Comscore Tracker

Catat! Ini 6 Kriteria yang Harus Dimiliki oleh Seorang Sahabat Sejati

Hayo, sahabat kamu sudah punya enam kriteria ini belum? 

Seorang sahabat lebih berharga dari seribu orang teman. Kedengarannya mungkin sangat berlebihan. Kenyataannya, kehadiran seorang sahabat bukan hanya mampu membuat kita bahagia, tapi juga membuat hidup kita jadi jauh lebih mudah.

Sayangnya, menemukan seorang sahabat tidak semudah seperti kamu menemukan teman. Kamu bisa berteman dengan siapa saja, tapi hal itu juga tidak menjamin mereka bisa jadi sahabat yang baik. Nah, agar kamu bisa lebih mudah menemukan sahabat sejati, berikut ini enam kriteria yang harus mereka punya.

1. Mereka bisa dipercaya

Catat! Ini 6 Kriteria yang Harus Dimiliki oleh Seorang Sahabat Sejatiunsplash.com/Joseph Pearson

Kepercayaan bukan hanya penting dalam sebuah hubungan percintaan, tapi juga dalam sebuah persahabatan. Tanpa kepercayaan, sebuah persahabatan tidak akan ada harganya. Ini karena seorang sahabat adalah tempat kamu mencurahkan hampir semua hal yang terjadi dalam hidupmu, termasuk berbagai rahasia yang kamu miliki.

Jadi bisa dibayangkan betapa berbahayanya jika seorang sahabat tidak bisa dipercaya. Pasti akan ada banyak rahasia kamu yang akan tersebar ke mana-mana.

2. Mereka mendukung kamu

Catat! Ini 6 Kriteria yang Harus Dimiliki oleh Seorang Sahabat Sejatiunsplash.com/Anderson W Rangel

Hidup itu seperti roller coaster yang berjalan cepat. Kamu bisa dengan mudah naik ke puncak tertinggi, tapi dalam sedetik hidup juga bisa membawamu kembali ke titik terendah.

Di momen inilah, kamu membutuhkan banyak dukungan dari orang terdekat, termasuk sahabat. Jika mereka tidak bisa memberikan dukungannya, mereka tidak pantas disebut sahabat.

3. Apa adanya dan menerima segalanya

Catat! Ini 6 Kriteria yang Harus Dimiliki oleh Seorang Sahabat Sejatiunsplash.com/Jared Sluyter

Tidak bisa dimungkiri, ketika bersama teman, kadang kita tidak bisa menjadi diri sendiri. Bahkan, tidak jarang kita memakai topeng hanya agar terlihat baik. Namun, di depan sahabat, kamu seharusnya tidak membutuhkan topeng apa pun.

Kamu bisa menunjukkan wajah aslimu tanpa takut, apalagi malu. Sebagai sahabat, sudah menjadi kewajibannya untuk menerima kamu. Hal yang sama juga berlaku untuknya. Dia bisa tampil apa adanya dan kamu bisa menerima segalanya.

Baca Juga: Ini 10 Alasan Logis Mengapa Kamu Perlu Memiliki Sahabat

4. Mereka adalah pendengar yang baik

Catat! Ini 6 Kriteria yang Harus Dimiliki oleh Seorang Sahabat Sejatiunsplash.com/Andrea Timmons

Bukan hanya menjadi teman bicara yang baik, seorang sahabat juga harus bisa jadi pendengar yang baik. Bahkan, tanpa ditanya pun, mereka tahu bahwa temannya memiliki masalah dan butuh seorang pendengar.

Jadi, pastikan kamu mencari sahabat yang bukan hanya bisa memberikan masukan, tapi juga mau mendengarkan semua keluhan yang kamu miliki.

5. Selalu muncul di masa-masa yang sulit

Catat! Ini 6 Kriteria yang Harus Dimiliki oleh Seorang Sahabat Sejatiunsplash.com/Priscilla Du Preez

Ketika kita senang atau berada di puncak, orang-orang cenderung mendekat dan bersikap baik pada kita. Namun, secepat mereka datang, secepat itu juga mereka pergi menjauh.

Kedengarannya memang jahat, tapi begitulah kenyataannya. Sebaliknya, di saat semua orang menjauh, sahabat yang baik justru akan mendekat. Mereka akan tetap di sampingmu, meski seluruh dunia pergi menjauh darimu.

6. Saat salah, mereka tidak menghakimi kamu

Catat! Ini 6 Kriteria yang Harus Dimiliki oleh Seorang Sahabat Sejatiunsplash.com/Roberto Nickson

Setiap orang, termasuk kamu pasti pernah melakukan kesalahan. Semua orang tahu itu. Sayangnya, tidak semuanya bisa mengerti. Namun, tidak peduli seberapa besar kesalahan yang dilakukan, sahabat tidak akan menghakimi kamu.

Mereka akan lebih dulu bertanya dan mendengar cerita kamu. Bahkan, jika ternyata kamu salah, dia akan lebih memilih untuk memberikan nasihat dan mencari solusi dibandingkan menyalahkan.

Nah itu dia enam kriteria yang harus dimiliki oleh seorang sahabat sejati. Coba cek. Sahabat kamu sudah memenuhi semua syaratnya belum?

Baca Juga: 5 Pelajaran dari Kisah Berebut Cinta dengan Sahabat

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You