Comscore Tracker

Ini Dia 6 Hal yang Menjadikan Persahabatan Selalu Indah

Kamu sudah lakukan yang mana?

Betapa senangnya hati bila persahabatan selalu indah seperti dulu, saat kamu pertama kali mengenalnya. Namun, menjaga keindahan ini tidaklah mudah mengingat liku-liku dalam merajut tali persahabatan itu selalu ada. Bahkan gak sedikit persahabatan yang kandas walau sudah dirajut selama bertahun-tahun lamanya.

Tapi tenang, kamu tidak akan mengalami hal yang sama asal kamu mau melakukan 6 hal berikut agar persahabatanmu selalu indah. Apa saja? Scroll down, yuk!

1. Mau berbagi dalam hal suka maupun duka

Ini Dia 6 Hal yang Menjadikan Persahabatan Selalu Indahunsplash.com/Cortney White

Bukan hanya duka saja, tapi bagikan pula suka yang kamu rasakan agar sahabat ikut merasakan segelintir kebahagiaanmu. Ingat kalau dia adalah sahabatmu, bukan seorang pemberi solusi yang kamu bayar untuk menyelesaikan masalahmu. Jika sampai sahabat notice kalau kamu memanfaatkannya, dia pasti akan menjaga jarak denganmu. Jadi, hargailah dia.

2. Mau mendengar, bukan hanya didengar

Ini Dia 6 Hal yang Menjadikan Persahabatan Selalu Indahunsplash.com/Andrea Tummons

Kamu meminta sahabat untuk mendengarkan semua keluh kesahmu selama satu minggu? Oke, sahabat bersedia mendengarkanmu. Akan tetapi, ada saat di mana dia juga mau didengarkan olehmu. Dia mau kamu memberi solusi atas masalah yang dia hadapi. Dengan adanya timbal balik seperti ini, percayalah kalau persahabatanmu akan indah.

3. Gak menjadikan satu kesalahan sebagai alat untuk merusak persahabatan 

Ini Dia 6 Hal yang Menjadikan Persahabatan Selalu Indahunsplash.com/Kreated Media

Sahabat mungkin pernah berbuat salah kepadamu, dan sebaliknya. Namun, jangan menjadikan kesalahan seperti ini sebagai alat untuk menghancurkan hubungan persahabatan. Apalagi pada hakikatnya, tidak ada satu manusia pun yang sempurna. Cobalah untuk saling memaafkan agar indahnya persahabatan tidak pernah pudar oleh waktu.

Baca Juga: 5 Tips Simpel Agar Persahabatan Tetap Solid, Jangan Bersaing, ya!

4. Merahasiakan keburukan, namun menceritakan kebaikan sahabat kepada orang lain

Ini Dia 6 Hal yang Menjadikan Persahabatan Selalu Indahunsplash.com/Analise Benevides

Persahabatan akan selalu indah kalau kalian bisa saling menutupi keburukan yang satu dan yang lain. Dalam arti, tidak menceritakan kekurangan sahabat kepada orang lain sekalipun keluargamu sendiri. Tapi tidak juga membiarkan dirinya tetap bertahan pada keburukan itu, melainkan mengingatkannya kalau itu harus segera diubah untuk menjadikan sahabat sebagai pribadi yang lebih baik.

5. Perlakukan dia layaknya diri sendiri

Ini Dia 6 Hal yang Menjadikan Persahabatan Selalu Indahunsplash.com/Helena Lopes

Bukannya lebay, tapi sahabat adalah the half of you. Bagaimana kamu memperlakukan diri sendiri, begitu jugalah kamu memperlakukan sahabat. Mulai dari kepedulianmu, sikapmu yang gak pelit, dan mau berkorban, semuanya kalau bisa sama. Apabila sahabat gagal mencintai dirinya sendiri, maka secara gak langsung kamu juga akan gagal.

6. Tetap memberi kabar walau terpisah oleh jarak

Ini Dia 6 Hal yang Menjadikan Persahabatan Selalu Indahunsplash/Kinga Cichewicz

Hubungan persahabatan akan tetap indah kalau kalian selalu menjaga komunikasi dengan baik walaupun terpisah oleh jarak. Gak melulu harus cerita panjang lebar, cukup dengan menanyakan kabar dan seperti apa aktivitasnya selama beberapa hari belakangan ini. Cuma sesederhana itu, kok.

Mudah, kan? Ditambah lagi kalau kalian sama-sama willing untuk saling menjaga indahnya persahabatan. Dijamin gak bakal ada yang namanya persahabatan yang rusak, deh!

Baca Juga: Terlihat Baik, 5 Hal Ini Justru Bikin Persahabatan Kurang Nyaman! 

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya