Comscore Tracker

Ini 5 Pelajaran yang Kamu Dapat Saat Gebetan Pergi dan Datang Kembali

#IDNTimesLife Korban PHP pasti tahu, nih!

Kita semua tahu kalau gak ada satu pun yang abadi di dunia ini, termasuk hubungan percintaan. Siapa yang pernah datang ke dalam kehidupan kita, belum tentu selamanya ada di sisi kita. Terkadang, dia pergi entah ke mana sebelum akhirnya kembali lagi dengan alasan tertentu.

Ditinggal pergi, datang, pergi, dan datang kembali menjadi pengalaman yang salah satu di antara kita pernah alami. Sakit hati, iya, tapi ada suatu pelajaran yang dapat dipetik di balik kepergian dan kedatangan seseorang dalam kehidupan kita. Ini dia beberapa pelajarannya.

1. Memberikan kesempatan kedua wajar, tapi gak dibodohi untuk kedua kalinya

Ini 5 Pelajaran yang Kamu Dapat Saat Gebetan Pergi dan Datang Kembalipexels.com/Ketut Subiyanto

Setiap orang berhak mendapatkan kesempatan kedua, termasuk dia yang pernah menyakiti hati kita. Tapi, di sini kita harus membangun prinsip yang kuat terlebih dahulu. Jangan sampai kedatangannya yang kedua kalinya malah membodohi kita.

Kesempatan ini hanyalah upaya kita untuk tetap bersikap baik kepada siapa saja yang pernah menyakiti kita. Dengan berbuat baik, kita pun akan mendapat kebaikan lebih, jadi gak ada yang namanya baper-baperan di sini.

2. Ekspektasi memang gak selamanya satu aliran dengan realita

Ini 5 Pelajaran yang Kamu Dapat Saat Gebetan Pergi dan Datang Kembalipexels.com/Katerina Holmes

Sudah bukan rahasia kalau ekspektasi gak melulu sesuai dengan realita. Kita suka kepada seseorang, dia belum tentu suka. Sama seperti saat dia kembali datang dalam kehidupan kita, sebaiknya jangan take it too personal. Jangan pernah berasumsi kalau dia balik karena gak bisa move on.

Terkadang, kedatangannya bisa jadi cuma sebagai bentuk pelampiasan supaya dia gak sendirian. Daripada kembali sakit hati lagi, lebih baik hilangkan harapan yang ada di dalam pikiran kita.

3. Mengajarkan kita untuk tetap nyaman pada perubahan dalam hidup

Ini 5 Pelajaran yang Kamu Dapat Saat Gebetan Pergi dan Datang Kembalipexels.com/cottonbro

Hidup kita saat dia ada dan pergi tentu saja berbeda. Saat dia ada, kita punya teman ngobrol, jalan, nonton. Tapi, semuanya berubah saat dia pergi, kita melakukan semuanya sendiri.

Gak nyaman, kan? Pasti! Di sinilah kita perlu belajar bagaimana cara tingkatin kenyamanan diri sendiri dalam situasi apa pun. Ketika seseorang pergi, kita gak terlalu tersiksa dengan kepergian tersebut, tapi justru merelakan karena gak ada yang abadi.

Baca Juga: 5 Sifat yang Bikin Kamu Sering Jadi Korban PHP & Janji Palsu

4. Memasang perisai untuk hati itu cukup penting

Ini 5 Pelajaran yang Kamu Dapat Saat Gebetan Pergi dan Datang Kembalipexels.com/Laura Garcia

Kedatangannya setelah sekian lama pergi tentu memberi kebahagiaan tersendiri bagi kita. Namun, jangan sampai bahagianya berlebihan yang membuat kita malah menjadi buta.

Justru di saat seperti inilah kita harus memasang perisai bagi diri sendiri, terutama hati. Jadi bawaannya gak baperan, kita anggap dia ibarat teman yang datang kembali dengan cara baik-baik.

5. Mengajarkan kita untuk menemukan kelebihan diri sendiri yang membuatnya datang kembali

Ini 5 Pelajaran yang Kamu Dapat Saat Gebetan Pergi dan Datang Kembalipexels.com/Samson Katt

Kedatangannya untuk kedua kalinya tentu bukan tanpa alasan. Bisa jadi karena dia menemukan sesuatu dalam diri kita yang gak ada dalam diri orang lain, makanya dia kembali lagi. Di sinilah kita diajak untuk mengenal kelebihan dalam diri kita.

Kelebihan ini gak cuma tentang paras, tapi juga cara berpikir, gaya hidup, dan banyak lagi. Temukan apa yang jadi kelebihan kita. Ini adalah modal yang nantinya bisa kita banggakan saat ada orang baru yang datang dalam hidup kita.

Semua perjalanan hidup, termasuk kisah percintaan memberikan pelajaran berharga dalam hidup kita. Makanya, jangan ambil sisi negatifnya terus saat ada orang datang, lalu pergi. Ambil sisi positifnya karena ada pelajaran berharga yang bisa didapat di sana.

Baca Juga: 5 Sikap Ini Bikin Gebetan Salah Paham Mengira Kamu Cuma Ingin PHP lho!

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya