Comscore Tracker

5 Hal Ini Dipercaya Bisa Membangkitkanmu dari Trauma Jatuh Cinta

#ANGPOIN Jangan galau terlalu lama, ya!

Pernahkah kamu mengalami patah hati yang teramat dalam hingga membuatmu trauma berkepanjangan dan enggan untuk memulai hubungan percintaan yang baru? Jika pernah, tak masalah sebab hampir semua orang pernah mengalami hal yang sama denganmu.

Hanya saja, kamu harus bangkit dan tak boleh terus menerus jatuh dalam rasa traumamu itu. Meskipun kamu harus susah payah melakukan berbagai cara demi mengatasi trauma tersebut.

Nah, berikut ini adalah lima hal yang harus kamu lakukan untuk membangkitkan dirimu dari trauma jatuh cinta.

1. Mencoba untuk mencari tahu penyebab rasa trauma yang kamu rasakan

5 Hal Ini Dipercaya Bisa Membangkitkanmu dari Trauma Jatuh Cintaunsplash.com/@gbarkz

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu penyebab rasa trauma tersebut. Tugasmu adalah mengingat-ingat kesalahan apa yang pernah dirimu lakukan atau adakah hal yang salah pada dirimu hingga menyebabkan kamu disakiti oleh pasanganmu kala itu?

Saat kamu sudah menemukan jawabannya, cobalah untuk lebih introspeksi diri agar tak mengulanginya lagi di masa depan. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir rasa trauma itu.

2. Ceritakan kisahmu ini kepada orang terdekat yang kamu percaya

5 Hal Ini Dipercaya Bisa Membangkitkanmu dari Trauma Jatuh Cintaawesoroo.com

Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah mencoba untuk berbagi keluh kesah pada orang-orang yang kamu percayai. Mulailah cerita dari bagian awal hingga akhir agar mereka paham akan apa yang sebenarnya terjadi padamu.

Karena walau bagaimanapun juga, melibatkan orang lain yang bisa kamu andalkan akan jauh lebih membantu dibandingkan kamu terus berkutat dengan rasa traumamu itu seorang diri. Tapi ingat, jangan sekali-kali berbagi cerita pada orang yang salah sebab kamu bisa semakin terpuruk. Alih-alih mendapatkan solusi, kamu justru akan makin tertekan karenanya.

3. Mencoba memahami bahwa semua hubungan percintaan tak selamanya berjalan sesuai keinginanmu

5 Hal Ini Dipercaya Bisa Membangkitkanmu dari Trauma Jatuh Cintapixabay.com/DanaTentis

Mencoba memahami dan mengikhlaskan suatu hubungan percintaan yang berjalan tak lancar sesuai inginmu adalah sebuah hal yang bijaksana untuk kamu coba. Ingatlah, segala sesuatu di dunia ini tak akan serta merta berjalan sesuai harapanmu.

Saat kamu sudah bisa menerima keadaan, maka disaat itu pula kamu akan mengerti bahwa rasa trauma yang saat ini sedang bersamamu adalah salah satu bentuk rasa kasih sayang Tuhan untuk menyadarkanmu tentang sebuah hubungan yang salah. Maka selanjutnya kamu hanya perlu percaya bahwa Dia akan menggantinya dengan kebahagiaan suatu saat nanti.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Membangun Kualitas Diri dari Trauma Kegagalan

4. Memulai kegiatan baru yang sebelumnya tak pernah kamu lakukan

5 Hal Ini Dipercaya Bisa Membangkitkanmu dari Trauma Jatuh Cintablog.aiesec.be

Bila sebelumnya kamu terlalu sibuk untuk berdiam diri karena trauma yang menderamu, maka saatnya kini kamu bangkit. Ekspresikan rasa sakitmu itu melalui kegiatan-kegiatan positif yang sebelumnya belum pernah kamu lakukan seperti misalnya mendaki gunung, berkebun, berlibur ke sebuah pulau bersama orang-orang terkasihmu atau bahkan menjadi volunteer untuk melakukan kegiatan amal dan sosial yang bermanfaat bagi sesama. Jika kegiatan positif sudah kamu lakukan maka pikiran dan hatimu otomatis akan menjadi positif pula.

5. Membuka hati secara perlahan pada lawan jenis yang mencoba mendekatimu

5 Hal Ini Dipercaya Bisa Membangkitkanmu dari Trauma Jatuh Cintagentlementalk.com

Hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah membuka lembaran baru bersama orang yang baru. Cinta yang hilang lambat laun akan tergantikan dengan cinta baru yang lebih baik. Jika kamu tak pernah mau mencobanya, maka selamanya kamu akan terus dihantui rasa traumamu itu.

Kamu tak boleh menganggap semua orang itu tak baik sebelum kamu memberikan mereka kesempatan untuk membuktikannya. Bukankah kisah percintaan yang manis berawal dari sebuah pembuktian? Maka berikanlah kesempatan pada lawan jenismu untuk masuk ke dalam hatimu secara perlahan hingga kamu lupa bahwa kamu pernah merasakan sakit sebelumnya.

Nah, itu tadi kelima hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa trauma jatuh cinta yang menyakitkan. Semoga bermanfaat dan tetap semangat, ya!

Baca Juga: Girl, Ini Sensasi yang Dialami Saat Jatuh Cinta dengan Pria Beda Usia

MahestiDita Photo Verified Writer MahestiDita

"penyuka warna hitam yang mudah sekali tertidur" ----- find me on instagram : mahestidita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya