Comscore Tracker

7 Pertanyaan yang Semua Pasangan Harus Jawab, Penting Sebelum Nikah!

Penting nih biar gak nyesal nantinya

Keseriusan suatu hubungan berakhir dengan pernikahan. Benar, tidak? Sebelum melanjut ke tahap serius seperti ini, penting bagimu untuk mengetahui semua hal tentang pasangan. Mulai dari sifat, pekerjaan, pola pikir, tingkat emosional, dan masih banyak lagi. Apalagi kamu tahu mengakhiri suatu pernikahan gak semudah mengucapkan kata putus. 

Sebelum kamu menyesal pernah pacaran dengan orang yang saat ini mengisi kekosongan hati, coba tanyakan tujuh hal ini kepadanya biar kamu lebih kenal lagi dengan sosok dia.

1. Hal apa yang paling membuatmu sakit hati selama pacaran?

7 Pertanyaan yang Semua Pasangan Harus Jawab, Penting Sebelum Nikah!unsplash.com/Edward Cisneros

Orang yang paling dicintai adalah orang yang paling sering membuat sakit hati. Setuju? Selama menjalin hubungan, dia pasti pernah merasakan sakit hati. Tugasmu sekarang adalah mencari tahu penyebabnya. Tidak menutup kemungkinan hal-hal kecil yang sama sekali gak berarti untukmu, malah berarti banget untuknya.

Nah, karena kala itu kamu gak sesuai ekspektasi, dia jadi sakit hati tapi tidak pernah mengatakannya padamu. Who knows?

2. Hal apa yang membuatmu paling takut saat pacaran?

7 Pertanyaan yang Semua Pasangan Harus Jawab, Penting Sebelum Nikah!unsplash.com/Tim Mossholder

Ada banyak hal yang membuat seseorang merasa takut saat pacaran. Misalnya, takut kehilangan, takut pacarnya marah, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui jawaban pasti, silakan tanyakan langsung kepada pasangan.

Jika suatu saat pasanganmu merasa takut, setidaknya kamu bisa memberi semangat sehingga pasangan merasa lega dan semakin termotivasi untuk melawan ketakutannya.

3. Kamu pernah menangis, gak sih?

7 Pertanyaan yang Semua Pasangan Harus Jawab, Penting Sebelum Nikah!unsplash.com/Kyle Bearden

Kalau untuk cewek, pertanyaan ini gak perlu ditanyakan lagi. Karena jawabannya pasti “ya” atau bahkan “sering”. So, lebih baik tanyakan kepada si cowok. Lalu, tanyakan hal apa yang membuatnya menangis. Dengan menanyakan ini, kamu bisa tahu sisi kelemahan dan kelembutan pasanganmu.

4. Apa yang aku gak ketahui tentang kamu?

7 Pertanyaan yang Semua Pasangan Harus Jawab, Penting Sebelum Nikah!unsplash.com/Joanna Nix

Jika kamu merasa pasangan suka menyembunyikan sesuatu darimu, sekarang saatnya untuk berterus terang. Sampaikan pertanyaan ini kepadanya biar kamu gak bertanya-tanya kepada diri sendiri terus.

Pastikan pasangan mau menjawab. Kalau semisal dia berusaha untuk menghindari pertanyaan ini, kamu patut curiga dan jangan berharap banyak akan keseriusan dia.

5. Deskripsikan kesuksesan yang sebenarnya

7 Pertanyaan yang Semua Pasangan Harus Jawab, Penting Sebelum Nikah!unsplash.com/xiyaan maldives

Seperti apa sih ukuran kesuksesan itu menurut pasanganmu. Apakah dia akan menilainya dari jumlah kekayaan, kesehatan, atau kebahagiaan. Kedengarannya sepele, tapi pertanyaan ini bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum melangkah ke jenjang yang serius.

Jangan mudah terbuai oleh rangkaian kalimat bijak yang dia ucapkan, ya! Pastikan kamu benar-benar menelaah setiap kalimat. Lalu, sesuaikan dengan definisi sukses menurut dirimu sendiri.

6. Seberapa pentingnya sebuah keluarga untukmu?

7 Pertanyaan yang Semua Pasangan Harus Jawab, Penting Sebelum Nikah!unsplash.com/John Schnobrich

Kebanyakan orang menempatkan keluarga sebagai aspek yang paling penting dalam hidupnya. Apakah dia juga demikian? Mungkin “ya”, mungkin juga “tidak”.

Cari tahu juga seberapa akrab dia dan keluarganya. Ketika hubungan kalian sudah masuk tahap serius, keluarga pasti ikut terlibat di dalam hubungan kalian.

7. Coba deskripsikan dirimu dalam 3 kata

7 Pertanyaan yang Semua Pasangan Harus Jawab, Penting Sebelum Nikah!unsplash.com/Philipe Cavalcante

Sepele, tapi paling sulit. Itulah deskripsi untuk pertanyaan yang satu ini. Meski demikian, pertanyaan ini bisa membantumu untuk mengetahui sifat pasangan secara ringkas. Semakin cepat dia menjawab, berarti semakin kecil kemungkinan dia untuk berbohong. Begitu pula sebaliknya.

Pastikan semua pertanyaan dijawab dengan serius. Apalagi hubunganmu juga sudah serius sama dia.

Baca Juga: 5 Keseruan yang Dirasakan Saat Usia Hubunganmu Lebih dari Tiga Tahun

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You