Comscore Tracker

Bikin Susah Move On, 5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah Putus

Bukannya move on, yang ada justru makin galau

Putus cinta memang enggak enak, setuju? Mulai dari kecewa, sedih, marah, sampai mantan yang selalu muncul dalam pikiran membuat perasaan jadi makin kacau. Alhasil, tidak heran jika saat putus bukan hanya perasaan yang berantakan tapi kita juga cenderung melakukan apa pun termasuk hal-hal bodoh.

Biasanya orang melakukan hal ini hanya agar bisa melupakan patah hatinya. Padahal tidak jarang, apa yang kita lakukan  justru membuat kita makin susah move on lho!

1. Mencoba tetap berkomunikasi dengan mantan

Bikin Susah Move On, 5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah Putusunsplash.com/Becca Tapert

Selama berbulan-bulan dia jadi yang terdekat, tiba-tiba saja dalam satu hari dia berubah jadi manusia paling asing di dunia kita. Kamu harus berhenti mengirim pesan ke WhatsApp-nya, berhenti kepo dan bertanya di mana dan apa yang dia lakukan. Kehilangan, tentu saja kamu akan kehilangan.

Tapi percaya deh berkomunikasi dengan mantan setelah putus juga tidak akan membuat keadaan jadi lebih baik. Selain membuat kamu makin sedih karena dia tidak membalas pesanmu, kamu juga akan semakin sulit melupakannya.

2. Terpuruk terlalu lama

Bikin Susah Move On, 5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah Putusunsplash.com/Anthony Tran

Menangis setelah putus memang wajar, bahkan mungkin harus kamu lakukan. Setelah putus, hati kita dipenuhi dengan berbagai emosi dan menangis bisa jadi cara terbaik untuk mengeluarkan semuanya. Yang tidak wajar adalah ketika kamu terus-menerus menangis dan terpuruk dalam waktu lama.

Dan semakin lama kamu menangisinya, semakin susah juga kamu untuk bangkit dan melupakan dia. Ingat, di dunia kamu bukan hanya ada dia. Masih ada orang tua dan sahabat yang sayang padamu.

Baca Juga: Catat! 6 Sikap Berikut Bikin Cewek Mantap Minta Putus, Lho!

3. Takut memulai hubungan baru

Bikin Susah Move On, 5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah Putusunsplash.com/Julia Caesar

Semua kisah cinta dimulai dengan cara yang manis, sayang kadang akhirnya juga tragis. Saking tragisnya, tidak jarang sampai meninggalkan luka di hati, membuat kita takut untuk jatuh cinta, bahkan menganggap semua orang sama seperti mantan kamu. Tidak peduli seberapa sakit hatinya dirimu, kamu harus mengobatinya.

Dunia ini dipenuhi oleh banyak orang. Selain ada mantan, di luar sana juga banyak orang setia yang bisa kamu temui. Menangis dan menutup diri tidak akan membuat kamu sembuh, yang ada akan membuat kamu terus terkenang dengan mantan dan semua yang sudah dia lakukan.

4. Buru-buru menjalin hubungan baru

Bikin Susah Move On, 5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah Putusunsplash.com/Christine Hume

Banyak yang bilang, sakit hati karena cinta hanya bisa diobati dengan cinta. Tapi tidak berarti kamu bisa pindah ke lain hati seenaknya. Sama seperti luka pada tubuh, luka di hati juga butuh waktu untuk bisa sembuh.

Buru-buru mencari pacar dengan dalih move on justru hanya akan membuat kamu semakin sering teringat dengan pacar lama. Kalau sudah begitu, bukan hanya hati kamu yang sakit tapi juga hati orang lain yang sekarang jadi pasanganmu. Coba bayangkan, bagaimana perasaan pacarmu saat tahu dia hanya pelarian?

5. Menjelek-jelekkan mantan

Bikin Susah Move On, 5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah Putusunsplash.com/Bewakoof.com Official

Salah satu "penyakit" orang setelah putus adalah mereka seringkali menjelek-jelekkan mantannya di depan orang lain. Oke, mungkin ada banyak hal buruk yang dilakukan oleh mantan tapi mengatakan keburukannya juga tidak membuat perasaanmu jadi lebih baik.

Bukannya lupa, kamu justru akan semakin teringat dengan kenangan kalian. Masalahnya, yang muncul bukan hanya kenangan buruk tapi juga semua kenangan indah yang membuat hatimu semakin sesak.

Itulah beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan setelah putus. Ya, meski putus cinta itu menyakitkan akan tetapi melakukan hal-hal di atas justru gak bisa bikin kamu tenang dan move on lho!

Baca Juga: Lakukan 7 Hal Ini Saat Rasa Putus Asa Melanda

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You