Comscore Tracker

Sudah Menikah, 5 Alasan Kamu Sesekali Butuh Piknik Sendirian

Perangko dan amplop juga gak nempel terus kok #IDNTimesLife

Saat masih jomblo, kamu terbiasa pergi-pergi sendirian. Saat sudah punya pasangan atau sudah menikah, waktu untuk kamu bepergian sendiri tentu akan berkurang. Apalagi jika kalian sudah memiliki momongan.

Namun, pernahkah terpikir olehmu sesekali tetap pergi piknik sendirian untuk sejenak melepas penatnya aktivitas rumah tangga sehari-hari? Jika iya, gak perlu takut menjadi pasangan yang gak setia, ya!

Sekalipun gak banyak orang yang melakukannya, bukan berarti hal itu gak boleh atau sesuatu yang buruk untuk dilakukan, kok! Baca dulu nih lima alasannya dan diskusikan bersama pasanganmu!

1. Bukan berarti kamu malu atau gak mau piknik bareng pasangan

Sudah Menikah, 5 Alasan Kamu Sesekali Butuh Piknik SendirianIlustrasi piknik keluarga (unsplash.com/minusculemarie)

Hanya karena pada suatu momen kamu memutuskan untuk piknik sendirian, bukan berarti kamu gak ingin piknik bersama keluarga. Tentu saja ada agenda dan jadwal lain untuk hal itu. Bahkan termasuk dalam prioritasmu jika ada kesempatan libur.

Hanya saja, dari sekian banyak kesempatan libur, boleh dong kamu menggunakan salah satunya untuk dirimu sendiri? Itu bakal menjadi hadiah besar setelah rasa jenuh akibat semua rutinitas yang menjemukan, termasuk rutinitas bersama pasangan.

2. Toh, piknik sendirian bukan berarti kamu punya niat aneh-aneh

Sudah Menikah, 5 Alasan Kamu Sesekali Butuh Piknik SendirianIlustrasi piknik sendiri (unsplash.com/whoisbenjamin)

Mungkin ini yang paling dikhawatirkan oleh pasanganmu atau bahkan dirimu sendiri. Kamu khawatir bakal dituduh hendak berselingkuh dengan seseorang selama berpiknik.

Inilah sebabnya kamu dan pasangan perlu terlebih dahulu mendiskusikannya. Jangan langsung kabur saja, ya! Kalau rasa percaya di antara kalian kuat, seharusnya hal ini bukan masalah, sih. Toh, paling kepergianmu cuma untuk beberapa hari saja.

Baca Juga: Ada 160.029 Pasangan Menikah di Masa PPKM Darurat Level 3-4

3. Kadang kamu terlalu capek oleh segala urusan dan orang-orang di sekitarmu

Sudah Menikah, 5 Alasan Kamu Sesekali Butuh Piknik SendirianIlustrasi piknik sendiri (unsplash.com/daria97)

Siapa sih yang gak pernah jenuh oleh pekerjaan dan berbagai masalah sehari-hari? Juga soal tugas rumah tangga yang seperti gak ada akhirnya. Belum lagi tiada hari tanpa dikelilingi oleh sekian banyak orang.

Bahkan, di antara orang-orang yang kamu temui sehari-hari itu mungkin ada karakter yang toxic banget dan bikin kamu tertekan. Makanya, sesekali kamu butuh piknik sendirian buat menjaga kewarasanmu dan mengembalikan keseimbangan dalam hidupmu.

Dari yang biasanya terlalu ramai, sibuk, dan tergesa-gesa menjadi hening kembali dan lebih santai. Bahkan meski yang toxic bukan pasanganmu, gak ada salahnya untuk menyingkir dahulu dari semua orang yang kamu kenal.

4. Momen tepat untuk menguji kemandirianmu atau bertemu teman dan saudara

Sudah Menikah, 5 Alasan Kamu Sesekali Butuh Piknik SendirianIlustrasi piknik sendiri (unsplash.com/nekhaev)

Jangan tersinggung, ini bukan berarti kamu adalah orang yang manja, kok. Namun, gak bisa dipungkiri, sejak kamu menikah, ketergantunganmu pada pasangan memang jadi lebih tinggi, kan?

Tentu saja itu hal yang wajar. Tapi tidakkah kamu ingin mengetahui seberapa besarkah tingkat kemandirianmu saat ini? Apakah kamu bisa bertahan sehari atau dua hari tanpanya atau malah seketika merasa gak bisa ngapa-ngapain?

Selain itu, piknik sendirian juga menjadi momen tepat bila kamu hendak bertemu teman dan saudara. Bedanya dengan di rumah, kalian bakal bisa mengobrol lebih banyak dan melakukan banyak kegiatan seru. Serasa lajang lagi, deh!

5. Malah bisa merekatkan hubunganmu dengan pasangan, lho!

Sudah Menikah, 5 Alasan Kamu Sesekali Butuh Piknik SendirianIlustrasi pasangan (unsplash.com/hannahbusing)

Asal pasanganmu gak terlalu gampang cemburu, ini manfaat dari sesekali piknik sendirian yang bakal kalian dapatkan. Setelah beberapa hari gak ketemu kan bakal bikin kalian saling kangen banget, tuh!

Pun dengan ketiadaan pasangan selama beberapa hari, kalian malah jadi makin sadar betapa kalian selalu saling sayang dan membutuhkan. Namun ingat, yang butuh piknik sendirian bukan cuma kamu, ya!

Jangan sampai kamu malah gak kasih kesempatan untuk pasanganmu piknik sendirian. Itu namanya curang. Nanti cuma kamu yang bahagia sedangkan dianya awet tertekan.

Bagaimana, piknik tanpa pasangan ternyata bukan ide yang buruk, kan? Jangan lupa bawain oleh-oleh buat dia, ya!

Baca Juga: Perlu Hati-hati Nih! 10 Chat saat Cemburu Buta dengan Pasangan

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya