Comscore Tracker

5 Langkah Memperbaiki Hubungan dengan Pasangan yang Pernah Selingkuh 

Maafkan dan perbaiki hubungan dengan pasanganmu

Sebaik apa pun rencana dan harapan yang di gantungkan, tapi ketika Tuhan telah berkendak lain pasti tidak berdaya. Itulah kelemahan manusia tidak bisa merubah suatu hal yang sudah dituliskan-Nya.

Seperti dalam hal berhubungan dengan sesama manusia, pasti ada saja ujiannya. Salah satunya adalah masalah perselingkuhan. Ujian ini menjadi momok perbincangan juga yang ditakutkan oleh banyak orang.

Perihal kesetiaan yang harus diuji, banyak yang berhasil melewati banyak juga yang gagal. Jika memilih untuk memaafkan dan memperbaiki, berikut langkah-langkah yang bisa kamu terapkan untuk memperbaikinya.

1. Jika masih mau memperbaiki pertahankan 

5 Langkah Memperbaiki Hubungan dengan Pasangan yang Pernah Selingkuh ilustrasi pasangan (unsplash.com/Everton Vila)

Membangun kembali kepercayaan setelah terjadi perselingkuhan memang membutuhkan waktu yang lama. Ketika salah satu pihak kehilangan kepercayaan pada pasangannya, butuh waktu bulanan atau tahunan agar dapat memaafkan, ikhlas, serta mampu bangkit membangun kembali kepercayaan.

Namun, ketika pihak yang bersalah masih ingin memperbaiki dan memperjuangkan hubungan, maka perbaikilah. Buatlah komitmen untuk memperbaiki hubungan. Percayalah, perjuangan yang dilakukan bersama akan menghasilkan kemajuan dan dapat kembali membangun kepercayaan yang sempat hilang.

2. Setiap orang pasti pernah salah 

5 Langkah Memperbaiki Hubungan dengan Pasangan yang Pernah Selingkuh ilustrasi merenungi kesalahan (unsplash.com/Nik Shuliahin)

Tidak ada manusia yang sempurna, pasti pernah melakukan kesalahan dan pasti pernah mengecewakan orang lain. Mungkin sulit, menerima kesalahan pasangan dan langsung memaafkannya.

Akan tetapi, satu-satnya cara untuk tetap saling mencintai ialah dengan menerima kekurangan dan kesalahan pasangan. Menerima dengan lapang dada dan menghargai usaha baik pasangan dalam memperbaiki hubungan.

Baca Juga: 5 Cara Berpikir Orang yang Selingkuh, Jangan Heran saat Tahu!

3. Bangun kembali komunikasi yang baik 

5 Langkah Memperbaiki Hubungan dengan Pasangan yang Pernah Selingkuh ilustrasi pasangan mengobrol (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Mayoritas masalah terjadi karena buruknya komunikasi yang terjalin pada suatu hubungan. Masalah yang tercipta dapat membuat hubungan kamu dan dia pun merenggang.

Perbaiki hubunganmu dengan memperbaiki pola komunikasi. Saling mendengarkan ketika masing-masing pasangan sedang berbicara. Hargai pendapatnya dengan memahami pembicaraan pasangan dari sudut pandangnya tanpa menyela.

4. Utamakan kejujuran 

5 Langkah Memperbaiki Hubungan dengan Pasangan yang Pernah Selingkuh ilustrasi pasangan (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Kejujuran dalam suatu hubungan itu sangat diperlukan. Menjalin suatu hubungan bersama tidak akan berjalan jika kejujuran tidak ada dalam interaksi pasangan.

Perbaiki hubungan dengan pasangan yang pernah selingkuh dapat dimulai dengan membiasakan bersikap jujur dalam segala hal. Dengan tujuan agar hubungan bisa meraih kesuksesan.

5. Saling berbagi cerita 

5 Langkah Memperbaiki Hubungan dengan Pasangan yang Pernah Selingkuh ilustrasi pasangan saling bercerita (unsplash.com/Brooke Cagle)

Komunikasi yang baik membutuhkan ketebukaan yang sifatnya transparan. Saling mengetahui kegiatan, jadwal, ataupun rencana satu sama lain.  Dapat mempererat hubungan.

Meskipun butuh belajar dan proses, dengan adanya keterbukaan ini dapat membangun kembali kepercayaan dan kesetiaan. Luangkan waktu untuk bercerita tentang keseharian yang sudah dilalui masing-masing.

Rasa marah tidak bisa dihindari saat mengetahui pasangan berselingkuh. Banyak pasangan yang menyadari bahwa menyelesaikan masalah sangat berdampak pada masa depan.

Memilih mengakhiri atau memperbaiki menjadi sebuah pilihan yang rumit terkadang. Namun, jika kalian memilih memperbaiki, mungkin langkah-langkah diatas bisa jadi panduanmu untuk membangun kembali hubungan yang baik kedepannya.

Baca Juga: 5 Penyebab Keluarga Pasangan Justru Mendukung Perselingkuhan, Bahaya!

Maftukhatul Azizah Photo Verified Writer Maftukhatul Azizah

Menulis adalah caraku untuk mengekspresikan rasa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya