Comscore Tracker

5 Alasan Punya Teman dengan Pola Pikir Berbeda Itu Menguntungkan

Berbeda bukan berarti dia musuhmu, ya!

Apakah kamu pernah punya teman yang pemikirannya jauh berbeda denganmu? Awalnya sih menyebalkan karena terlalu banyak perdebatan di antara kalian. Tapi lama-kelamaan, terlebih bila kalian semakin sering mengobrol justru menyenangkan lho!

Jika diteruskan, kamu juga mendapat beberapa keuntungan. Apa saja kira-kira? Yuk, disimak dalam poin-poin berikut ini.

1. Pola pikirmu terbuka dengan hal-hal baru

5 Alasan Punya Teman dengan Pola Pikir Berbeda Itu Menguntungkanpexels.com/Martin Kirigua

Pola pikir yang berbeda secara gak langsung akan membukakan pikiran kalau satu masalah bisa diselesaikan dengan cara yang berbeda-beda. Kamu yang sama sekali gak pernah memikirkan hal tersebut, sekarang malah tahu bahkan berusaha untuk mencari kebenaran dari buah pikiran tersebut.

Jika pola pikir yang orang sampaikan benar, kamu bisa jadikan itu sebagai patokan dalam mengatasi masalahmu nanti. Jadi, kamu gak stuck pada satu pola pikir, melainkan berbagai pola pikir. Ini tentunya sangat membantu untuk mengambil keputusan.

2. Bikin sesi mengobrol lebih asyik

5 Alasan Punya Teman dengan Pola Pikir Berbeda Itu Menguntungkanpexels.com/Helena Lopes

Tentu karena di sini kamu semakin penasaran dengan pola pikir orang tersebut. Jadi, muncul keinginan untuk terus bertanya, memberi case, dan meminta saran. Hingga pada akhirnya kamu lupa kalau kalian sudah mengobrol selama berjam-jam.

Jadi, jangan berasumsi kalau pola pikir yang berbeda menjadi tembok pembatas pembicaraan kamu dan orang lain. Justru bila diselami, akan ada keunikan tersendiri di dalamnya yang bikin kamu semakin senang mengobrol.

3. Mengajarkanmu untuk lebih menghargai perbedaan

5 Alasan Punya Teman dengan Pola Pikir Berbeda Itu Menguntungkanpexels.com/fauxels

Pola pikir yang berbeda otomatis mengajarkanmu cara menghargai orang lain. Meskipun tidak sesuai dengan prinsip yang dipegang, kamu tetap merasa kalau itu adalah hak masing-masing orang untuk bebas berpendapat dan menilai sesuatu. Selagi itu tidak menggangu prinsipmu, maka sah-sah saja bila punya pola pikir yang berbeda. Benar, 'kan?

Kamu gak sepatutnya marah, apalagi mengajak orang lain untuk memusuhi orang tersebut hanya karena pola pikir yang berbeda. Caramu ini terlalu kekanak-kanakan, lho, jadi jangan dipertahankan.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Berteman Itu Gak Cukup Hanya dengan Rasa Kasihan

4. Kamu akan semakin terbiasa dengan perbedaan

5 Alasan Punya Teman dengan Pola Pikir Berbeda Itu Menguntungkanpexels.com/Trung Nguyen

Selama hidup di dunia ini, kamu akan menemukan banyak sekali perbedaan. Baik itu dari segi latar belakang keluarga, status ekonomi, intelektual, dan masih banyak lagi. Jadi, jangan hanya karena pola pikir yang berbeda, kamu malah jauh dari orang lain.

Kamu harusnya bersyukur karena perbedaan ini dapat membentuk sifat dan karakter dalam dirimu. Kamu gak akan merasa aneh jika dicampakkan ke lingkungan yang berbeda karena sudah terbiasa dengan hal ini.

5. Sangat membantu saat mengambil keputusan

5 Alasan Punya Teman dengan Pola Pikir Berbeda Itu Menguntungkanpexels.com/fauxels

Pada akhirnya keputusan memang ada di tanganmu. Namun, fokus pada satu pola pikir apalagi pola pikir dari diri sendiri gak baik karena hasilnya kurang maksimal. Sedangkan jika kamu melibatkan pola pikir orang lain yang dianggap brilian, kamu bisa membuat keputusan terbaik. Sebab, keputusan yang diambil merupakan penyempurnaan dari beberapa pola pikir sekaligus.

Cobalah untuk tidak membatasi diri pada pola pikir yang itu-itu saja. Gak ada salahnya menerima pola pikir orang lain, asal jangan ditelan mentah-mentah saja karena kamu perlu sesuaikan juga dengan value dirimu. 

Meski nampak menyebalkan, bergaul dengan orang yang pemikirannya berbeda justru menguntungkan. Jadi, jangan batasi pergaulanmu hanya dengan orang yang sama setiap hari. Perluas rantai pergaulan karena banyak nilai-nilai yang akan kamu petik dari situ.

Baca Juga: 5 Hal Ini Wajib Sembuh jika Kamu Ingin Berteman dengan Pasangan Mantan

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya