Comscore Tracker

5 Cara Keliru Melupakan Mantan yang Bikin Kamu Gagal Move On

Melupakan mantan butuh proses

Mantan oh mantan, kira-kira kenapa melupakan mantan itu sulit? Selain karena masih sayang, kamu sering menggunakan cara keliru untuk melupakan mantan. Alih-alih ingin move on, malah gagal terus. 

Kalau memang mau move on, gunakan cara yang tepat dong! Hindari lima cara keliru melupakan mantan berikut supaya upaya untuk move on berhasil. Yuk, disimak!

1. Sama sekali gak mau membayangkan wajah mantan 

5 Cara Keliru Melupakan Mantan yang Bikin Kamu Gagal Move Onpexels.com/wendel moretti

Semakin kamu mencoba menghapus wajah mantan dari ingatanmu, semakin sering dia muncul. Jadi, jangan terlalu memaksakan diri untuk melupakan mantan dalam sekejap. Perlahan-lahan saja, tapi pasti agar kamu bisa move on total.

Sebab, menghapus wajah mantan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi selama pacaran dulu banyak ups and downs yang kalian lalui bersama. 

2. Membuang dan membakar semua barang pemberian mantan

5 Cara Keliru Melupakan Mantan yang Bikin Kamu Gagal Move Onpexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu pikir dengan membuang dan membakar barang-barang mantan membuatmu lupa begitu saja? Salah total! Kamu justru akan mencari setelah barang-barang itu hilang, karena secara gak langsung kamu sudah kehilangan barang sebagai pelampiasan rasa rindu.

Lebih baik simpan barang-barang pemberian mantan. Tapi, letakkan di tempat yang jauh dari penglihatanmu agar kamu gak sering melihatnya. Alhasil, usahamu untuk melupakan mantan perlahan-lahan berhasil.

3. Menonaktifkan akun sosial media untuk sementara waktu

5 Cara Keliru Melupakan Mantan yang Bikin Kamu Gagal Move Onpexels.com/Teddy

Niatmu memang bagus supaya kamu gak jealous saat melihat foto-foto mesra orang lain yang masih berpacaran. Tapi, bukan dengan cara menonaktifkan sosial media. Kalau foto kemesraan yang orang lain unggah membuatmu tidak nyaman, tinggal hide postingannya. Selesai!

Justru kamu butuh sosial media ini sebagai sarana untuk menghibur dari dari kegalauan pasca putus cinta. Kamu hanya perlu memilah-milah followers dan kontennya saja supaya gak kembali mengingat mantan. 

Baca Juga: 5 Sikap Elegan yang Harus Ditunjukkan saat Pasangan Membahas Mantan 

4. Mencari kesenangan yang merugikan diri sendiri

5 Cara Keliru Melupakan Mantan yang Bikin Kamu Gagal Move Onpexels.com/Isabella Mendes

Kamu pikir dengan party dan mabuk-mabukan bersama teman-teman, ingatan tentang mantan bisa hilang begitu saja. Mungkin bisa hilang, tapi cuma dalam hitungan jam. Esok harinya kamu akan kembali mengingat wajah mantan saat termenung sendirian.

Ingatlah, party hanya memberimu kesenangan sesaat. Gak bagus kalau kamu sering melakukannya karena dapat merugikan diri sendiri dalam jangka panjang. 

5. Menggebu-gebu cari pacar lagi

5 Cara Keliru Melupakan Mantan yang Bikin Kamu Gagal Move Onpexels.com/cottonbro

Kamu pikir dengan punya pacar lagi, kamu bisa lupa sama mantan. Padahal tidak. Kamu justru hanya akan membanding-bandingkan sifat pacar dan mantan. Membuatmu menjadi sosok yang demanding kalau saja pacar tidak sepeka dan sebaik mantan.

Apa salahnya nikmati masa jomblomu sebentar saja. Kalau sudah menemukan sosok pengganti yang lebih baik dari mantan, baru 'tancap gas'. Jadi hubunganmu bisa awet, gak putus melulu.

Melupakan mantan tidaklah mudah, tapi bukan berarti tidak bisa. Baiknya hindari lima cara keliru di atas, lalu miliki prinsip kalau kamu berhak bahagia. Sehingga kenangan tentang mantan tidak lagi menyakiti hatimu.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Harus Melupakan Teman Lama, Move On Yuk!

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya