Comscore Tracker

5 Tips Menghadapi Pacar yang Gampang Curiga, Biar Makin Lengket!

Jangan curigain balik dulu, ya

Kurangnga kepercayaan seseorang kepada pasangan dapat menimbulkan kecurigaan yang luar biasa. Dia wajib lapor apa pun yang dilakukannya agar kamu membiarkannya bebas. Yakin mau begini terus? Tentu gak, karena sejatinya kamu butuh space untuk diri sendiri. Jadi hari-harimu gak melulu tentang pacar saja.

Lantas, bagaimana menghadapi pacar yang gampang curigaan? Kamu bisa terapkan lima poin berikut saat berhadapan dengannya.

1. Biarkan dia masuk ke duniamu

5 Tips Menghadapi Pacar yang Gampang Curiga, Biar Makin Lengket!pexels.com/August de Richelieu

Daripada porsi curiganya semakin besar, lebih baik bawa dia masuk ke dalam lingkungan pergaulanmu. Mulai dari lingkungan kerja, hobi, bisnis, atau bahkan reunian biar dia tahu sama siapa saja kamu berteman.

Dengan begini, dia pasti gak akan curiga lagi saat kamu meminta izin untuk pergi kemana-mana. Sebab, dia sudah tahu seperti apa lingkungan pergaulanmu yang sesungguhnya.

2. Kenalkan siapa yang menjadi teman dekatmu

5 Tips Menghadapi Pacar yang Gampang Curiga, Biar Makin Lengket!pexels.com/fauxels

Kamu memang berteman sama banyak orang, tapi gak semuanya dekat denganmu. Di sini kamu bisa coba perkenalkan pacar sama sahabatmu. Kalau misalnya ada hal-hal yang ingin dia ketahui, dia bisa tanyakan kebenarannya sama sahabatmu. 

Hal ini tentu akan membuatnya lebih tenang, apalagi kalau kamu gak ada kabar. Dia bisa hubungi sahabatmu itu karena besar kemungkinan kamu lagi bersama sahabat.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Kenal dan Dekat dengan Teman-teman Pasanganmu

3. Komunikasikan dengan jujur

5 Tips Menghadapi Pacar yang Gampang Curiga, Biar Makin Lengket!pexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Cobalah komunikasikan segala sesuatunya dengan jujur agar porsi kecurigaannya gak bertambah parah. Buktikan kalau kamu gak ada niat aneh-aneh di luar sana karena tujuan utamamu hanya untuk menggeluti hobi, misalnya. 

Menyampaikan sesuatu dengan jujur juga bukti kalau kamu cinta kepada dia. Bukannya berusaha menutup-nutupi sesuatu demi kesenangan dan keuntungan dirimu sendiri.

4. Bereskan kesalahpahaman yang terjadi di antara kalian

5 Tips Menghadapi Pacar yang Gampang Curiga, Biar Makin Lengket!pexels.com/Ketut Subiyanto

Ketika pacarmu gampang curiga, percayalah hubungan kalian lebih sulit akur. Ada saja yang dipermasalahkan, entah itu sikap, aktivitas, bahkan kebiasaan yang mungkin agak berbeda dari biasanya. Wajar karena dia terlalu khawatir kalau kamu menyembunyikan sesuatu darinya.

Sekarang waktunya untuk selesaikan masalah. Ajak dia diskusi sambil membicarakan perasaan yang sebenarnya. Jangan pernah menunda sesi ini kalau kamu gak mau masalah makin tambah runyam.

5. Jangan balik curiga! 

5 Tips Menghadapi Pacar yang Gampang Curiga, Biar Makin Lengket!pexels.com/Andrea Piacquadio

Pacarmu boleh curiga, tapi kamu gak boleh. Sikapmu ini otomatis akan memperkeruh suasana. Perselisihan pun bakal lebih sering terjadi. Bahkan gak menutup kemungkinan kalau hubungan tiba-tiba kandas karena gak ada satu orang pun yang mau mendengar dan mengalah.

Perlakukan dia yang sedang cemburu sebaik mungkin. Dengarkan, bujuk, dan rangkul dia agar amarahnya surut secara perlahan. Hubungan kalian juga akan kembali baik seperti sedia kala.

Pacaran sama orang yang curigaan tentu banyak lika-likunya. Tapi, dengan tips di atas, kamu bisa kikis porsi curiganya dan ganti dengan porsi kepercayaan. Selamat praktik!

Baca Juga: 6 Sikap yang Bikin Pasangan Gampang Cemburu, Jangan Dibiasakan!

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya