Comscore Tracker

Sebelum Move On, Kamu Akan Melewati 5 Tahap Ini Dulu Pasca Putus

#IDNTimesLife Move on itu ada prosesnya, ya!

Siapa bilang move on itu mudah? Butuh proses yang cukup lama sampai pada akhirnya kamu bisa melupakan kisah cintamu dulu dan berpindah ke lain hati. Dalam proses itu pula, akan ada lima tahapan yang kamu alami pasca putus. 

Kelima tahapan ini berbeda-beda untuk setiap orang. Tapi, setidaknya kamu mengalami beberapa di antaranya. Yuk, disimak!

1. Sedih dan menangis hampir setiap hari

Sebelum Move On, Kamu Akan Melewati 5 Tahap Ini Dulu Pasca Putuspexels.com/emre keshavarz

Namanya juga baru putus, wajar saja kalau kamu lebih sering bersedih bahkan sampai mengeluarkan air mata setiap harinya. Tetesan air mata adalah caramu meluapkan kesedihan dan emosi yang gak bisa diucapkan dengan kata-kata. Hal ini akan terus berulang, terutama saat kamu sendirian.

Maka dari itu, pastikan kamu punya orang-orang terbaik di sisimu pasca putus. Dengan adanya mereka, setidaknya kamu bisa ceritakan apa yang dirasakan untuk mengurangi tingkat kesedihanmu kala itu.

2. Menyalahkan diri sendiri atas berakhirnya hubunganmu

Sebelum Move On, Kamu Akan Melewati 5 Tahap Ini Dulu Pasca Putuspexels.com/Andre Taissin

Kamu juga akan ada di tahap gak henti-hentinya menyalahkan diri sendiri pasca putus. Kamu merasa menjadi dalang rusaknya hubungan kalian, padahal memang karena sudah gak cocok dari lama cuma kalian baru sadar dan mengambil keputusannya sekarang.

Berhentilah menyalahkan diri sendiri karena hal ini dapat membuatmu semakin terpuruk. Lebih baik lakukan introspeksi agar kamu bisa menjadi pribadi lebih baik. Dengan semakin baiknya kepribadianmu, percayalah hubungan yang akan kamu rajut ke depannya juga akan semakin baik. 

3. Jadi sering minta diperhatikan oleh orang-orang terdekat

Sebelum Move On, Kamu Akan Melewati 5 Tahap Ini Dulu Pasca Putuspexels.com/C Technical

Diperhatikan tampaknya akan menjadi salah satu kebutuhanmu pasca putus. Cukup wajar karena perhatian yang selama ini didapatkan dari pacar akan hilang setelah hubungan kalian berakhir. Sebagai gantinya, kamu pun meminta orang-orang terdekat untuk lebih memperhatikanmu.

Bentuk perhatian yang dibutuhkan tentunya penghiburan agar tingkat kesedihanmu pasca putus berkurang secara perlahan. Sampai pada akhirnya kamu bisa menerima keadaan dan benar-benar move on

Baca Juga: Bikin Gagal Move On, 10 Momen Syuting Terakhir Pemain True Beauty

4. Akan lebih sering merenungi keadaan

Sebelum Move On, Kamu Akan Melewati 5 Tahap Ini Dulu Pasca Putuspexels.com/Alex Green

Hidupmu tentunya berubah setelah menyandang status "kembali jomblo". Dari yang dulunya diperhatikan, punya teman ngobrol setiap saat, sekarang nihil. Perubahan inilah yang membuat kamu menjadi lebih sering merenung. Apakah kamu bisa melakukan semuanya sendirian? Karena memang selama ini kamu selalu dibantu olehnya.

Kamu tentu gak perlu merenungkan hal ini setiap saat. Allah bisa karena biasa. Kamu hanya butuh waktu untuk bisa melakukan semuanya sendirian. Percayalah, pasti bisa.

5. Merasa agak janggal saat harus memulainya dari awal lagi

Sebelum Move On, Kamu Akan Melewati 5 Tahap Ini Dulu Pasca Putuspexels.com/RODNAE Productions

Berakhirnya hubunganmu tentu akan menjadi kabar bahagia bagi orang-orang yang selama ini mengincarmu, hal ini gak mudah untukmu. Ada sedikit kejanggalan saat ingin mulai kembali merajut kasih. Kejanggalan ini gak lepas dari ketakutanmu apabila kejadian yang sama terulang kembali.

Sangat dapat dimaklumi, kok. Lagipula kamu gak perlu memulainya kalau gak siap. Gak baik untuk diri sendiri maupun orang lain yang akan menjadi pacar barumu. Lebih baik ambil waktu untuk menyandang status jomblo selama beberapa saat, baru pacaran kalau sudah siap.

Move on itu butuh proses dan kelima poin di atas adalah proses nyata yang harus kamu lalui setelah putus. Sebaiknya nikmati setiap prosesnya agar menjalaninya pun lebih enteng. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sudah Move On Meskipun Masih Betah Sendiri

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya