Comscore Tracker

5 Jenis Kebebasan yang Wajib Kamu Berikan Kepada Sahabat

Respect is what they need~

Punya seorang sahabat? Pastinya dong, ya! Kedekatan antara kamu dan dia sudah tidak perlu diragukan. Ibaratkan lem yang menempel pada sebuah kertas, sangat sulit untuk dipisahkan.

Meski sudah dekat, tetap saja, ada kebebasan yang perlu kamu berikan kepada sahabat. Kebebasan ini diberikan sebagai bentuk respect kamu kepada dirinya.

Kira-kira, kebebasan apa yang wajib kamu berikan kepada sahabat? Yuk, simak lima poinnya berikut ini.

1. Berikan personal space

5 Jenis Kebebasan yang Wajib Kamu Berikan Kepada Sahabatunsplash.com/Omar Lopez

Bukan hanya kamu, tapi sahabatmu juga butuh personal space lho! Dia tidak mungkin terus-menerus ada di sampingmu, memberimu advise atas setiap masalahmu. Dia butuh jarak dan waktu agar bisa menikmati dunianya sendiri, termasuk melakukan apa yang harusnya dia lakukan.

Tenang saja, personal space tidak akan melunturkan kedekatan kalian, kok. Kamu dan dia akan tetap menjadi sahabat, asal kalian mampu menjaga komunikasi dengan baik.

2. Bebas bergaul dengan yang lain

5 Jenis Kebebasan yang Wajib Kamu Berikan Kepada Sahabatunsplash.com/felix rostig

Sahabat sih sahabat, tetapi kamu tidak boleh melarang dirinya untuk bergaul dengan yang lain ya! Bagaimanapun juga, sahabatmu tetap membutuhkan orang lain di dalam hidupnya.

Memang, ada kamu yang siap membantunya saat mengalami kesulitan. Akan tetapi, kamu punya keterbatasan yang membuatmu tidak mampu untuk selalu menolong sahabatmu.

Baca Juga: Bukan Cuma Jodoh, 5 Alasan Sahabat Sejatimu Juga Bisa Disebut Soulmate

3. Bebas mengeluarkan pendapat

5 Jenis Kebebasan yang Wajib Kamu Berikan Kepada Sahabatunsplash.com/Liz Weddon

Sahabat itu berbeda dengan teman biasa. Dengan sahabat, kamu bebas berekspresi, bebas menyampaikan apa pun yang ada dalam hatimu. Inilah yang sahabatmu juga minta darimu.

Meskipun pendapatnya terkadang tidak sesuai dengan isi hatimu, tetapi hargai dan terimalah. Toh, kalian punya cara pandang yang berbeda meskipun sudah berstatus sebagai sahabat.

4. Bebas untuk memilih

5 Jenis Kebebasan yang Wajib Kamu Berikan Kepada SahabatPexels/mentatdgt

Ke mana sahabatmu akan pergi, dengan siapa, apa yang akan dia lakukan, pokoknya apa pun itu, biarkan dia bebas memilih. Kamu tidak punya hak untuk mengekang hidupnya, apalagi pilihan-pilihan yang akan sahabat aplikasikan dalam hidupnya.

Tugasmu hanyalah memberi masukan dan memperingatkan, sudah itu saja. Selebihnya, biarkan itu menjadi urusan sahabatmu.

5. Bebas menjadi diri sendiri

5 Jenis Kebebasan yang Wajib Kamu Berikan Kepada Sahabatunsplash.com/Morris Fayman

Beberapa dari kamu mungkin sering menegur sahabat bila dia melakukan tindakan konyol. Atau berpakaian dan berdandan di luar dari kepribadian dan gayamu sehari-hari. But, you have nothing to do with it.

Toh tindakan, cara berpakaian, dan berdandan adalah cara sahabatmu mengekspresikan dirinya sendiri. So, kamu harus bisa menghargai dan menerima hal itu sepenuhnya.

Dari 5 jenis kebebasan di atas, mana yang sudah kamu berikan kepada sahabatmu?

Baca Juga: Sahabatmu Sedang Berduka? Lakukan 8 Cara Ini untuk Menghiburnya

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya