Comscore Tracker

Gebetan Naksir Sahabatmu? Ini Do's and Don'ts yang Wajib Kamu Tahu 

Urusan hati memang gak bisa dipaksakan

Saat kamu suka pada seseorang, secara alami kamu akan gampang cemburu bila dia dekat orang lain. Kamu langsung bertanya-tanya siapa orang itu dan sejauh mana hubungan mereka. Tetapi masalahnya, bagaimana jika orang yang didekati gebetanmu justru sahabatmu sendiri?

Ya, orang yang hampir selalu bersamamu dan jadi tempat curhatmu selama ini. Wah, hatimu pasti langsung tercabik-cabik ya? Cemburu sudah jelas. Tetapi saat hati mulai panas, pastikan kepala tetap dingin. Biar gak gegabah bertindak, jadikan 5 hal ini sebagai panduan:

1. Sadari bahwa gebetanmu punya hak penuh atas perasaannya 

Gebetan Naksir Sahabatmu? Ini Do's and Don'ts yang Wajib Kamu Tahu Pexels.com/minan1398

Gak cuma gebetanmu sebenarnya. Semua orang juga. Jadi kamu harus bisa menghargainya. Lagi pula, dia juga gak bisa memilih pada siapa akan jatuh cinta, kan?

Sama seperti kamu yang naksir dia dan bukan orang lain, dia juga tahu-tahu saja naksir sahabatmu dan bukan kamu. Pahit sih, tetapi inilah kenyataannya. Kamu gak bisa mengintervensi perasaan orang lain.

2. Jangan berusaha mengubah rasa sukanya pada sahabatmu menjadi benci dengan menjelek-jelekkannya 

Gebetan Naksir Sahabatmu? Ini Do's and Don'ts yang Wajib Kamu Tahu Pexels.com/polina-zimmerman

Hayo, jujur saja. Mungkin inilah keinginan yang seketika menyeruak dari hatimu saat tahu dia sedang melakukan pendekatan pada sahabatmu. Sebagai orang terdekat, jelas kamu paling tahu kelebihan dan kekurangan sahabatmu. Kalau kamu mau membumbuinya biar lebih banyak negatifnya ketimbangnya positifnya, kamu berpikir gebetanmu akan percaya saja.

Duh, jangan sampai kamu mewujudkan niat jahatmu ya? Jika kamu melakukannya, ini tak ubahnya peribahasa karena nila setitik, rusak susu sebelanga. Cuma karena cinta segitiga, kamu menghapus kebaikan-kebaikan sahabatmu selama ini. Pun bisa jadi gebetanmu malah menilaimu sahabat yang buruk. Sebab logikanya, sahabat yang baik gak akan mengumbar aib. Nanti dia malah bersikap anti padamu.

3. Kalau mereka jadian, gak usah coba-coba jadi orang ketiga 

Gebetan Naksir Sahabatmu? Ini Do's and Don'ts yang Wajib Kamu Tahu Pexels.com/enginakyurt

Mereka bisa sampai jadian mungkin karena dua hal. Pertama, sahabatmu memang gak tahu kalau kamu naksir dia. Kedua, sahabatmu tahu tetapi apa boleh buat, dia sebenarnya juga suka padanya. Maka ketika gebetanmu mengungkapkan perasaannya, sahabatmu merasa gak mungkin membohongi diri sendiri.

Penyebab pertama saja bikin kamu merasa hancur, apalagi yang kedua. Kamu pasti merasa dikhianati oleh sahabat sendiri. Namun kamu harus ingat poin pertama. Kamu gak bisa mengintervensi perasaan siapa pun. Kalau keduanya sama-sama cinta, belajarlah menerima bahwa kamu mungkin memang gak berjodoh dengan gebetanmu.

Baca Juga: 7 Penjelasan Ilmiah Kenapa Banyak Pasangan Wajahnya Mirip, Muka Jodoh!

4. Sementara menjaga jarak dari sahabatmu boleh, tetapi gak perlu memutuskan pertemanan 

Gebetan Naksir Sahabatmu? Ini Do's and Don'ts yang Wajib Kamu Tahu Pexels.com/olly

Setiap muncul keinginan untuk mengakhiri persahabatan kalian, ingat-ingat lagi semua momen terbaik yang pernah kalian lalui. Saat sahabatmu menguatkanmu ketika kamu terpuruk atau merasa gak yakin akan sesuatu. Saat dia selalu bisa ikut berbahagia atas kebahagiaanmu.

Paham kok, ini memang ujian besar buat persahabatan kalian. Namun jika sampai kamu memutuskan pertemanan, belum tentu kamu akan mendapatkan sahabat baru sebaik dirinya. Bahkan meski dia sampai jadian dengan gebetanmu seperti dalam poin 3, saling mencintai memang bukan sebuah dosa, kan? Ingat, si dia hanyalah gebetanmu, belum terikat denganmu.

5. Jangan terobsesi cepat-cepat mencari pasangan sekadar untuk membalas dendam pada sahabatmu 

Gebetan Naksir Sahabatmu? Ini Do's and Don'ts yang Wajib Kamu Tahu Pexels.com/serj

Kalau kamu tergesa-gesa mencari pasangan, mungkin kamu hanya akan terjebak dalam hubungan yang gak sehat. Kamu gak lagi mengutamakan kualitas diri pasanganmu melainkan tujuan utamamu hanyalah membuktikan diri pada sahabatmu. Ini kekanak-kanakan banget sih.

Sebab kalau sampai kamu terjebak dalam hubungan yang gak sehat, kamu sendiri yang rugi. Keluar dari hubungan seperti itu gak gampang lho. Menerima kenyataan gebetanmu menyukai sahabatmu memang gak mudah. Apalagi kalau sampai mereka jadian.

Tetapi jadikan ini momen untuk menunjukkan kedewasaanmu. Bagaimanapun, cinta memang gak bisa dipaksakan bukan? Lekas move on ya!

Baca Juga: 5 Tanda Simpel Gebetan Hanya Menganggapmu Teman, Jangan Baper Dulu

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya