Comscore Tracker

Biar Gak Galau, Ini 6 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Putus

Move on yuk!

Galau berkepanjangan menjadi salah satu hal yang pasti akan kamu rasakan setelah putus. Maklum setelah menghabiskan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, tiba-tiba saja orang yang setiap hari bersama kamu menghilang begitu saja dan jadi orang asing.

Kehilangan, sedih, kecewa, sakit hati, bahkan marah menjadi hal yang pasti kamu rasakan. Ya, putus memang bikin perasaan jadi gak karuan, tapi bukan berarti kamu enggak bisa mengatasinya.

Oke kamu mungkin enggak bisa mencegah perasaan galau yang muncul tiba-tiba tapi paling tidak kamu bisa lho meminimalisir rasa galau yang muncul karena putus!

1. Bicara dengan orang yang kamu sayang dan menyayangimu

Biar Gak Galau, Ini 6 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Putusunsplash.com/Nathan Dumlao

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh mereka yang putus adalah dengan mengurung diri di kamar selama mungkin. Padahal, tanpa kamu sadari di luar sana ada banyak orang yang khawatir dengan keadaanmu.

Mereka bukan hanya siap mendengar kisahmu, mereka juga merelakan bahunya sebagai sandaran untuk kamu menangis. Oke, kamu memang sedih tapi kamu enggak harus menanggung kesedihanmu sendirian. Lagian daripada sedih sendiri, lebih enak kalau sedihnya bagi-bagi kan?

2. Pergi liburan bersama teman-teman

Biar Gak Galau, Ini 6 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Putusunsplash.com/Ibrahim Rifath

Daripada jenuh di kamar sendirian, lebih baik kalau kamu pergi liburan. Kamu bisa pergi sendirian atau pergi bersama teman-teman dan mengunjungi tempat-tempat baru yang belum pernah kamu datangi sebelumnya. Selain bisa terbebas dengan kenangan mantan, kamu juga bisa menemukan banyak pengalaman baru, bahkan teman-teman baru. Siapa tahu salah satu dari mereka bisa jadi gebetan kamu selanjutnya.

3. Buang semua kenang-kenangan darinya

Biar Gak Galau, Ini 6 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Putusunsplash.com/Radu Florin

Hayo ngaku deh, siapa di sini yang masih suka nyimpen barang-barang peninggalan mantan? Banyak orang enggan membuang barang pemberian mantan karena alasan sayang jika dibuang. Padahal, bukan barangnya yang mubazir tapi kenangannya.

Kalau kamu sudah lama putus tapi masih sering galau, mungkin karena kamu masih menyimpan barang-barang peninggalan mantan. Coba deh singkirkan semua barang itu dari pandanganmu. Tenang, kamu enggak harus membuangnya kok! Supaya enggak mubazir, kamu bisa menyumbangkannya kepada orang yang membutuhkan.

Baca Juga: 5 Hal yang Kamu Rasakan Saat Putus Cinta, dari Galau Hingga Move On

4. Jauh-jauh dari apa pun yang berbau romantis

Biar Gak Galau, Ini 6 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Putusunsplash.com/Anthony Tran

Selain menjauh dari barang peninggalannya, kamu juga harus jauh-jauh dari semua hal yang berpotensi membangkitkan kenangan tentang dia. Misalnya film-film atau novel romantis yang sudah pasti akan membuat usaha move on kamu jadi sia-sia. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih kegiatan lain untuk mengisi waktu luang.

5. Manjakan diri sendiri

Biar Gak Galau, Ini 6 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Putusunsplash.com/Keren Perez

Mood kamu mungkin sedang berantakan, tapi jangan sampai penampilan kamu juga ikut berantakan juga. Setelah melewati masa-masa duka cita karena putus, kamu pantas memberikan reward kepada diri sendiri. Kamu bisa pergi ke salon, pergi relaksasi, atau melakukan perawatan di rumah. Dengan begitu, bukan hanya penampilan kamu saja yang akan jadi makin cantik tapi perasaan kamu juga akan membaik.

6. Lakukan sesuatu yang baru

Biar Gak Galau, Ini 6 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Putusunsplash.com/Matt Seymour

Salah satu obat paling mujarab untuk melupakan patah hati adalah dengan mencari kesibukan baru. Kamu bisa mendaftar jadi sukarelawan, mengikuti kelas memasak, atau ikut kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Dengan pikiran dan tubuh yang sibuk, secara otomatis kamu tidak akan memiliki waktu untuk berdiam diri apalagi memikirkan mantan.

Jangan biarkan dirimu tenggelam dalam kesedihan. Satu hari boleh, tapi besok kamu harus sudah move on!

Baca Juga: Girls, Ini 5 Tanda Jika Cowokmu Belum Move On dari Hubungan Sebelumnya

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You