Comscore Tracker

Gak Rugi Kok! 8 Alasan Kamu Harus Berteman dengan Orang yang Lebih Tua

Tuh kan, gak ada ruginya jadi anak bawang..

Teman menjadi salah satu orang paling dekat di hidup kita. Biasanya kita berteman dengan orang yang satu kelas, atau paling tidak memiliki usia yang sama dengan kita. Karena orang yang punya usia sama, cenderung memiliki dunia yang sama sehingga akan lebih mudah untuk menemukan topik obrolan dan akhirnya berteman. 

Namun yang namanya berteman bisa dengan siapa saja kan? Bukan hanya berteman dengan mereka yang seumuran tapi juga tidak menutup kemungkinan kita bisa berteman dengan orang-orang yang memiliki usia jauh lebih tua. Kenapa begitu? Berikut ini delapan alasan kenapa kamu harus berteman dengan orang yang lebih tua!

1. Kamu bisa belajar banyak dari mereka

Gak Rugi Kok! 8 Alasan Kamu Harus Berteman dengan Orang yang Lebih Tuaunsplash.com/Priscilla Du Preez

Anak muda selalu merasa mereka tahu segalanya. Tapi ketika kamu bertemu dengan teman-teman yang lebih tua, kamu akan sadar bahwa kamu salah. Karena bagaimana pun teman-teman kamu hidup lebih lama darimu, meski tidak semua namun kebanyakan dari mereka mengalami lebih banyak hal, lebih banyak pelajaran yang otomatis bisa membuat kamu belajar lebih banyak dari mereka. 

2. Mereka memberikan rasa aman

Gak Rugi Kok! 8 Alasan Kamu Harus Berteman dengan Orang yang Lebih Tuaunsplash.com/Joseph Pearson

Berteman dengan orang yang lebih muda, mereka akan bergantung padamu. Namun berteman dengan orang yang lebih tua akan memberikan rasa aman, karena kamu bisa bergantung pada mereka atau setidaknya kalian bisa saling membantu dan bertukar fikiran ketika sedang ada masalah. 

3. Bukan cuma pendengar yang baik, mereka juga penasihat yang baik

Gak Rugi Kok! 8 Alasan Kamu Harus Berteman dengan Orang yang Lebih Tuaunsplash.com/Priscilla Du Preez

Teman-teman yang seumuran akan mendengarkan cerita kamu, tapi jarang sekali yang bisa memberikan nasihat yang bijaksana. Tapi mereka yang berusia lebih tua, bukan hanya bisa menjadi pendengar yang baik tapi juga seorang penasihat. Asyiknya, nasihat mereka hampir selalu bagus, karena mereka memberikan nasihat berdasarkan pengalaman dan bukan karena sok tahu. 

4. Tidak ada drama di antara kalian

Gak Rugi Kok! 8 Alasan Kamu Harus Berteman dengan Orang yang Lebih Tuaunsplash.com/Ben White

Pertemanan remaja sangat berbeda dengan pertemanan saat dewasa. Perbedaannya adalah, tidak ada drama di antara kalian. Berteman dengan orang yang lebih muda, kamu hampir selalu dihadapkan dengan drama bahkan untuk hal-hal sepele sekalipun.

Para remaja akan selalu menuntut kamu untuk selalu menghabiskan waktu dengan mereka. Sebentar saja menjauh, hubungan kalian akan selesai. Tapi orang dewasa mengerti bahwa setiap orang punya kesibukan masing-masing.

Tidak peduli berapa lama kalian tidak bertemu, selama tidak ada masalah satu sama lain, kamu akan tetap jadi temannya. Kamu bisa saja tidak bertemu dia selama dua tahun lebih, tapi ketika bertemu kalian tetap bisa memiliki obrolan yang menyenangkan. 

Baca Juga: 5 Keuntungan yang Akan Didapat Saat Berteman dengan Si Ceplas-ceplos!

5. Kamu tidak perlu melakukan kesalahan yang sama

Gak Rugi Kok! 8 Alasan Kamu Harus Berteman dengan Orang yang Lebih Tuaunsplash.com/Tyler Nix

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, teman-teman yang lebih tua, hidup lebih lama, mengalami lebih banyak hal dan mungkin juga pernah melakukan banyak kesalahan atau masalah yang belum pernah kamu temui sebelumnya, tapi di sisi lain mereka juga belajar banyak dari kesalahan itu. Dan sebagai teman yang baik, mereka akan dengan senang hati membimbing kamu agar tidak melakukan kesalahan yang sama dengan yang pernah mereka mereka.

6. Teman yang lebih tua cenderung bersikap adil

Gak Rugi Kok! 8 Alasan Kamu Harus Berteman dengan Orang yang Lebih Tuaunsplash.com/Rosie Fraser

Kalian memang berteman, tapi hanya karena kalian berteman tidak berarti dia akan selalu membela kamu. Teman yang lebih tua dan dewasa akan bersikap jujur dan adil.

Mereka akan bilang benar jika memang kamu benar, dan bilang salah kalau kamu memang salah. Mereka tidak akan pernah menutupi kesalahanmu, tapi juga tidak akan membiarkan kamu terjerumus dalam kesalahanmu sendiri.

Sebaliknya, setelah memberitahu di mana letak kesalahan yang kamu lakukan, mereka juga akan membantu kamu membereskan kekacauan apa pun yang sudah kamu ciptakan. 

7. Berkumpul dengan mereka, mau tidak mau kamu juga akan ikut terbawa dewasa

Gak Rugi Kok! 8 Alasan Kamu Harus Berteman dengan Orang yang Lebih Tuaunsplash.com/Tiago Rosado

Siapa dirimu tergantung pada siapa teman-temanmu. Seperti kata pepatah, berteman dengan tukang minyak akan membuat kamu bau minyak. Sedangkan berteman dengan tukang minyak wangi, akan membuat kamu ikutan wangi.

Hal yang sama juga berlaku saat kamu berteman dengan orang yang lebih tua. Meski dalam grup mereka kamu adalah anak bawang, tapi berkumpul dengan orang tua dan dewasa juga mau tidak mau akan membuat kamu jadi lebih cepat dewasa dari seharusnya bahkan tanpa kamu sadari. 

8. Berteman dengan mereka, membuat kamu lebih mudah menyesuaikan diri

Gak Rugi Kok! 8 Alasan Kamu Harus Berteman dengan Orang yang Lebih Tuaunsplash.com/Campaign Creators

Terbiasa bergaul dengan orang yang lebih tua, kamu akan belajar cara menyesuaikan diri. Kamu jadi tahu bagaimana bersikap dan menempatkan dirimu di depan mereka. Dan itu akan berguna ketika kamu bekerja nanti. Karena mayoritas pegawai di perusahaan adalah orang yang umurnya lebih tua bukannya mereka yang lebih muda.

Baca Juga: Selektif Berteman, Ini 5 Keuntungan Bernilai yang Bakal Kamu Rasakan

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You