Comscore Tracker

Meski Cinta, 6 Hal Ini Bisa Bikin Dia Mundur dari Hidupmu 

#IDNTimesLife Posisimu di mana? 

Seiring bertambahnya umur, kamu akan tahu bahwa mencintai kadang gak sederhana. Ada kalanya cintamu gak berbalas. Ada kalanya berbalas, tetapi ternyata gak bisa dibawa sampai ke pernikahan meski sudah berjuang.

Sedih itu pasti. Beberapa orang bahkan bisa menyimpan rasa cintanya begitu lama, mungkin sampai seumur hidupnya. Jadi penasaran, apa yang bisa membuat orang memutuskan mundur dari hidupmu sekalipun cintanya gak berkurang sedikit pun? Baca sampai habis ya!

1. Kamu terlalu sulit didekati 

Meski Cinta, 6 Hal Ini Bisa Bikin Dia Mundur dari Hidupmu Unsplash.com/sharon_christina

Bahkan pejuang cinta yang paling tangguh pun lama-kelamaan bisa menyerah. Sulitnya kamu didekati bisa diartikannya sebagai kamu memang benar-benar gak punya tempat untuknya. Jangan tanyakan besar cintanya karena itu hanya akan menyakitinya.

Justru karena dia sangat mencintaimu, dia gak ingin terkesan terlalu memaksamu. Dia ingin memberimu keleluasaan dan dia sendiri akan belajar lebih terbuka pada segala kemungkinan terkait jodohnya kelak.

2. Ada mimpi yang harus dikejar 

Meski Cinta, 6 Hal Ini Bisa Bikin Dia Mundur dari Hidupmu Unsplash.com/thinspacesproductions

Ini bisa berarti mimpinya, bisa juga mimpimu. Siapa pun yang merasa harus mengejar mimpi, barangkali komunikasi di antara kalian gak bisa lagi mencapai titik temu. Misal, dia ingin terlebih dahulu mencapai mimpinya sedangkan kamu ingin segera menikah.

Atau sebaliknya. Jika kedua hal itu bisa dilakukan bersamaan, tentu gak akan menjadi masalah. Akan tetapi bila gak mungkin, maka orang harus memilih. Dengan berat hati, dia bisa saja memilih mengejar mimpinya karena yakin kalau jodoh gak akan ke mana.

3. Ada perbedaan yang terlalu mendasar 

Meski Cinta, 6 Hal Ini Bisa Bikin Dia Mundur dari Hidupmu Unsplash.com/impatrickt

Perbedaan keyakinan, misalnya. Selama masih sebatas pacar, ini mungkin gak terasa sebagai masalah. Namun saat hendak membawa hubungan ke pernikahan, ini bisa menjadi sandungan besar.

Kalian mungkin saling mendesak, siapa yang harus mengalah dan mengikuti keyakinan pasangan. Atau mungkin kalian tetap gak ada masalah soal itu, tetapi keluarga besar gak bisa menerimanya.

Baca Juga: 5 Hal yang Akan Memperparah Sakit Hatimu Pasca Putus Cinta, Apa Saja?

4. Gak kunjung mengantongi restu orangtua 

Meski Cinta, 6 Hal Ini Bisa Bikin Dia Mundur dari Hidupmu Unsplash.com/callumshaw

Terlalu banyak hal yang bisa membuat restu orangtua gak kunjung didapatkan. Bahkan meski kalian berdua sebenarnya sudah dewasa untuk memutuskan segala hal terkait pilihan hidup dan menanggung risikonya.

Bisa karena perbedaan keyakinan seperti dalam poin 3. Bisa juga semata-mata urusan suka atau gak suka. Mungkin orangtua bahkan sudah punya pilihan sendiri untuk calon menantunya alias berusaha menjodohkan anak.

5. Merasa dirinya gak layak bersanding denganmu 

Meski Cinta, 6 Hal Ini Bisa Bikin Dia Mundur dari Hidupmu Unsplash.com/tzk

Perasaan gak setara memang bikin minder. Terlebih jika kenyataannya memang begitu. Entah dipandang dari latar belakang pendidikan atau kekayaan. Bahkan jika kamu gak mempermasalahkannya, dia bisa tetap khawatir kelak kamu akan menyesali keputusanmu.

Dia juga merasa gak bisa membahagiakanmu atau bikin kamu bangga. Daripada kelak menjadi masalah, dia memilih mundur saja dan mencari pasangan yang lebih setara dengannya. Kalau begini, ikhlaskan saja ya? Mungkin jodohmu memang bukan dia.

6. Sadar gak mungkin bisa memilikimu

Meski Cinta, 6 Hal Ini Bisa Bikin Dia Mundur dari Hidupmu Unsplash.com/apollo_photo

Cintanya padamu gak kurang-kurang. Namun kamu sudah punya pasangan dan sangat bahagia dengan hubungan itu. Jadi gak ada celah untuknya, kan? Bahkan jika dia nekat menghancurkan hubungan kalian, itu sama artinya dengan menyakitimu.

Jadi, dia harus belajar menerima kenyataan dan menyimpan cintanya. Perlahan tetapi pasti, dia mungkin akan menarik diri dari hidupmu. Menjauh, biar dia sendiri bisa mengalihkan perhatiannya darimu.

Sungguh beruntung jika perjalanan cintamu begitu mulus. Kamu mencintai seseorang, dia juga mencintaimu, lalu kalian bersatu dan bahagia selamanya. Namun jika kamu justru sedang mengalami situasi seperti di atas, tabah ya! Akan ada hari untuk cintamu berlabuh di tempat yang tepat.

Baca Juga: Bangkitkan Semangat Hidupmu dengan 5 Hal Ini setelah Putus Cinta

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya