Comscore Tracker

Biar Gaya Pacaranmu Tetap Masuk Akal, Terapkan 6 Aturan Ini 

Jangan berkorban terlalu banyak 

Punya pacar memang menyenangkan. Kalau gak menyenangkan, gak mungkin orang-orang termasuk kamu menjalaninya kan? Namun banyak banget yang cuma senang di awal lalu terlalu banyak bersedih bahkan terkena berbagai masalah justru lantaran hubungan asmara.

Salah satu penyebabnya karena dalam menjalani hubungan terlalu memperturutkan perasaan. Seperti lupa daratan. Kalau kamu gak ingin ini terjadi padamu, jagalah gaya pacaranmu biar tetap masuk akal dengan menerapkan 6 aturan berikut ini:

1. Jangan korbankan karier dan pendidikanmu demi lebih banyak waktu bersamanya 

Biar Gaya Pacaranmu Tetap Masuk Akal, Terapkan 6 Aturan Ini Unsplash.com/rizsam

Meski rasa cinta bikin kamu ingin menghabiskan sebanyak mungkin waktu bersama pacarmu, tetap sadari bahwa hidupmu gak cuma terdiri dari urusan asmara. Kamu punya pekerjaan yang gak boleh ditelantarkan atau pendidikan yang harus kamu jalani dengan sungguh-sungguh.

Ingat, hubunganmu dengannya bisa kandas kapan saja. Namun hasil kerja dan belajarmu akan menjadi tonggak dalam hidupmu untuk selama-lamanya. Saat hubunganmu dengannya kandas, kamu akan cukup baik-baik saja dengan karier yang mapan dan pendidikan yang lancar. Sebaliknya bila kedua hal itu hancur, gak ada masa depan buat hubungan kalian maupun dirimu sendiri.

2. Sekalipun dunia sedang terasa milik berdua, sadari bahwa orang-orang mungkin risi dengan kemesraan kalian 

Biar Gaya Pacaranmu Tetap Masuk Akal, Terapkan 6 Aturan Ini Unsplash.com/bocharov

Apakah kamu sering kesal jika ada orang yang menegur gaya pacaranmu yang pamer kemesraan di mana-mana? Kalau ya, mulai sekarang pikirkan lagi baik-baik. Ketimbang menuduh mereka iri atau jomblo akut, sadarilah bahwa kemesraanmu dengan pacar di tempat umum hanya memperburuk kesan orang lain tentang kalian.

Kalian jelas kurang tahu tata krama. Pun jika di hadapan orang banyak tingkah kalian seperti itu, bagaimana jika sedang berdua saja? Lagi pula, nanti kamu malu sendiri saat hubungan kalian berakhir atau sedang ada masalah. Biasa pamer kemesraan, bukan gak mungkin kalian juga akan mengumbar permasalahan dengan ribut-ribut di muka umum.

3. Hanya karena sudah punya pacar, bukan berarti kamu gak butuh teman 

Biar Gaya Pacaranmu Tetap Masuk Akal, Terapkan 6 Aturan Ini Unsplash.com/zacharytnelson

Ini yang sering bikin kamu tampak aneh setelah pacaran. Kamu selalu berdua saja dengannya seolah-olah kamu gak membutuhkan teman-temanmu lagi. Gaya pacaran seperti ini terancam bikin hidupmu gak berkembang. Banyak informasi penting dari teman-temanmu menjadi terlewat begitu saja.

Sekalipun pacarmu selalu bisa membahagiakanmu, tetap seimbangkan antara hubungan asmara dengan pertemanan. Biar kamu gak seperti mengucilkan diri. Nanti kalau kamu lagi gak akur dengan pacarmu atau malah putus, kamu merasa kikuk saat hendak kembali menyapa teman-temanmu.

Baca Juga: 5 Tips Mengusir Rasa Bosan akibat Pacaran Terlalu Lama, Catat!

4. Tetap prioritaskan keluarga ketimbang pacar 

Biar Gaya Pacaranmu Tetap Masuk Akal, Terapkan 6 Aturan Ini Unsplash.com/cdc

Keluargamu sudah ada untukmu bahkan sejak kamu masih dalam kandungan. Sementara pacarmu adalah orang baru dalam hidupmu. Secara logika, mana yang akan lebih setia padamu dalam senang maupun susah, sehat maupun sakit? Tentu keluargamu, kan?

Sudah pasti yang terbaik adalah bila kamu bisa menyeimbangkan keduanya. Sebab boleh jadi pacarmu juga akan menjadi pasanganmu sehidup semati. Yang harus dihindari adalah mengabaikan keluargamu sendiri demi pacar.

Misal, orangtua sakit dan butuh diantar atau ditunggui di rumah sakit tetapi kamu lebih memilih mengantar jemput pacarmu yang sehat dan muda. Dalam situasi seperti ini, jika dia sosok terbaik untukmu, dia akan mendorongmu untuk mengutamakan orangtuamu.

5. Kamu dan dia harus tetap punya kewenangan dalam hidup masing-masing 

Biar Gaya Pacaranmu Tetap Masuk Akal, Terapkan 6 Aturan Ini Unsplash.com/xokvictor

Saling curhat dan meminta atau memberi saran sudah pasti lumrah dilakukan. Namun pastikan kalian tetap tahu porsi masing-masing. Misalnya, tentang pekerjaan. Pekerjaanmu jelas kamu yang paling tahu. Demikian pula ia dengan pekerjaannnya. Maka pastikan masing-masing gak terlalu jauh mencampuri.

Dengan dalih apa pun, terlalu jauh mencampuri bisa membuatmu maupun dirinya merasa kurang berkompeten di bidang yang ditekuni. Jalani saja sendiri-sendiri. Cukup saling mendengarkan curahan hati dan memberi saran bila diperlukan. Jangan ada yang berambisi untuk mengatur apalagi menjadi pengambil keputusan di perkara yang bukan kewenangannya.

6. Gak perlu salah satu berperan sebagai penanggung jawab semuanya, termasuk soal bayar makanan 

Biar Gaya Pacaranmu Tetap Masuk Akal, Terapkan 6 Aturan Ini Unsplash.com/camilacordeiro

Inilah pentingnya kamu dan dia punya penghasilan masing-masing. Biar ongkos pacaran gak cuma ditanggung satu orang. Memang kesetaraan bukan cuma perkara uang, namun hal ini akan membuat posisi kalian dalam hubungan lebih setara dan akhirnya bisa lebih saling memahami. 

Kalian gak perlu bermain peran seolah-olah yang satu pahlawan, satu lagi korban yang selalu harus diselamatkan dan dilindungi. Nanti masing-masing merasa capek. Yang kebagian tugas menjadi pahlawan super kehabisan energi dan waktu demi selalu ada untuk pacar. Yang berperan sebagai korban merasa terkekang dan jenuh seolah-olah dia gak bisa melakukan apa-apa.

Walaupun berpacaran kental dengan urusan hati, menjalani hubungan dengan lebih masuk akal bagus untuk kalian. Itu bahkan bisa membuat hubungan langgeng. Sudah siap menerapkannya?

Baca Juga: Ini 5 Hal yang Bisa Bikin Hubungan Putus di Awal Pacaran

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya