Comscore Tracker

Teman Suka Bohong? Gunakan 5 Cara Ini untuk Menghadapinya

Menghadapi orang yang suka bohong gampang-gampang susah

Berada di tengah-tengah orang yang suka berbohong memang gak enak. Sesekali memang wajar, tapi kalau sudah berulang-ulang kali pasti membuatmu eneg sendiri. Sikap mereka ini dapat menjadi toxic yang membuat hidupmu penuh drama.

Lantas, apa yang harus kamu lakukan? Diam saja? Sebaiknya jangan, ya! Kamu bisa pakai 5 cara berikut untuk menghadapi teman yang suka berbohong.

1. Coba koreksi setiap perkataannya

Teman Suka Bohong? Gunakan 5 Cara Ini untuk Menghadapinyapexels.com/Lisa Fotios

Ketika seseorang mengatakan kebohongan, jangan biarkan mereka meneruskan perkataannya. Lebih baik koreksi setiap kalimat yang mereka ucapkan. Bila perlu, tambahkan argumen dan bukti kalau apa yang mereka katakana tidak benar. Cara ini bisa membuat mereka kehabisan kata-kata dan tidak berani berbohong lagi kepadamu.

2. Jangan mudah terpengaruh

Teman Suka Bohong? Gunakan 5 Cara Ini untuk Menghadapinyapexels.com/Rawpixel

Apapun yang dikatakan orang lain kepadamu, sebaiknya jangan langsung terpengaruh atau percaya begitu saja. Cari dulu kebenarannya, baru boleh berkomentar. Ingatlah kalau setiap kalimat yang keluar dari mulutmu adalah boomerang bagi dirimu sendiri. Jadi, kamu harus lebih berhati-hati saat berbicara kepada orang lain.

3. Cari topik pembicaraan lain

Teman Suka Bohong? Gunakan 5 Cara Ini untuk Menghadapinyapexels.com/Elevate

Jangan mau meneruskan pembicaraan yang pada dasarnya tidak benar. Daripada buang-buang waktu dan energi, lebih baik cari topik pembicaraan lain yang pastinya jauh lebih menarik untuk dibahas. Misalnya, membicarakan rencana weekend atau topik seputar kecantikan.

Baca Juga: 6 Aplikasi Pendeteksi Kebohongan, Jujur Gaknya Kamu Akankah Ketahuan?

4. Tetap sabar dan pengertian

Teman Suka Bohong? Gunakan 5 Cara Ini untuk Menghadapinyapexels.com/Oleg_bf Oleg Borisov

Beberapa dari kamu mungkin gak bisa to the point kepada orang lain saat orang itu mengatakan kebohongan. Kamu bisa saja takut membuatnya sakit hati atau apala ituh. Nah, agar kamu bisa menghadapi orang seperti ini, sebaiknya tingkatkan rasa sabar dan pengertian dalam dirimu. Dengarkan saja apa yang mereka katakan tanpa memberi komentar sedikitpun.

5. Menjauhlah jika sudah keterlaluan

Teman Suka Bohong? Gunakan 5 Cara Ini untuk Menghadapinyapexels.com/Omar Markhieh

Kalau tingkat kebohongan yang disampaikan sudah kelewatan, lebih baik menjauh secara perlahan. Cara ini akan membuat hidupmu jauh lebih berkualitas dan bahagia. Sebab, energi dan waktu yang biasa kamu gunakan untuk mendengar omongan mereka bisa digunakan untuk hal-hal penting guna membangun kualitas diri.

Menghadapi teman yang suka berbohong itu gak sulit, kan?

Baca Juga: Gawat! Ini 5 Tanda yang Menunjukkan Kamu Sudah Kecanduan Berbohong

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya