Comscore Tracker

Biar Makin Mantap, Pertimbangkan 5 Hal Ini Dulu Sebelum Putus Cinta

Biar putusnya gak nyesal

Siapa bilang hidup bahagia pasca putus itu mustahil? Justru saat putuslah kamu akan merasa kebahagiaan yang sesungguhnya karena kamu bebas menjadi orang yang diinginkan. Gak ada kekangan, apalagi larangan dari pihak mana pun. Percaya atau gak, putus cinta itu cuma masalah siap dan berani saja. 

Agar semakin mantap untuk putus cinta, pertimbangkan 5 hal ini dulu, yuk! Kalau sudah siap, tinggal laksanakan saja!

1. Kamu sudah yakin bisa hidup tanpa dia 

Biar Makin Mantap, Pertimbangkan 5 Hal Ini Dulu Sebelum Putus Cintapexels.com/Wictor Cardoso

Ketika kamu yakin dia bukan sosok yang dicari, maka putus cinta tidak akan semenyakitkan itu. Awalnya mungkin terasa sakit karena kamu kehilangan sosok yang selama ini ada di dekatmu, tapi lama-kelamaan akan menjadi biasa saja. 

Lagipula, mempertahankan pun gak ada gunanya karena kamu tahu kalau hubunganmu akan berakhir dalam cepat maupun lambat. Kamu hanya perlu kesiapan dan keberanian saja untuk melakukannya.

2. Yakin bisa mendapatkan yang lebih baik daripada dia

Biar Makin Mantap, Pertimbangkan 5 Hal Ini Dulu Sebelum Putus Cintapexels.com/Jake Ryan

Sebelum mengatakan putus, yakinkan dulu dirimu kalau kamu siap kehilangan dia. Juga yakinkan diri kalau kamu akan mendapatkan sosok yang jauh lebih baik. Dengan kepercayaan inilah, kamu akan semakin kuat untuk menjalani momen jomlo.

Dalam proses menjomlo, kamu bisa cari aktivitas menarik agar bisa lupa dengan status asmaramu saat ini. Bisa dengan hangout, traveling, atau menggeluti hobi. Apa pun itu supaya pikiranmu sibuk. 

3. Kamu mempunyai hal yang harus diprioritaskan daripada cinta 

Biar Makin Mantap, Pertimbangkan 5 Hal Ini Dulu Sebelum Putus Cintapexels.com/Karolina Grabowska

Karier, misalnya, dimana kesempatan untuk berada di posisi itu gak datang dua kali. Sementara kesempatan untuk mencintai dan dicintai bisa datang kapan saja asal kamu mau membuka diri, bergaul dengan banyak orang, dan pastinya mau berubah menjadi yang terbaik versi diri sendiri.

Intinya, kamu harus tahu dulu apa yang mesti diprioritaskan supaya hari-harimu gak kosong begitu saja. Ketika kamu sibuk mengurusi hal yang menurutmu penting, kamu gak akan kepikiran sama namanya cinta. Jadi, kamu bisa bebas dari rasa sedih karena status jomlo.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Batas Kedekatanmu dengan Mantan, Biar Gak CLBK!

4. Kamu perlu membereskan hubungan lain yang gak kalah penting

Biar Makin Mantap, Pertimbangkan 5 Hal Ini Dulu Sebelum Putus Cintapexels.com/Karabo Lengwadi

Hal lain yang dimaksud di sini bisa berupa hubunganmu yang sempat renggang, baik itu dengan keluarga atau sahabat ketika kamu memutuskan untuk pacaran. Kamu boleh putus kalau merasa doi lah yang menjadi biang keladi atas jauhnya kamu dengan orang-orang tersayang.

Jika memang benar adanya, kamu pasti gak terlalu sedih apalagi menyesal. Justru bersyukur karena berakhirnya hubunganmu dan doi dapat mengembalikan orang-orang yang selama ini jauh. Lagipula kehilangan satu orang yang kamu cinta gak separah kehilangan banyak orang sekaligus.

5. Kamu merasa ada yang berubah dari dirimu sejak pacaran, dan kamu ingin kembali seperti semula

Biar Makin Mantap, Pertimbangkan 5 Hal Ini Dulu Sebelum Putus Cintapexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Pacar gak selamanya membuatmu menjadi versi terbaik dirimu. Kehadirannya terkadang membuatmu menjadi orang lain demi menyenangkan dirinya. Kamu sadar inilah yang terjadi padamu sekarang. Jika kamu sudah gak tahan, maka ini saatnya untuk putus. 

Tentu, gak akan ada yang namanya regret atau badd feelings karena dia yang selama ini kamu cinta ternyata gak membuatmu menjadi lebih baik. Justru menjadi lebih buruk. Daripada terus-terusan berlanjut, maka putus adalah opsi terbaik.

Putus cinta memang berat, maka perlu adanya pertimbangan seperti lima poin di atas. Jika kamu sudah yakin putus adalah jalan terbaik, lakukan! Jangan kebahagiaanmu terhambat karena mempertahankan orang yang salah. 

Baca Juga: Bukan karena Diputusin, Ini 5 Alasan Kamu Sangat Membenci Mantan

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya