Comscore Tracker

6 Tanda Kalau Kamu Sudah Siap Pacaran Lagi, Bebas Trauma Masa Lalu!

Kembali jatuh cinta memang gak mudah

Kisah cinta di masa lalu gak berakhir baik? Kalau gak, wajar dong kalau kamu trauma untuk merajut tali asmara di kemudian hari. Sebab rasa perih dan sakit yang dirasakan di masa lalu masih membekas kuat dalam hati. Akibatnya kamu sulit membuka hati kepada orang lain.

Jadi kapan dong kamu siap berpacaran lagi? Jika kamu menunjukkan enam tanda berikut, itu artinya kamu sudah siap pacaran. Wah, serius?

1. Kamu merasa cukup dan puas

6 Tanda Kalau Kamu Sudah Siap Pacaran Lagi, Bebas Trauma Masa Lalu!unsplash.com/Jason Strull

Ketika kamu sudah merasa puas menjomblo, apapun ceritanya kamu pasti kepingin merajut asmara lagi. Apalagi kalau kamu berhasil memperbaiki diri dan merasa layak untuk orang lain. Percayalah kamu akan semakin membuka diri sampai mendapatkan calon pacar terbaik.

2. Kebahagiaanmu kembali seperti semula

6 Tanda Kalau Kamu Sudah Siap Pacaran Lagi, Bebas Trauma Masa Lalu!unsplash.com/Eduardo Dutra

Hal-hal menyakitkan di masa lalu bukan jadi persoalan penting untukmu. Kenapa demikian? Karena nyatanya kamu sudah berhasil move on dari masa lalu. Lagipula, untuk apa sih memikirkan masa lalu?

Fokus membangun masa depan sudah menjadi tujuan hidupmu saat ini. Tak heran kalau kamu sudah mau membuka hati yang dulunya tertutup rapat, sehingga orang lain bisa masuk deh!

3. Merasa fine-fine saja saat menyendiri

6 Tanda Kalau Kamu Sudah Siap Pacaran Lagi, Bebas Trauma Masa Lalu!unsplash.com/Eduardo Dutra

Gak semua orang senang kalau sendirian. Sebagian justru merasa sangat sunyi, sepi, dan bosan saat dirinya harus sendiri. Nah ketika kamu merasa baik-baik saja saat menyendiri, itu artinya kamu sudah terbebas dari sifat ketergantungan.

Ketika pacarmu gak ada, setidaknya kamu masih bisa berjalan sendiri. Kamu tahu harus melakukan apa, pergi ke mana, pokoknya tetap jadi sosok yang mandiri dah!

Baca Juga: 8 Kesalahan Terbesar Cewek Saat Pacaran, Jangan Dilakukan Dong!

4. Semakin menghargai diri sendiri

6 Tanda Kalau Kamu Sudah Siap Pacaran Lagi, Bebas Trauma Masa Lalu!unsplash.com/Dion Almuena

Kamu mungkin sedih dan marah kepada diri sendiri saat hubunganmu gagal. Tapi seiring berjalannya waktu, rasa sedih ini harus dihilangkan agar tidak mempengaruhi hidupmu di masa mendatang.

Nah, ketika kamu sudah mampu menghargai diri sendiri seperti dulu, itu artinya kamu sudah lupa sama kesalahanmu di masa lalu. And this means you’re ready to be In relationship again. So, no more waiting ya!

5. Terbuka kepada orang banyak

6 Tanda Kalau Kamu Sudah Siap Pacaran Lagi, Bebas Trauma Masa Lalu!unsplash.com/Nicole Honeywill

Kamu yang dulunya bersikap dingin dan acuh tak acuh kepada lawan jenis perlahan semakin membuka diri. Kamu membiarkan mereka masuk, mendekat, dan mengenali dirimu dengan baik. Begitu pula sebaliknya.

Dan uniknya, kamu gak melakukannya untuk satu atau dua orang, melainkan untuk semua orang. Tetapi, tetap merujuk pada kriteria pasangan idaman untuk mencegah kemungkinan munculnya rasa sakit hati di kemudian hari.

6. Mau menerima kekurangan si dia

6 Tanda Kalau Kamu Sudah Siap Pacaran Lagi, Bebas Trauma Masa Lalu!unsplash.com/Candice Picard

Sikap pacar yang tidak pas dengan keinginan bisa menjadi salah satu penyebab retaknya suatu hubungan. Apakah hal ini juga terjadi padamu? Perlu diingat, jangan hanya karena satu kekurangan, kamu jadi merelakan hubungan yang dirajut selama bertahun-tahun.

Jika kamu belum siap menerima kekurangan orang lain, itu artinya kamu belum cocok berpacaran lagi. Tetapi kalau sudah bisa menerima dan yakin pada diri sendiri, gak ada salahnya untuk mencari sosok pengganti mantan pacar.

Siap atau tidaknya kamu berpacaran lagi, semuanya akan ditunjukkan lewat berbagai tanda. So, kenali tanda-tanda tersebut untuk mengetahui langkah ke depannya.

Baca Juga: Sanggup LDR atau Nggak? Ini 8 Tanda Kamu Gak Cocok Pacaran Jarak Jauh

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You