Comscore Tracker

5 Tanda Red Flag saat Kencan Pertama, First Impression Itu Penting!

Jangan sampai mengencani seseorang yang gagal move on

Di era digital seperti sekarang, hampir semua aktivitas dalam kehidupan melibatkan jaringan internet, begitu juga seseorang yang sedang PDKT. Proses pencarian pasangan kerap kali berawal dari media sosial ataupun aplikasi kencan. Berawal dari dunia maya, setelah merasa cocok seringkali seseorang memutuskan untuk bertemu langsung. 

Jika kamu memiliki teman kencan dari aplikasi dating online atau media sosial dan segera merencanakan kencan pertama dengannya, kamu dapat melihat bagaimana karakternya pada pertemuan pertama. Hal ini berguna untuk menghindarkanmu dari seseorang yang berperangai buruk.

Berikut ini merupakan red flag pada saat kencan pertama yang harus kamu perhatikan. Lebih baik segera jauhi jika teman kencanmu melakukan hal-hal buruk di bawah ini. 

1. Gak sopan dengan waitress

5 Tanda Red Flag saat Kencan Pertama, First Impression Itu Penting!ilustrasi waitress sedang membawa makanan (Pexels.com/Pixabay)

Kafe atau restoran adalah tempat paling umum yang dijadikan untuk berkencan. Selain memiliki suasana yang pas, kita juga dapat memesan makanan dari menu yang tersedia. Mengobrol dengannya di sela-sela menyantap hidangan dapat menjadi hal yang menyenangkan.

Setelah memilih menu, biasanya waitress segera datang mengantar makanan yang dipesan. Namun, jika dia bersikap tidak sopan kepada waitress, seperti membentak karena menu yang diantarkan tak sesuai ataupun bersikap meremehkan, hal tersebut merupakan red flag yang harusnya menjadi peringatan untukmu. Selain tempramental, sikap tersebut bisa menjadi indikasi bahwa dia tak menghargai orang lain. 

2. Terus membicarakan masa lalu atau mantannya

5 Tanda Red Flag saat Kencan Pertama, First Impression Itu Penting!ilustrasi mengobrol (Pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Obrolan yang seru dan dapat diterima oleh kedua pihak dapat mengubah suasana menjadi lebih hangat. Begitu juga pada saat kencan, obrolan ringan akan lebih cocok dibicarakan, seperti hobi, kesibukan dan hal lain yang bertujuan untuk megenalkan diri dan juga mengenalnya lebih jauh. 

Namun, ketika dia terus menceritakan masa lalu dan mantannya, hal ini merupakan red flag yang sepatutnya kamu hindari. Kondisi tersebut dapat mengindikasikan bahwa dia masih hidup di bayang-bayang masa lalunya. Jangan mau dijadikan sebagai pelarian dan akan lebih baik jika kamu tidak melanjutkan hubungan itu. 

3. Datang sangat terlambat dan membuatmu menunggu lama

5 Tanda Red Flag saat Kencan Pertama, First Impression Itu Penting!ilustrasi datang terlambat (Pexels.com/Jep Gambardella)

Waktu adalah hal yang sangat berharga dan tak bisa diulang lagi. Maka dari itu, kita harus menghargai waktu yang kita punya saat ini. Jangan sampai waktu yang sangat berharga itu terbuang begitu saja tanpa melakukan hal apapun. Padahal, jika dimanfaatkan dengan baik, kita dapat menggunakan waktu tersebut untuk hal yang produktif, seperti belajar skill baru dan mengerjakan pekerjaan sampingan. 

Ketika memutuskan untuk berkencan, otomatis kamu merelakan waktu selama beberapa jam untuk bertemu dengannya. Namun, saat dia membuatmu menunggu sangat lama bahkan berjam-jam, hal ini menandakan bahwa dia kurang menghargai waktumu.

Perilaku tersebut masuk dalam tanda-tanda red flag dan pikirkanlah kembali apakah kamu yakin akan melanjutkan kencan dengan orang yang gak menghargai waktumu.

Baca Juga: 5 Red Flag yang Harus Dihindari Sebelum Jadian dengan Gebetan

4. Menjelek-jelekan orang lain agar terlihat unggul di hadapanmu

5 Tanda Red Flag saat Kencan Pertama, First Impression Itu Penting!ilustrasi berbicara (Pexels.com/Jopwell)

Kencan pertama merupakan sebuah kesempatan awal seseorang untuk menunjukkan kelebihan diri di depan pasangan kencannya. Hal ini bertujuan agar lawan bicara merasa antusias dan tertarik untuk mengenal lebih jauh. Seringkali seseorang akan bercerita tentang pencapaian selama hidupnya, prestasi dalam pendidikan dan karier, tantangan yang berhasil ditaklukkan dan lain sebagainya.

Namun, jika teman kencanmu menjelek-jelekkan orang lain demi meninggikan dirinya sendiri, itu merupakan red flag yang tak bisa ditoleransi. Seperti pesan orang bijak, bahwa kita tidak perlu merendahkan orang lain untuk menjadi lebih tinggi. Seseorang yang baik akan menghargai orang lain, bukan malah menjatuhkannya.

5. Tiba-tiba membatalkan janji yang sudah disepakati bersama

5 Tanda Red Flag saat Kencan Pertama, First Impression Itu Penting!ilustrasi menunggu (Pexels.com Quoc Bao)

Pada saat kencan pertama, first impression adalah segalanya. Kesan negatif yang dibangun saat pertemuan pertama akan menjadi sebuah catatan buruk. Begitupun sebaliknya, citra positif saat pertemuan pertama akan membekas di hati seseorang.

Saat kamu sudah berusaha menepati janji dengan datang tepat waktu, namun tiba-tiba ia membatalkan janji yang telah disepakati tanpa alasan yang jelas, berarti dia tak serius denganmu. Sudah jelas bahwa ini salah satu red flag yang cukup dijadikan alasan untuk berhenti mengencaninya.

Berhati-hatilah dalam memilih pasangan, jika kamu menginginkan hubungan yang baik ke depannya. Jangan sampai kamu mendapatkan pasangan yang belum bisa move on atau seseorang yang tak menghargai sesamanya.

Baca Juga: Pikirkan 5 Hal Ini Sebelum Bertemu Gebetan dari Aplikasi Kencan!

Lulu Fatikhatul Maryamah Photo Verified Writer Lulu Fatikhatul Maryamah

you can reach me on my IG @lulumaryamah23

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya