Comscore Tracker

Bikin Orang Bete, Ini 5 Tanda Kamu Punya Attitude yang Buruk

Semoga kamu bukan salah satunya ya!

Berada di sekitar orang yang punya attitude atau sikap yang buruk memang menyebalkan. Orang seperti ini selalu tampak marah dan mudah sekali terpancing emosi. Alhasil suasana yang seharusnya menyenangkan bagi semua orang justru berubah menjadi moment buruk hanya karena kehadirannya.

Sayangnya, tidak semua orang sadar kalau ternyata mereka memiliki attitude yang buruk. Nah kalau kamu penasaran, apakah kamu memiliki attitude yang buruk atau tidak, berikut ini 5 tanda yang harus kamu cek!

1. Kehadiran orang lain membuat kamu merasa terganggu

Bikin Orang Bete, Ini 5 Tanda Kamu Punya Attitude yang Burukunsplash.com/Mikail duran

Siapa pun kita, kadang ada saja orang yang bersikap buruk bahkan melakukan sesuatu yang mengganggu. Hal ini wajar, yang tidak wajar adalah ketika kamu selalu merasa terganggu dengan kehadiran orang lain disekitarmu.

Tanpa alasan yang jelas kamu merasa terganggu dengan kehadiran mereka, padahal mereka tidak melakukan apa pun yang bisa membuat kamu kesal. Sekali waktu, ketika kamu merasa kesal kepada satu orang, mungkin memang dialah yang salah.

Tapi jika kamu terlalu sering merasa kesal dengan hampir semua orang yang kamu temui, jangan-jangan kamulah yang sebenarnya bermasalah.

2. Kamu berfikir bahwa kamu selalu benar

Bikin Orang Bete, Ini 5 Tanda Kamu Punya Attitude yang Burukunsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Manusia itu tidak sempurna. Tidak dipungkiri kita melakukan hal benar dan kadang juga kita melakukan banyak kesalahan. Ketika salah, umumnya orang akan dengan rendah hati mengakui kesalahan mereka dan meminta maaf.

Tapi tidak dengan mereka yang punya attitude buruk. Alih-alih mengakui kesalahan dan minta maaf, mereka justru terus menyalahkan orang lain atas kesalahan yang dia lakukan. Orang-orang ini punya dua aturan emas yang selalu dia patuhi. Aturan pertama adalah mereka selalu benar apa pun situasinya. Aturan kedua, jika mereka salah maka kembali ke aturan nomor satu.

Baca Juga: 5 Perilaku Ini Membuatmu Berisiko Jadi Perusak Hubungan Orang

3. Kesuksesan orang lain justru membuat kamu merasa iri

Bikin Orang Bete, Ini 5 Tanda Kamu Punya Attitude yang Burukunsplash.com/Tamara Bellis

Mereka yang punya hati tulus dan sikap baik akan selalu senang jika melihat orang lain berhasil, apalagi jika orang itu adalah sahabatnya. Namun orang yang pada dasarnya punya sikap yang buruk justru merasa iri, bahkan marah melihat kesuksesan orang lain.

Ketika orang sekitarmu merayakan keberhasilannya, kamu justru setengah mati mengutuk apa yang dia dapatkan. Yang lebih parah adalah kamu tiba-tiba saja membencinya. Dan hanya karena kamu tidak mendapatkan keberhasilan yang sama, maka kamu merasa bahwa orang lain juga tidak pantas untuk mendapatkannya.

Sekarang coba fikir lagi, apakah akhir-akhir ini kamu sering merasa iri dengan orang lain? Jika iya, kamu harus hati-hati karena itu artinya ada sesuatu yang salah dengan dirimu.

4. Kamu sering marah

Bikin Orang Bete, Ini 5 Tanda Kamu Punya Attitude yang Burukunsplash.com/Corey Saldana

Bukan rahasia lagi jika banyak orang, terutama cowok akan jadi lebih mudah marah ketika mereka lapar. Alasan lain kenapa seseorang jadi pemarah adalah karena mereka punya banyak masalah. Ketika kamu punya banyak masalah, kamu akan jadi jauh lebih sensitif pada apa pun.

Yang patut dicurigai adalah ketika kamu tidak punya masalah apa pun tapi tetap saja sensitif dan mudah marah. Jangankan hal besar, melihat langit mendung saja membuat kamu ingin ngamuk. Nah coba ingat-ingat apakah kamu termasuk orang yang sering marah? Jika iya berarti kamu punya sikap yang buruk.

5. Bukan cuma marah, kamu juga sering memulai pertengkaran

Bikin Orang Bete, Ini 5 Tanda Kamu Punya Attitude yang Burukunsplash.com/NeONBRAND

Mereka yang punya attitude baik umumnya sangat pemaaf. Ketika ada orang yang salah, mereka akan lebih mudah memaafkan bahkan sebelum yang bersangkutan minta maaf. Mereka bahkan selalu menghindari pertengkaran, bukan karena takut tapi karena tidak ingin membesar-besarkan masalah.

Mereka yang punya masalah dengan attitude justru tidak segan untuk memulai pertengkaran dengan orang lain. Baginya masalah belum selesai jika dia belum memberi satu dua pukulan pada orang lain.

Baca Juga: Sadar Gak? 5 Perilaku Ini Membuatmu Sulit Punya Teman Dekat

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You