dan kehilangan pasti kamu rasakan. Tapi yang perlu diingat adalah dunia bukan hanya memiliki dia. Di luar sana, ada banyak orang yang lebih baik yang menunggu untuk bisa bertemu dengan kamu. Dan hal itu tidak akan terwujud jika kamu terus-menerus kembali padanya.

Balikan dengan mantan sebenarnya bukan hal yang buruk, tapi di sisi lain kamu juga harus hati-hati agar tidak mengalami patah hati yang sama di kemudian hari. Jika memang mantan kamu bukan orang yang baik, maka kembali padanya hanya akan membuang waktu yang seharusnya bisa kamu gunakan untuk menjalani hidup yang lebih baik.

Baca Juga: 6 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Saat Mendadak Kangen Mantan

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You