Comscore Tracker

5 Kesalahan di Masa Jomblo Ini Ternyata Merugikanmu, Lho!

Ketahui supaya gak rugi terus

Mau jomblo atau pacaran, sebenarnya balik lagi ke pilihan masing-masing orang. Namun, kalau boleh memilih, kebanyakan orang pasti memilih punya pacar supaya hidupnya gak sepi. Setidaknya ada teman chat, teleponan, atau dapat perhatian.

Namun, ada beberapa orang memilih jomblo untuk sementara waktu karena ada yang ingin dicapainya terlebih dahulu. Sah-sah saja menjomblo asalkan kamu gak melakukan lima kesalahan berikut ini. Sebab, semuanya merugikanmu, lho!

1. Kencan dengan siapa saja yang menurutmu “bisalah” sebelum mencoba mengetahui orangnya

5 Kesalahan di Masa Jomblo Ini Ternyata Merugikanmu, Lho!pexels.com/Nicole Michalau

Mau jomblo bertahun-tahun pun, itu keputusanmu. Namun, gunakan masa jomblo ini untuk hal yang lebih bermanfaat. Jadi, bukan untuk memanfaatkan momentum supaya bisa dekat dengan lawan jenis yang lebih banyak. Gak hanya waktu dan tenaga saja yang terbuang, tapi juga uang. 

Bukan karena "bisalah" makanya kamu mau kencan dengannya. Tapi, karena dia memiliki sesuatu yang kamu rasa klop dengan dirimu, seperti sifat, pola pikir, dan gaya hidup. Jadi, kencannya benar-benar untuk mengenali satu sama lain, bukan untuk memperbanyak mantan kencan.

2. Masuk ke lingkungan pergaulan cuma untuk popularitas saja, padahal sebenarnya gak cocok denganmu

5 Kesalahan di Masa Jomblo Ini Ternyata Merugikanmu, Lho!pexels.com/cottonbro

Memasuki dunia yang bukan bagian dari dirimu sama dengan buang-buang uang, lho! Coba hitung berapa banyak yang sudah kamu habiskan selama ini cuma untuk kesenangan dan popularitas sesaat.

Pilihlah lingkungan yang dapat membangunmu menjadi lebih baik. Apalagi di masa jomblo seperti sekarang. Ini waktunya untuk mengasah potensi diri sebagai bekal untuk mendapat pasangan yang lebih baik. 

Baca Juga: [QUIZ] Tipe Jomblo seperti Apakah Kamu?

3. Menghambur-hamburkan uang demi pergi ke tempat baru dengan harapan ada yang melirikmu di sana

5 Kesalahan di Masa Jomblo Ini Ternyata Merugikanmu, Lho!pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Pergi ke tempat satu dan lainnya gak salah, tapi jangan sampai alasan utamanya untuk cari gebetan. Ini dunia nyata, bukan film yang tiba-tiba bisa dapat gebetan di kafe, restoran, atau di tengah jalan. Sayang uangnya, lho!

Kalau gak dapat, kamu sendiri yang rugi karena sudah mengeluarkan banyak uang demi menjajal tempat-tempat baru. Lebih baik minta temanmu untuk memperkenalkan temannya kepadamu, jadi potensi berhasilnya suatu pendekatan menjadi lebih besar.

4. Download aplikasi online dating supaya HP-mu selalu ramai

5 Kesalahan di Masa Jomblo Ini Ternyata Merugikanmu, Lho!pexels.com/Tony Schnagi

Jika tujuan utamamu download aplikasi online dating untuk memenuhi pesan masuk, lebih baik jangan download dari awal. Buang-buang waktu, tenaga, dan uang kalau aplikasi yang kamu install berbayar. Sudah banyak pengorbanan, malah gak dapat pacar. Rugi, kan?

Download aplikasi karena kamu mau cari pacar di sana. Gak semuanya berhasil, tapi apa salahnya mencoba? Siapa tahu kamu jadi salah satu yang beruntung bisa mendapatkan pacar sesuai kriteria idaman. Kamu gak pernah tahu, kan?

5. Jadi tukang gosip yang membuat orang lain malas memperkenalkan seseorang kepadamu

5 Kesalahan di Masa Jomblo Ini Ternyata Merugikanmu, Lho!pexels.com/Gabby K

Logikanya, bagaimana teman mau memperkenalkanmu dengan temannya kalau kamu sendiri kurang baik di matanya? Misalnya, sering gosip tentang orang lain bahkan yang gak dikenal sekalipun. Bisa-bisa kamu malah gosip teman yang ingin dikenalkannya lagi saat pendekatan kalian gak berhasil.

Sebisa mungkin hilangkan sifat suka menggosip karena sifat ini gak memberi keuntungan apa-apa. Belajarlah menjadi pribadi yang positif dan apa adanya, jadi teman-temanmu antusias dengan kehidupanmu dan mau jadi perantara untuk perjalanan cintamu.

So, hindarilah kesalahan di masa jomblo yang dapat merugikanmu. Sebaiknya isi dengan hal-hal yang lebih bermanfaat guna mengembangkan diri. Karena ketika kamunya sendiri berkualitas, orang yang datang padamu pun akan berkualitas. Percayalah!

Baca Juga: 5 Alasan Capricorn Betah Jomblo, Lagi Fokus Karier

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya