Comscore Tracker

Susah-susah Gampang, Ini Cara Agar Bisa Jadi BFF si Introvert!

Mendekati si introvert gak sulit kok

Orang yang terlahir dengan sifat introvert gak selalu ingin menyendiri. Terkadang, mereka justru kepingin berbaur dengan yang lainnya. Hanya saja, para introvert sulit menemukan cara untuk memulai relasi.

Di sinilah peran para ekstrovert seperti kamu dibutuhkan. Keberanianmu untuk menyapa, menegur, dan memberi perhatian kepada introvert bisa membuatmu dekat dengan mereka, atau dalam jangka panjang bisa jadi Best Friend Forever atau BFF mereka.

Namun sejatinya, tetap harus taat pada rules ya! Soalnya mendekati para introvert gak sama seperti ekstrovert. Berikut enam tips yang bisa dilakukan bila ingin menjadi BFF para introvert.

1. Berikan perhatian, namun jangan berlebihan

Susah-susah Gampang, Ini Cara Agar Bisa Jadi BFF si Introvert!unsplash.com/Aj Alao

Sama seperti kamu, para introvert juga membutuhkan perhatian dari orang-orang terdekat. Namun, perhatian yang diberikan cukup dalam batasan wajar saja. Jangan sampai berlebihan karena akan terkesan mengintimidasi para introvert.

Perhatian lebih hanya boleh diberikan saat introvert memintanya darimu. Misalnya ketika mereka membutuhkan advice atau saran. Jika tidak, lebih baik batasi dirimu ya!

2. Jangan terlalu banyak berbicara

Susah-susah Gampang, Ini Cara Agar Bisa Jadi BFF si Introvert!unsplash.com/Katie Treadway

Kamu mungkin terbiasa ngoceh di sana-sini. Tetapi ketika bersama si introvert, cobalah untuk tidak terlalu banyak ngoceh atau berbicara. Sebab, ocehanmu itu bisa mengganggu ketenangan para introvert lho!

Mulai dari sekarang, coba latih dirimu untuk berbicara seperlunya. Apalagi kalau kamu ingin dekat dengan para introvert yang ada di luar sana.

Baca Juga: Bro, Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Beruntung Memiliki Sahabat Cewek

3. Bagikan cerita dan pengalaman yang menarik

Susah-susah Gampang, Ini Cara Agar Bisa Jadi BFF si Introvert!unsplash.com/NeONBRAND

Siapa pun pasti suka mendengar cerita menarik, termasuk para introvert. Nah, kalau kamu memiliki beberapa cerita menarik ini, jangan ragu untuk membagikannya dengan mereka.

Jika ternyata introvert suka mendengarkan ceritamu, mereka akan memintamu untuk lebih banyak cerita di lain waktu. Atau mungkin mereka lah yang nantinya akan bercerita kepadamu. Jadi seru, bukan?

4. Hindari melibatkan orang-orang baru

Susah-susah Gampang, Ini Cara Agar Bisa Jadi BFF si Introvert!unsplash.com/Felipe Bustillo

Kamu dan introvert punya janji untuk pergi ke perpustakaan pada esok hari? Sebaiknya tepatilah janjimu itu. Tetapi ingat, just between you and introvert. Jangan pernah melibatkan atau mengajak orang lain, terutama bila introvert tidak mengenalnya.

Hal ini hanya akan membuat mereka tersinggung. Lebih baik minta izin dari para introvert terlebih dahulu. Kalau mereka mengiyakan, kamu boleh mengajak orang lain, dan sebaliknya.

5. Don’t judge them!

Susah-susah Gampang, Ini Cara Agar Bisa Jadi BFF si Introvert!unsplash.com/Kendyle Nelsen

Kebanyakan introvert lebih menggunakan hati dan perasaan dalam berteman. Tak heran kalau mereka sangat mudah tersinggung. Jangankan judgement, perkataan yang sifatnya seloro atau candaan saja bisa dianggap serius oleh mereka.

Itulah sebabnya kenapa kamu harus selalu memperhatikan setiap kata atau kalimat secara detail. Apalagi saat kamu bersama-sama dengan mereka. Sebab sekali introvert sakit hati, mereka gak akan menganggapmu sebagai teman.

6. Berikan introvert waktu untuk menyendiri

Susah-susah Gampang, Ini Cara Agar Bisa Jadi BFF si Introvert!unsplash.com/Yuri Levin

Kamu sudah berhasil menjadi BFF para introvert? Bagus! Kendati demikian, kamu gak boleh terus-menerus bersama mereka, ya. Sesekali, berikan mereka waktu dan space untuk menyendiri.

Kamu harus tahu, menyendiri adalah kekuatan para introvert. Jadi, biarkanlah mereka memulihkan kekuatan itu dalam kesendiriannya dan jangan mengganggu.

Dengan siapapun kamu ingin berteman, tetap perhatikan rules-nya ya! Jangan asal-asalan agar kamu bisa menjadi teman atau sahabat terbaik bagi introvert.

Baca Juga: 5 Kualitas yang Membuat Introvert Istimewa dengan Caranya Sendiri

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You