Comscore Tracker

5 Alasan Sebaiknya Gak Menikah Tanpa Cinta, Penuh Risiko!

Jangan cuma karena terpaksa ya

Siapa nih, yang sudah ingin segera menikah? Kalau sudah ada calon dan kalian saling mencintai, tentu gak ada keraguan lagi buat naik ke pelaminan. Namun buat kamu yang ingin lekas menikah tetapi belum punya calon, please, jangan asal menerima perjodohan!

Salah-salah, sisa hidupmu sedang dipertaruhkan. Makanya, selain harus berhati-hati, kamu juga gak boleh meremehkan ada atau tidaknya rasa cinta pada calon pasanganmu. Ayo, simak kenapa rasa cinta tetap penting sekalipun secara umum dia baik dan mapan.

1. Ada atau tidaknya cinta memengaruhi penerimaanmu akan keluarga besarnya

5 Alasan Sebaiknya Gak Menikah Tanpa Cinta, Penuh Risiko!Ilustrasi keluarga besar (unsplash.com/milltownphotography)

Sepakat ya, bahwa pernikahan bukan hanya tentang kalian berdua melainkan juga keluarga besar kalian? Jika kalian saling mencintai, kalian akan mudah menerima kondisi keluarga besar pasangan. Bahkan jika mereka sangat toksik.

Adanya rasa cinta yang besar membuatmu gak terlalu ambil pusing dengan kekurangan keluarganya. Kamu justru ada untuk menguatkan pasanganmu dan membuat hidupnya terasa lebih indah.

Akan tetapi bila kamu gak mencintainya, sedikit saja kekurangan dalam keluarganya bisa menjadi masalah besar bagimu. Dalam setiap cekcok, kamu akan mudah kehilangan kendali dan mempermasalahkan keluarganya. Tentu ini akan membuatnya sangat tersinggung.

2. Kebahagiaanmu juga penting, kan?

5 Alasan Sebaiknya Gak Menikah Tanpa Cinta, Penuh Risiko!Ilustrasi pasangan (unsplash.com/msohebzaidi)

Jika cinta bisa dipastikan tumbuh setelah menikah, tentu gak masalah. Namun pada kenyataannya, siapa yang bisa menjamin itu akan terjadi? Bahkan kamu sendiri sebenarnya juga gak yakin, kan?

Jadi kenapa harus bertaruh terlalu banyak? Kalau seiring waktu kamu bisa jatuh cinta padanya, hubungan kalian tentu menjadi bahagia. Akan tetapi, bagaimana jika tidak? Kebersamaan kalian justru akan terasa sebagai siksaan tak berkesudahan bagimu.

3. Menunggu sedikit lebih lama demi orang yang tepat akan setimpal

5 Alasan Sebaiknya Gak Menikah Tanpa Cinta, Penuh Risiko!Ilustrasi pasangan (unsplash.com/ulyana_tim)

Kamu tidak mencintai seseorang tentu ada alasannya. Bisa karena perasaanmu padanya gak lebih dari teman biasa. Namun bisa pula lebih penting dari itu, seperti sifatnya amat berbeda darimu bahkan dia punya sifat buruk yang sebenarnya gak bisa kamu toleransi.

Terbayang gak, bila kamu nekat menikah dengannya? Sudah pasti kamu gak bahagia seperti disebutkan dalam poin sebelumnya. Maka kenapa kamu tidak menunggu saja untuk seseorang yang lebih tepat?

Dicap telat menikah mungkin terdengar sangat buruk. Namun asal menikah dengan orang yang sejak awal sudah terasa gak cocok bagimu jauh lebih buruk lagi. Penderitaannya cuma kamu yang akan menanggungnya. Bukan orang-orang yang selama ini nyinyir soal status single-mu.

Baca Juga: Ada Sudah Menikah! 9 Adu Kece Raja Sinetron Cilik Era 2000-an

4. Meski bukan segalanya, adanya cinta adalah awal yang baik

5 Alasan Sebaiknya Gak Menikah Tanpa Cinta, Penuh Risiko!Ilustrasi pasangan (unsplash.com/mdesign85)

Gak bisa dimungkiri, membangun rumah tangga memang gak bisa cuma bermodalkan cinta. Harus ada pula kemampuan finansial, komitmen yang kuat, dan sebagainya. Namun jika kalian saling mencintai, lebih mudah untuk kalian saling mendukung.

Kalian jadi lebih bersemangat dalam mencari uang, lebih kompak dalam mengurus rumah tangga, dan lebih memiliki tanggung jawab pada anak-anak. Sementara menikah tanpa cinta tak ubahnya berdiri di tepi jurang, lebih banyak bahayanya.

5. Jangan sampai ketidakbahagiaanmu menyebabkan penderitaannya

5 Alasan Sebaiknya Gak Menikah Tanpa Cinta, Penuh Risiko!Ilustrasi pasangan (unsplash.com/samr1os_official)

Jangan meremehkan ketidakbahagiaanmu! Gak mungkin juga kan, kamu akan terus berpura-pura bahagia di depan semua orang? Apalagi di depan pasanganmu yang setiap hari bersamamu.

Raut wajahmu pasti gak enak buat dilihat. Sikapmu juga dingin. Bahkan ucapanmu menyakitkan hati dan bisa menciptakan pertengkaran hebat. Kalau sudah begini, kalian jadi sama-sama gak bahagia. Pernikahan kalian pun menjadi sia-sia.

Pernikahan memang gak sama dengan sekadar pacaran. Pertanggungjawabannya jauh lebih besar. Oleh karena itu, pikirkan baik-baik sebelum memutuskan. Kalau memang gak cinta, kenapa juga harus menikah? Jangan menyulitkan hidup sendiri, ya!

Baca Juga: 5 Tips Cepat Move On Setelah Ditinggal Mantan Menikah, Jangan Sedih!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya