Comscore Tracker

Apa Itu Relationship Anxiety & Kenapa Kamu Bisa Saja Mendapatkannya?

Jangan-jangan selama ini kamu gak sadar sudah menderitanya!

Pernah dengar soal relationship anxiety? Atau mungkin jangan-jangan sekarang kamu sedang menderitanya tapi tak menyadarinya? Sadar gak sadar, gangguan ini bisa datang dalam berbagai bentuk dan bisa saja kamu alami lho. Apalagi jika kamu termasuk orang yang menjadi mudah cemas saat baru menjalani hubungan.

1. Sebenarnya apa sih relationship anxiety itu?

Apa Itu Relationship Anxiety & Kenapa Kamu Bisa Saja Mendapatkannya?unsplash.com/Soroush Karimi

Dilansir dari Health,  konselor Karla Ivankovich, PhD mengatakan bahwa relationship anxiety terjadi ketika satu atau dua orang dalam hubungan tersebut lebih cemas tentang hubungan itu sendiri dibanding merawat hubungannya.

Bukan berarti kamu gak boleh mencemaskan apa yang terjadi dalam hubunganmu lho ya. Boleh saja, selama itu tidak melebihi batas yang justru membuat kamu tidak menikmati hari-hari indah tersebut.

2. Apa sih yang bisa menyebabkan relationship anxiety?

Apa Itu Relationship Anxiety & Kenapa Kamu Bisa Saja Mendapatkannya?unsplash.com/Alex Jodoin

Hal paling pertama yang paling simple adalah, ketika kamu mulai membandingkan hubunganmu dengan hubungan orang lain, yang kamu lihat lewat sosial media. Melihat contoh hubungan yang 'normal', membuatmu lebih fokus pada pikiran-pikiran jelek. Alhasil, kamu menuntut pasanganmu (dan dirimu sendiri) untuk berlaku A, B, C demi menciptakan hubungan 'normal' versi sosial media.

Penyebab kedua juga bisa datang dari komentar orang sekitarmu.

"Dirimu gak pantas dapat cowok seperti itu."
"Gaya pacaranmu kok aneh gak seperti si X."
"Cowokmu lho harusnya belajar dari si S biar makin gagah."

Komentar seperti ini otomatis tertanam dalam pikiranmu, yang pada akhirnya membuat kamu defensif. Kamu mulai tidak menikmati waktu bersama pacarmu, yang ada malah kamu berusaha memikirkan cara bagaimana membuat hubunganmu ini terlihat ideal.

Penyebab yang ketiga adalah pikiranmu sendiri. Pikiran seperti,

"Aku kalau tidak cantik/tampan, nanti aku diputus olehnya."
"Kalau aku menolak melakukannya, nanti dia jadi benci aku."

Padahal sebenarnya lho, ini cuma ada di pikiranmu. Belum tentu pasanganmu juga berpikiran seperti ini. Namanya memulai hubungan pacaran, berarti kamu sudah harus siap juga untuk menjalani tantangan seperti di atas. Kalau memang ada sesuatu yang tidak nyaman, lebih baik dibicarakan daripada kepikiran sendiri yang tidak-tidak.

Baca Juga: 5 Tanda Bahwa Hubunganmu Sudah Masuk Golongan "Toxic Relationship"

3. Bagaimana relationship anxiety bisa memengaruhi hubunganmu dengan pasangan?

Apa Itu Relationship Anxiety & Kenapa Kamu Bisa Saja Mendapatkannya?unsplash.com/Pablo Heimplatz

Tidak nyaman menjalani hubungan jika diikuti dengan relationship anxiety. Bukan cuma menyiksamu, tapi juga akan menyiksa pasanganmu. Berikut ini hal yang bisa saja kamu lakukan pada pasangan untuk mengatasi kecemasanmu.

  • Mengontrolnya - Secara tak sadar, kamu menetapkan aturan mana yang bisa dan tidak boleh dilakukan pasanganmu. Perilaku ini dapat membuat pasanganmu merasa tertekan, dan berujung pada kebencian padamu.
  • Menahan perasaanmu - Sebenarnya kamu bahagia dengan apa yang dia lakukan, tapi karena takut dianggap aneh kamu jadi menahan perasaanmu. Yang terjadi malah sebaliknya, kamu justru bertengkar.
  • Menolaknya - Kamu merasa tertekan oleh pikiranmu sendiri, yang kamu lakukan adalah menolak apapun dari pasanganmu. Kamu memberi jarak dengan dia, dan sibuk dengan pikiranmu sendiri.
  • Membiarnya pergi - Kamu terlalu larut dalam pemikiran 'hubungan bahagia' yang seharusnya, tapi kamu tidak merawat hubunganmu yang sebenarnya ini. Karena kamu tidak 'hadir' di hubungan tersebut, otomatis pasanganmu pergi.

4. Bagaimana caramu dan pasangan bisa terlepas dari relationship anxiety?

Apa Itu Relationship Anxiety & Kenapa Kamu Bisa Saja Mendapatkannya?unsplash.com/Ryan Jacobson

Jika memang perasaan seperti ini kamu derita, jangan menunggu lama untuk membicarakannya. Semakin kamu kepikiran sendiri, semakin relationship anxiety mengganggu hubunganmu. Berikut hal yang bisa kamu lakukan untuk terlepas dari relationship anxiety.

  • Bicarakan dengan pasanganmu - Dengan dia tahu apa yang ada di pikiranmu, dia juga bisa memberikan pandangan dari sisinya. Kamu juga tahu apa yang pasanganmu tahu, dan bersama kalian bisa menjadi pasangan bahagia berdasarkan versi kalian sendiri.
  • Berhentilah membandingkan - Tidak ada hubungan dengan jalan cerita yang sama persis, setiap hubungan itu unik. Kalau kebetulan pasanganmu orang yang cuek, jangan dibandingkan dengan pasangan yang romantis. Dengan berhenti membandingkan, hatimu juga lebih lega dan tenang. Kamu juga lebih bisa bahagia dalam menjalani hubungan tersebut.
  • Jadilah dirimu sendiri - Dr. Daniel Siegel dalam website Psychology Today mengatakan bahwa kamu jangan melepaskan bagian penting dari siapa diri kamu sebenarnya untuk pasanganmu. Berani menjadi diri sendiri dalam hubunganmu akan mengurangi risiko terkena relationship anxiety.
  • Mintalah bantuan ke ahlinya - Jika memang tiga cara di atas sudah tidak mampu mengatasi, pergilah ke konseling. Biarkan orang yang ahli dalam masalah kesehatan mental menolongmu, sebelum hubunganmu bertambah parah.

Ingat, apapun yang terjadi padamu dan pasangan selama kalian menjalani hubungan, itu semua NORMAL. Biarpun kalian bertengkar, itu normal. Biarpun cara sayang kalian tidak seperti pasangan biasanya, itu pun juga normal. Jangan pernah membandingkan hubungan kalian.

Jatuh cinta itu sebuah keputusan, jatuh cinta itu butuh usaha, kadang jatuh cinta itu juga jadi tantangan. Jatuh cinta memang menimbulkan beragam rasa, tapi tidak pernah seindah dan semudah cerita dongeng.

Baca Juga: 7 Cara Agar Kamu Tidak Salah Jatuh Cinta Lagi setelah Putus Hubungan

Liem Ling Photo Verified Writer Liem Ling

"Don't let the muggles get you down." -Ron Weasley

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya