Comscore Tracker

6 Trik Agar Kamu dan Mantan Tetap Akur Pasca Putus, Perlu Ditiru!

Putus bukan berarti bubar selamanya

Dari sekian banyak orang yang pacaran, sebagian besar menjadikan pacarnya sebagai musuh pasca putus. Bahkan ada yang tega menjelek-jelekkan mantannya di depan teman-temannya sendiri.

Tindakan ini sama sekali gak perlu dilakukan, khususnya saat kamu sudah beranjak dewasa. Alangkah baiknya jika kamu dan mantan tetap akur layaknya teman, meskipun statusmu tidak berpacaran lagi.

Menjalin hubungan baik dengan mantan memang gak mudah. Tapi, kamu bisa memulainya dari hal-hal kecil. Beberapa di antaranya akan dijelaskan dalam trik di bawah ini.

1. Berikan waktu untuk menyendiri selama beberapa saat

6 Trik Agar Kamu dan Mantan Tetap Akur Pasca Putus, Perlu Ditiru!pexels.com/Pixabay

Ada rasa sakit dan sedih pasca putus dari pacar. Wajar jika kamu membutuhkan waktu untuk sendiri terlebih dahulu. Hal yang sama juga berlaku untuk mantan pacarmu. Biarkan dia menikmati kesendirian dan kesibukannya saat ini.

Kamu gak perlu sibuk menanyakan ini dan itu, apalagi yang berkaitan dengan hubungan di masa lalu. Lebih baik kerjakan apa yang menjadi bagianmu sekaligus perbaiki kualitas diri agar kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya.

2. Bangun komunikasi yang baik pasca putus

6 Trik Agar Kamu dan Mantan Tetap Akur Pasca Putus, Perlu Ditiru!pexels.com/Kieran White

Setelah merasa baikan pasca putus, kamu bisa tuh menghubungi mantan. Tapi ingat, konsepnya bukan lagi untuk merajut tali asmara yang sempat terputus, melainkan untuk menjadikan mantan sebagai teman.

Apabila mantan pacar gak memberi respon yang baik, itu artinya dia belum bisa move on dari masa lalu. Berikan dia waktu lebih untuk menyembuhkan luka yang dialaminya.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Tips Jitu Mengatasi Jenuh dalam Menjalani Hubungan

3. Kalau perlu atur waktu untuk jalan berdua

6 Trik Agar Kamu dan Mantan Tetap Akur Pasca Putus, Perlu Ditiru!/unsplash.com/Jon Tyson

Jalan sama mantan gak salah kok, apalagi kalau kalian berdua masih sama-sama single. Cara ini sangat bagus dilakukan agar kamu dan mantan gak berantem terus pasca putus.

Selama jalan berdua, coba hindari tema atau topik pembicaraan yang mengarah ke masa lalu. Ganti dengan topik yang lebih fun dan asik untuk dibicarakan, seperti kesibukan atau progres pekerjaan masing-masing.

4. Stay calm saat bersama mantan

6 Trik Agar Kamu dan Mantan Tetap Akur Pasca Putus, Perlu Ditiru!pexels.com/Joao Araujo

Perubahan status mungkin membuatmu merasa sedikit weird dan coy saat bersama mantan. Tapi, cobalah untuk bersikap biasa saja seperti gak terjadi apa-apa sebelumnya.

Di samping itu, jelaskan maksud dan tujuanmu bertemu dengan mantan. Katakan kalau kamu ingin menjadi temannya, gak lebih dari itu. Dengan begini, kalian bisa tetap akur dan bisa terus  berkomunikasi meskipun hanya sebatas teman saja.

5. Tunjukkan sikap peduli kepada mantan

6 Trik Agar Kamu dan Mantan Tetap Akur Pasca Putus, Perlu Ditiru!pexels.com/Trinity Kubassek

Tingkat kepedulianmu mungkin sedikit menurun pasca putus, tapi penurunannya gak total apalagi menyentuh angka nol, ya! Bagaimanapun juga, mantan pernah menjadi orang spesial di hati dan hidupmu.

Perlakukan mantan sewajarnya. Berikan perhatian terhadap masalah yang sedang dia hadapi. Kalau perlu, berikan solusi agar masalahnya cepat terselesaikan. Hal yang sama juga akan mantan lakukan saat kamu mengalami kesulitan di lain waktu.

6. Beritahu teman kalau kalian hanya sebatas teman

6 Trik Agar Kamu dan Mantan Tetap Akur Pasca Putus, Perlu Ditiru!pexels.com/Helena Lopes

Ada saja satu atau dua orang teman yang suka usil saat melihat kamu dan mantan akrab. Atau mungkin menyebar gosip kepada orang lain. Nah, untuk menghindari hal-hal berbau negatif, coba jelaskan kepada teman-temanmu kalau hubungan kalian hanya sebatas teman saja.

Dalam hal ini, kamu dan mantan harus berkomitmen untuk tidak menebar isu-isu yang gak benar. Hal ini akan mengurangi beban yang kamu rasakan pasca putus.

Akur dengan mantan bukan hal yang mustahil asal kamu mau menurunkan rasa gengsi untuk memulai percakapan dengannya. Tertarik mencoba trik-trik di atas?

Baca Juga: 5 Tanda Hubungan Kalian Patut Dibawa ke Jenjang Lebih Serius

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You