Comscore Tracker

Balikan Sama Mantan Itu Boleh asal Sudah Menerapkan 5 Hal Berikut

Balikan sama mantan itu gak dilarang, kok!

Cinta itu memang buta. Gak peduli berapa kali seseorang telah menyakiti hati, kita tetap maafkan karena sudah terlanjur cinta. Inilah alasan kenapa kita mau memberi kesempatan kedua atau bahkan ketiga, yaitu dengan cara balikan. Tentu dengan harapan orang itu telah berubah menjadi lebih baik. 

Balikan sama mantan itu sah-sah saja, gak ada yang salah. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu kita terapkan lebih dulu agar kesempatan yang kita berikan ini gak sia-sia. Yuk, dicek!

1. Kamu sudah sepenuhnya tahu apa yang bikin hubungan kalian pernah gagal

Balikan Sama Mantan Itu Boleh asal Sudah Menerapkan 5 Hal Berikutpexels.com/Jonathan Borba

Balikan boleh, tapi cobalah belajar dari kesalahan di masa lalu. Kamu harus tahu apa yang sebenarnya membuat hubunganmu dulu kandas, jadi kamu bisa perbaiki di kesempatan kedua ini. Hingga pada akhirnya hubungan jauh lebih baik, berjalan sesuai keinginan.

Ups and downs pasti tetap ada, tapi setidaknya kamu tahu bagaimana cara mengatasinya. Jadi saat ada masalah, kondisi gak selamanya down melainkan membaik karena tindak lanjut dari kamu dan pasangan.

2. Kamu gak banyak menuntut lagi

Balikan Sama Mantan Itu Boleh asal Sudah Menerapkan 5 Hal Berikutpexels.com/Tim Mossholder

Kalau hubunganmu dulu kandas karena tuntutan yang terlalu banyak, setidaknya sekarang kamu bisa jadi pribadi yang bisa menerima segala sesuatunya apa adanya. Gak harus berjalan sesuai dengan keinginanmu semata.

Kalau belum bisa berubah, lebih baik jangan balikan dulu karena ujung-ujungnya pasti putus karena alasan yang sama. Hubungan pun pasti gak bertahan lama. Bikin capek, 'kan?

Baca Juga: 5 Alasan Paling Basi Kenapa Mantan Ngotot Minta Balikan sama Kamu

3. Bisa melupakan dan memaafkan kesalahannya yang dulu

Balikan Sama Mantan Itu Boleh asal Sudah Menerapkan 5 Hal Berikutpexels.com/Alexy Almond

Jika kamu belum bisa memaafkan kesalahan mantan, yang ada motivasi untuk balikan hanya untuk balas dendam. Apalagi kalau case-nya kamu yang diputusin. Pasti ada keinginan untuk memutuskan biar hasilnya impas, biar dia tahu juga seperti apa rasanya diputuskan.

Sia-sia, 'kan? Padahal tujuan balikan di sini untuk memulai semuanya dari awal, menjadi lebih baik. Tapi karena gak bisa memaafkan, tujuan pun gak tercapai.

4. Balikan bukan karena kasihan

Balikan Sama Mantan Itu Boleh asal Sudah Menerapkan 5 Hal Berikutpexels.com/Ubeyde ORAL

Balikan cuma karena kasihan, karena gak tega lihat dia nangis terus? Kamu gak seharusnya mengorbankan diri untuk kebahagiaan orang lain, apalagi kalau sudah gak ada yang perlu diperjuangkan dalam hubungan kalian dulu. Balikan pun sia-sia karena kamu gak ikhlas melakukannya. Cepat atau lambat, pasti akan putus lagi.

Balikan lah kalau kamu benar-benar menginginkannya, begitu pula dengan dia. Sehingga keputusan untuk balikan bermanfaat, gak cuma untuk sekadar menghilangkan status jomlo apalagi balas dendam.

5. Merasa dia adalah tipe yang ideal untukmu

Balikan Sama Mantan Itu Boleh asal Sudah Menerapkan 5 Hal Berikutpexels.com/Design Killer

Kalau kamu merasa dia tipe yang ideal, yang dicari-cari selama ini, ya gak apa-apa balikan. Apalagi kalau penyebab putusnya dulu cuma karena salah paham atau sama-sama sibuk. Ini adalah momen yang pas sebelum salah satu pihak berpaling ke lain hati.

Kalian bisa saling meminta maaf, lalu komitmen untuk gak mengulangi kesalahan yang sama. Dan pastinya lebih dewasa menjalani hubungan. Pasti hubungan kalian membaik walaupun sudah pernah putus dan berpisah selama beberapa waktu.

Memberi kesempatan kedua sama sekali gak salah asal kamu sudah pertimbangkan secara matang. Jangan sekarang balikan, seminggu lagi putus, terus balikan, putus lagi. Jangan sampai keputusanmu untuk balikan buang-buang waktu.

Baca Juga: Jangan Beri Mantan Kesempatan Kedua, Sebelum Memastikan 5 Hal Ini Ya!

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya