Comscore Tracker

Sayang Boleh, tapi Jangan Biarkan Dia Merusak 5 Prinsip Ini di Hidupmu

Rasa sayangnya harus pakai batasan

Bagi kamu yang sudah punya pacar, percayalah kalau rasa sayangmu kepadanya akan bertambah seiring berjalannya waktu. Bahkan gak sedikit dari kamu menjadi bucin, rela melakukan apa saja untuknya. Sah-sah saja, tapi jangan pernah biarkan dia merusak dirimu. Apalagi sampai merusak 5 prinsip ini.

1. Prinsip mencintai diri sendiri

Sayang Boleh, tapi Jangan Biarkan Dia Merusak 5 Prinsip Ini di Hidupmupexels.com/Ketut Subiyanto

Sesayang apa pun kamu sama dia, jangan pernah biarkan dia membuatmu merasa insecure terhadap diri sendiri. Juga membuatmu ingin berubah menjadi orang lain demi dia. Sebut saja mengubah penampilan, cara berbicara, cara berjalan, dan bentuk badan.

Sebaiknya gak seharusnya dengarkan ucapannya. Kalau dia bersikeras, lebih baik ucapkan selamat tinggal karena kehadirannya hanya akan membuat level cintamu sama diri sendiri berkurang.

2. Prinsip dimana keluarga jauh lebih penting daripada pacar

Sayang Boleh, tapi Jangan Biarkan Dia Merusak 5 Prinsip Ini di Hidupmupexels.com/ RF._.studio

Jika dibandingkan dengan pacar, keluarga tentu jauh lebih penting. Sejak kamu lahir sampai sekarang, merekalah yang setia ada di sampingmu. Mereka tahu seperti apa tumbuh kembang, bahkan kekuranganmu.

Maka dari itu, tetap utamakan keluarga daripada pacar. Sayangi keluarga lebih daripada pacar. Sebab pacar bisa saja meninggalkanmu kapan dia mau, tapi keluarga tidak. Jadi, jangan biarkan pacar menjauhkanmu dari keluarga, ya!

3. Prinsip untuk menjadikan hidupmu menjadi lebih baik

Sayang Boleh, tapi Jangan Biarkan Dia Merusak 5 Prinsip Ini di Hidupmupexels.com/Vinicius Altava

Bukan hanya prinsip, kamu juga punya komitmen untuk menjadikan hidupmu lebih baik dari hari ini. Teguhkan diri dan ingatlah sama prinsip dan komitmen ini. Jangan biarkan orang lain merusaknya darimu, termasuk pacar.

Sebagai pacar, dia harusnya mendukungmu untuk menjadi pribadi lebih baik. Bukan malah mematahkan semangatmu, mengatakan kalau kamu gak bisa. Kalau memang seperti ini, itu artinya dia bukan sosok pacar yang baik untukmu.

Baca Juga: 5 Kesalahan dalam Menerapkan Sikap Penurut sama Pasangan, Bucin Deh!

4. Prinsip untuk selalu berbagi kasih kepada orang lain

Sayang Boleh, tapi Jangan Biarkan Dia Merusak 5 Prinsip Ini di Hidupmupexels.com/Gustavo Fring

Sayang sama pacar itu boleh, tapi jangan biarkan pacar membuatmu lupa kalau kamu harus mengasihi orang-orang di sekitarmu juga. Apalagi kalau karena pacar kamu berubah menjadi sosok yang mean atau kejam kepada orang lain.

Bagaimana pun juga, kamu tetap harus kasihi sesama meski gak kenal. Karena perbuatan baikmu ini akan dibalaskan dalam cepat atau lambat. Bukan dari mereka yang pernah kamu kasihi, tapi juga dari orang lain. 

5. Independensi kamu selama ini

Sayang Boleh, tapi Jangan Biarkan Dia Merusak 5 Prinsip Ini di Hidupmupexels.com/Min An

Ini khusus untuk kamu yang selalu hidup independen, bebas, dan gak bergantung sama orang lain. Jangan biarkan rasa sayang dan sikap baiknya membuatmu jadi bergantung kepadanya. Bagaimana pun juga, kamu harus bisa membangun shield atau pelindung agar kamu gak menjadi ketergantungan.

Sekali ketergantungan, percayalah kamu pasti sulit lepas dari dia. Rasa sayangmu pun perlahan-lahan berubah menjadi sikap bucin.

Jangan biarkan kehadiran, kebaikan, dan rasa sayang pacar mengubah prinsip yang selama ini kamu bangun dalam hidupmu. Jadilah orang berprinsip karena prinsip inilah yang membuatmu semakin kuat dan tegar.

Baca Juga: 5 Zodiak ini Santai dan Cuek dalam Hubungan, Anti Bucin-bucin Club!

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya