Comscore Tracker

5 Etika Dasar saat Menjalin Asmara dengan Rekan Kerja, Profesional!

Jangan campur urusan pribadi dan kantor

Jatuh cinta itu indah dan tak bisa diatur kapan dan kepada siapa kita menjatuhkan hati kita. Namun biasanya kita cenderung jatuh cinta pada seseorang yang sering bertemu dan punya banyak momen dengan kita. Bisa saja teman sekelas, sahabat sendiri, bahkan kita bisa jatuh cinta dan menjalin hubungan dengan rekan kerja kita.

Nah, untuk menjalin hubungan cinta dengan rekan kerja, tentunya kita perlu memerhatikan beberapa etika dasar, agar hubungan tidak berpengaruh buruk bagi pekerjaan. Mau tahu apa saja etika dasar saat menjalin hubungan dengan rekan kerja? Yuk, simak informasi berikut ini!

1. Jaga profesionalitas kerja

5 Etika Dasar saat Menjalin Asmara dengan Rekan Kerja, Profesional!Ilustrasi karyawan bekerja efisien (pexels.com/thisisenginering))

Etika pertama dan yang terpenting dari menjalin hubungan cinta dengan rekan kerja adalah menjaga profesionalitas kerja. Apalagi jika kamu dan si dia ada di divisi yang sama dan harus berkomunikasi untuk kepentingan perusahaan setiap harinya, maka kamu perlu banget untuk menjaga profesionalitas kerja.

Kalau bisa anggap dia bukan kekasihmu saat sedang bekerja. Jika si dia membuat kesalahan, maka kamu harus menegurnya dan bekerja sesuai dengan standar operasional perusahaan, jangan saling melindungi apalagi saat berbuat salah.

2. Jangan bawa pertengkaran ke tempat kerja

5 Etika Dasar saat Menjalin Asmara dengan Rekan Kerja, Profesional!ilustrasi pasangan kekasih sedang bertengkar (poexels.com/timurweber)

Wajar jika pasangan kekasih bertengkar, karena pertengkaran terkadang adalah pertanda bahwa hubunganmu sehat karena kalian berdua memiliki perbedaan pendapat. Namun jangan sekali-sekali membawa pertengkaran kalian ke kantor.

Pertengkaran di tempat kerja biasanya akan berpengaruh pada kualitas pekerjaanmu. Kamu menjadi tidak fokus pada pekerjaanmu dan rasanya ingin buru-buru pulang ke rumah. Selain itu, pertengkaran kalian akan membuat rekan kerja tidak nyaman. Jadi jangan pernah membawa pertengkaran ke tempat kerja!

Baca Juga: 5 Ciri Rekan Kerja Pasif Agresif, Lingkungan Kerja Jadi Toxic

3. Jangan membicarakan masalah hubungan saat jam kerja

5 Etika Dasar saat Menjalin Asmara dengan Rekan Kerja, Profesional!ilustrasi berkencan di tempat kerja (freepik.com/drazenzigic)

Saat diterima bekerja, kamu dibayar untuk fokus pada kepentingan perusahaan. Jadi saat kamu punya hubungan cinta dengan rekan kerja, kamu perlu menjaga komunikasi kalian agar selalu profesional.

Menjaga komunikasi di tempat kerja sangat penting adanya, karena bakal berpengaruh pada kualitas pekerjaanmu. Walaupun kamu dan si dia punya masalah yang harus segera diselesaikan, usahakan dibicarakan selepas jam kerja, ya!

4. Usahakan hanya berkomunikasi masalah pekerjaan saja

5 Etika Dasar saat Menjalin Asmara dengan Rekan Kerja, Profesional!ilustrasi karyawan sedang memberikan ide (pexels.com/felicitytai)

Melanjutkan poin di atas, untuk tidak membicarakan masalah hubungan di tempat kerja, kalian hanya perlu berkomunikasi perihal masalah pekerjaan saja. Jika kamu dan si dia berada di divisi yang sama atau divisi yang berbeda namun mengharuskan kalian untuk selalu berkomunikasi, jangan pernah membicarakan masalah pribadi.

Dengan hanya berkomunikasi perihal masalah pekerjaan saja di tempat kerja, kamu bisa terhindar dari teguran pimpinan yang bisa saja menganggapmu hanya pacaran saja di tempat kerja. 

5. Miliki sirkel teman kantor sendiri

5 Etika Dasar saat Menjalin Asmara dengan Rekan Kerja, Profesional!ilustrasi karyawan sedang berdiskusi (freepik.com/pressphoto)

Etika terakhir yang perlu kamu perhatikan saat menjalin hubungan dengan rekan kerja adalah kamu perlu memiliki sirkel pertemanan sendiri di kantor. Artinya kamu gak perlu selalu bareng si dia saat jam istrihat atau acara kantor.

Memiliki sirkel pertemanan sendiri memberikan kamu space untuk dirimu sendiri, lho. Kamu juga bisa terhindar dari rasa bosan karena selalu bareng pacar. Selain itu, kamu bisa meminta masukan dan sering curhat dengan teman kerjamu, saat punya masalah dengan pasangan.

Walaupun terlihat sepele, lima etika dasar di atas sangat perlu kamu terapkan jika memiliki pasangan di tempat kerja yang sama. Intinya, kamu perlu menjaga profesionalitas kerja dan memisahkan masalah pribadi dengan pekerjaan, ya!

Baca Juga: 5 Langkah Bijak Selesaikan Konflik Hubungan, Evaluasi Lalu Intropeksi

Marissa Zefanya Photo Verified Writer Marissa Zefanya

Muggle.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya