Comscore Tracker

5 Hal yang Sebaiknya Gak Dibicarakan kepada Orang yang Baru Dikenal

Ingat, kalian masih baru kenal, lho!

Mengobrol dengan orang yang baru dikenal merupakan hal yang sangat wajar. Selain meramaikan dan mengakrabkan suasana, komunikasi juga membuka peluang untuk memperluas relasi.

Sayangnya, gak semua hal cocok dijadikan topik saat mengobrol dengan orang yang baru dikenal. Beberapa justru harus direm untuk menghindari obrolan yang terlalu mendalam.

Dari sekian banyak topik, berikut lima topik yang sebisa mungkin gak dibicarakan dengan orang-orang yang baru dikenal.

1. Jangan pernah menceritakan tentang keluarga

5 Hal yang Sebaiknya Gak Dibicarakan kepada Orang yang Baru Dikenalunsplash.com/Lilibeth Bustos Linares

Namanya juga baru ketemu, jadi bahan obrolannya cukup yang ringan-ringan saja, salah satunya seperti identitas. Namun, kamu tidak perlu membicarakan keluargamu. Selain rahasia, topik ini juga terlalu berat sehingga tidak pantas untuk dijadikan konsumsi publik. Sebaiknya, jangan diulangi lagi kalau kamu pernah melakukannya.

2. Begitu juga tentang kehidupan pribadimu

5 Hal yang Sebaiknya Gak Dibicarakan kepada Orang yang Baru Dikenalunsplash.com/LinkedIn Sales Navigator

Hal-hal pribadi seperti usia dan pekerjaan merupakan hal biasa dan wajar dibicarakan kepada banyak orang, termasuk orang baru. Namun, jangan sampai terlalu asyik karena takutnya obrolan merembes ke hal-hal yang membuat orang kurang nyaman mengobrol. Sebaiknya batasi dan bicarakan hal-hal yang umum saja, ya!

Baca Juga: 5 Hubungan yang Gak Seharusnya Kamu Paksakan dan Pertahankan 

3. Hindari topik seputar masalah pekerjaan

5 Hal yang Sebaiknya Gak Dibicarakan kepada Orang yang Baru Dikenalunsplash.com/Trung Thanh

Menceritakan masalah pekerjaan kepada orang-orang baru bukanlah hal yang tepat. Ini akan membuat orang lain berasumsi bahwa kalau kamu tipikal orang yang gampang mengomel, lemah, dan mudah putus asa. 

Boleh mengobrol tentang pekerjaan, tapi yang umumnya saja, misalnya lowongan pekerjaan yang saat ini banyak dicari, cara meningkatkan skill pada bidang tertentu, atau pelatihan yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat. Sudah itu saja.

4. Pembahasan tentang kondisi keuangan

5 Hal yang Sebaiknya Gak Dibicarakan kepada Orang yang Baru Dikenalunsplash.com/Yuvraj Singh

Finansial itu termasuk masalah pribadi yang gak perlu dibicarakan kepada orang baru. Lagi pula, siapa yang peduli sama kondisi finansialmu? Bahkan, kalau kamu meminta saran tentang finansial pun akan terasa sangat janggal. So, jangan bicarakan hal ini sedikit pun di hadapan mereka.

5. Kesusahan dan perjuangan hidupmu saat ini

5 Hal yang Sebaiknya Gak Dibicarakan kepada Orang yang Baru Dikenalunsplash.com/NONRESIDENT

Berbagi sedikit pengalaman hidup itu boleh, tapi jangan merembes sampai pada obrolan tentang perjuangan hidupmu selama ini, seperti seberapa berjuangnya kamu membagi waktu untuk melakoni dua pekerjaan sekaligus atau cara kamu bertahan dari krisis ekonomi. Bukannya simpati, orang justru akan membatin"apa sih?" dan bosan mendengar ceritamu.

Sebaiknya, pasang rem dulu sebelum mengobrol dengan orang-orang baru sehingga obrolannya gak merembet ke mana-mana. 

Baca Juga: Terjebak dalam Hubungan yang Salah? Kamu Pasti Rasakan 5 Tanda Ini!

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya