Comscore Tracker

5 Tanda Kalau Pacarmu Mulai Posesif, Auto Banyak Masalah!

Harus peka, ya biar hubunganmu tetap sehat

Di awal-awal pacaran dulu, mungkin kamu dibebaskan untuk melakukan apapun yang diinginkan. Tapi akhir-akhir ini, pacarmu mendadak posesif sama kamu. Kamu pergi kemana, sama siapa, dan ngelakuin apa, dia akan tanya semua secara detail.

Selain banyak tanya, ini dia lima tanda yang juga menjadi bukti kalau dia mulai posesif sama kamu. Yuk, kenali agar kamu tahu cara menghadapinya.

1. Dia bakal aktifin notifikasi postingan kamu di media sosial

5 Tanda Kalau Pacarmu Mulai Posesif, Auto Banyak Masalah!pexels.com/Kaboompics .com

Mulai dari foto yang kamu unggah sampai story di snapgram, postingan apapun yang berhubungan denganmu akan diaktifkan semua. Jadi, dia gak ketinggalan kabar terbaru darimu. Ketika kamu gak balas chat, misalnya, dia gak perlu khawatir karena kamu bukan melakukan hal aneh di luar sana.

Kamu tentu merasa risi dengan tingkahnya ini. Tapi, hal ini jauh lebih baik daripada semua akun sosial mediamu dipegang sama dia. Bisa-bisa kamu gak punya privasi lagi nantinya.

2. Akan melihat siapa saja yang kamu follow di medsos

5 Tanda Kalau Pacarmu Mulai Posesif, Auto Banyak Masalah!pexels.com/Adrienn

Selain postingan, pacar yang mulai posesif juga mengecek siapa saja yang kamu ikuti di sosial media. Dia gak akan berkomentar kalau orang itu benar temanmu sekalipun berbeda jenis kelamin. Kalau orang itu orang lain yang kamu gak pernah ceritakan kepadanya, wajar bila dia bertanya tentang kedekatanmu dengan orang itu.

Alasannya cuma satu: dia cemburu. Jadi, coba jelaskan baik-baik sebelum amarahnya memuncak dan situasi tetap aman terkendali.

Baca Juga: Sudah Seperti Barang, 5 Tanda Ini Buktikan Kamu Terlalu Posesif

3. Mendadak bete kalau kamu lama balas chat

5 Tanda Kalau Pacarmu Mulai Posesif, Auto Banyak Masalah!pexels.com/Ketut Subiyanto

Tanda selanjutnya adalah dia merajuk kalau chatnya gak dibalas-balas olehmu. Selain karena sifatnya yang mulai posesif, dia juga takut kalau sesuatu yang gak diinginkan terjadi padamu. Apalagi kalau kamu izinnya mau traveling atau ngelakuin aktivitas di luar ruangan. 

Agar sifat posesif dan rasa takutnya mereda, lebih baik hubungi dia kalau ada waktu. Kamu gak perlu menunggu sampai dia ngechat atau nelpon duluan. Coba inisiatif sendiri saja supaya kamu juga mengetahui kabar dan kondisi pacar.

4. Mulai dramatis!

5 Tanda Kalau Pacarmu Mulai Posesif, Auto Banyak Masalah!pexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu gak ngebalas chatnya sampai berjam-jam? Bersiaplah karena drama akan dimulai. Ngambek, marah, diam, dan menangis pun rela dia lakukan untuk mengungkapkan kekesalannya terhadapmu. Sebab, kamu gak menghargai kepeduliannya yang terkesan posesif itu.

Kamu tentu pusing kalau harus berurusan dengan drama setiap hari. Untuk itu, jangan abaikan saat dia mencoba menanyakan kondisimu. Jawaban singkat sudah cukup agar dia bisa bernapas lega saat gak ada di sampingmu.

5. Sering mempermasalahkan hal-hal kecil

5 Tanda Kalau Pacarmu Mulai Posesif, Auto Banyak Masalah!pexels.com/Polina Zimmerman

Hal-hal kecil yang dulunya gak dia permasalahkan, sekarang malah lebih sering dipermasalahkan. Hal yang wajar karena benih-benih posesif dalam dirinya sudah mulai bertumbuh. Dan kamu pasti gak nyaman, tapi mau bagaimana lagi? Kalau dilawan, situasi yang akan tambah runyam.

Sebaiknya memang didiamkan saja. Nanti kalau amarahnya sudah reda, kamu bisa ajak dia diskusi tentang sikapnya yang posesif. Katakan dia harus meningkatkan kepercayaannya terhadapmu. Kalau kamu gak berbuat macam-macam di belakangnya.

Kalau benar pacarmu mulai posesif, di pasti akan menunjukkan salah satu dari tanda di atas. So, kamu gak perlu bertanya-tanya lagi kenapa sikapnya agak aneh belakangan ini.

Baca Juga: Kamu Pantas Cemburu jika Pacarmu Sering Melakukan 6 Hal Berikut

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya