Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Belum Siap Berteman Lagi dengan Mantan

Yang ada justru membuat kamu susah melupakannya..

Berteman dengan mantan mungkin menjadi ide yang mustahil bagi banyak orang. Biasanya setelah putus, kita cenderung menganggap mantan sebagai orang asing. Yang artinya, tidak ada lagi kontak dalam bentuk apa pun bahkan memutuskan untuk pura-pura tidak kenal saat bertemu di jalan.

Seperti yang dilansir dari huffpost.com, sebenarnya berteman dengan mantan tidaklah sehoror seperti kedengarannya. Banyak juga orang yang bisa menjalin hubungan baik dan mengubah status mantan menjadi teman. Pertanyaannya, apakah kamu siap? Berikut ini jawabannya!

1. Perasaan kamu padanya belum hilang

5 Tanda Kamu Belum Siap Berteman Lagi dengan Mantanunsplash.com/Larm Rmah

Jika kamu ingin berteman dengan mantan, langkah pertama yang harus kamu lakukan bukanlah menghubunginya melainkan jujur dengan perasaanmu sendiri. Apakah kamu sudah move on atau justru masih ada perasaan lain yang terselip dihatimu?

Jika ternyata perasaan kamu belum berubah, maka sudah pasti kamu belum siap menjalin hubungan pertemanan dengannya. Bahkan jika niat kamu baik, tapi efeknya tidak baik untukmu juga untuk perasaanmu.

2. Kamu masih berharap dia kembali

5 Tanda Kamu Belum Siap Berteman Lagi dengan Mantanunsplash.com/frank mckenna

Saat memutuskan berteman dengannya, apakah ada bagian dari diri kamu yang berharap bahwa dia akan kembali suatu saat nanti? Kalau jawabannya adalah "iya", itu artinya kamu tidak bisa berteman dengan dia. Karena pertemanan yang baik adalah pertemanan yang tulus tanpa mengharapkan imbalan apa pun, termasuk bonus harapan bisa balikan lagi.

Kamu tentu saja boleh berteman dengan dia, dengan catatan niat kamu  hanya untuk menjaga hubungan agar tetap baik dan bukannya untuk memanfaatkannya sebagai lahan PDKT agar dia bisa kembali.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Orang yang Disakiti Justru Sulit Sekali untuk Move On

3. Cemburu pada siapa pun yang didekatinya

5 Tanda Kamu Belum Siap Berteman Lagi dengan Mantanunsplash.com/Alexis Brown

Sebagai teman yang baik, kamu seharusnya mendukung dia dalam hal apa pun yang dia kerjakan. Disaat dia merasa bahagia, sebagai teman kamu pun seharusnya ikut merasa berbahagia, termasuk saat dia mencoba memulai hubungan baru dengan orang lain. Setelah sepakat untuk putus, statusnya bukan lagi milikmu.

Kamu tidak lagi berhak untuk marah dan melarangnya untuk menyukai orang lain. Tapi kalau setiap kali melihat dia PDKT dengan orang lain membuat kamu cemburu, itu tandanya kamu masih memiliki perasaan dan untuk itu kamu tidak boleh dekat-dekat dengan dia.

4. Kamu masih memikirkan dia sepanjang waktu

5 Tanda Kamu Belum Siap Berteman Lagi dengan Mantanunsplash.com/Andrew Neel

Salah satu cara paling mudah untuk mengetahui perasaanmu adalah dengan menghitung berapa kali kamu memikirkannya dalam sehari. Mereka yang sudah move on, akan benar-benar menutup kenangan lalu.

Mereka tidak akan mau menghabiskan waktunya hanya untuk memikirkan masa lalu yang tidak perlu. Tapi kalau setiap waktu pikiran kamu dipenuhi oleh dia, jelas kamu masih punya perasaan padanya.

5. Melihatnya membuat kamu selalu teringat masa lalu

5 Tanda Kamu Belum Siap Berteman Lagi dengan Mantanunsplash.com/Christin Hume

Sepakat untuk berteman, sama artinya dengan sepakat untuk sering bertemu dengannya entah itu untuk hangout atau urusan lain. Jika kamu memang sudah move on, kamu akan memandang dan memperlakukan dia sama seperti kamu memperlakukan orang lain.

Saat bersama dia, kamu tidak lagi teringat dengan masa lalu apalagi sampai merasa baper selama berhari-hari. Sayangnya, kalau yang terjadi sebaliknya maka sudah jelas kamu tidak boleh bertemu apalagi sampai menjalin pertemanan dengannya.

Berteman dengan mantan bukan gagasan buruk. Selama kamu yakin  mantan kamu adalah orang yang baik. Tapi sebelum memutuskan hal tersebut, kamu juga harus memastikan hati kamu siap untuk kembali dalam hidupnya dengan status yang berbeda.

Baca Juga: 5 Tanda Bukti Mantanmu Masih Belum Bisa Melupakanmu, Girls

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You