Comscore Tracker

5 Hal yang Bikin Pasangan Sulit Menerima Kekuranganmu 

Gak selalu karena dia banyak tuntutan 

Memang ada orang yang suka sekali menuntut pasangannya agar menjadi sosok yang sempurna. Jangankan pada pasangan, sama siapa pun dia sulit untuk menoleransi kekurangannya. Tetapi kadang-kadang, kesalahan juga datang dari kamu sendiri lho.

Gak percaya? Simak nih, 5 andil dari dirimu sendiri yang bikin dia sulit menerima sisi lemahmu.

1. Selama ini kamu selalu berusaha tampil sempurna 

5 Hal yang Bikin Pasangan Sulit Menerima Kekuranganmu Unsplash.com/brookecagle

Saat kita jatuh cinta pada seseorang, kita memang cenderung ingin terlihat sempurna di hadapannya. Yah, biar dia terpikat kan? Namun jangan kebablasan ya? Bagaimanapun, kamu tetap manusia biasa. Jangan sampai setelah hubungan kalian berjalan beberapa lama, sifat-sifat aslimu muncul termasuk yang menjadi kekuranganmu, lalu dia kaget dan kecewa berat.

2. Kamu sendiri merasa insecure dengan kekuranganmu

5 Hal yang Bikin Pasangan Sulit Menerima Kekuranganmu Pexels.com/quang-th-nh-1858370

Kelemahan diri memang gak bikin bangga. Bukannya bikin bangga, malah kadang bikin malu. Beda banget dari kelebihan. Tetapi keduanya memang selalu ada dalam diri setiap orang bukan?

Jadi paling gak, kamu gak perlu merasa insecure karena kekuranganmu. Sebab yang bikin dia jadi gak nyaman banget denganmu mungkin bukan kekuranganmu melainkan rasa gak amanmu itu. Belajar lebih santai dan menerima diri sendiri, ya?

3. Kamu gak ada tanda-tanda mau belajar mengubah yang bisa diubah 

5 Hal yang Bikin Pasangan Sulit Menerima Kekuranganmu Pexels.com/d-ng-nhan-324384

Hati-hati, terlalu pasrah bisa merusak pesonamu lho. Dia paham gak semua sifat yang kurang baik atau apa pun yang menjadi kekuranganmu bisa diubah sampai menjadi sebaliknya. Tetapi kamu juga harus melihat kembali, apakah kekuranganmu sudah benar-benar gak bisa diapa-apakan lagi atau sebetulnya kamu cuma malas?

Jangan sedikit-sedikit bilang, “Ah, aku memang gak bisa kalau soal itu. Itu kan, kelemahanku.”

Sampai akhirnya dia mencatat kelemahanmu terlalu banyak, gak masuk akal. Kalau memang kamu mencintainya, seharusnya kamu bertekad untuk menjadi versi terbaik dari dirimu. Bukan dengan berlagak sempurna melainkan jangan seperti memaksanya menerima rendahnya kualitas dirimu.

Baca Juga: 5 Tanda Kuat Jika Kamu Termasuk Orang yang Mudah Jatuh Cinta, Cek Yuk!

4. Kamu gak memaksimalkan kelebihanmu buat mengimbangi kekuranganmu 

5 Hal yang Bikin Pasangan Sulit Menerima Kekuranganmu Unsplash.com/sannisahil

Kalau di poin 3 kamu harus mau mengubah yang bisa diubah, sekarang kita bicarakan kekurangan-kekuranganmu yang sudah gak bisa diotak-atik. Jangan khawatir, kekurangan jenis ini juga ada dalam diri siapa pun kok.

Yang bikin kamu tampak gak banget adalah sudah tahu kamu punya beberapa kekurangan yang gak bisa diperbaiki, tetapi kamu juga gak mengasah kelebihanmu sampai berkilau. Kalau kamu bisa memaksimalkan kelebihanmu, perhatian pasanganmu akan tertuju ke sini. Kekuranganmu sudah gak penting lagi baginya.

5. Kekuranganmu membahayakannya 

5 Hal yang Bikin Pasangan Sulit Menerima Kekuranganmu Unsplash.com/xoutcastx

Contohnya, sifat gampang marah. Mudahnya emosimu meledak bikin dia mengkhawatirkan keselamatannya jika hidup bersamamu. Sekalipun yang sudah-sudah kamu cuma marah-marah secara verbal, bukan gak mungkin suatu saat kamu akan melakukan kekerasan fisik.

Kalaupun kamu bisa menahan diri untuk gak sampai melakukan kekerasan fisik, ketegangan psikis yang dialaminya dalam jangka panjang juga sama buruknya. Maka dia memilih buat gak menoleransinya sejak sekarang.

Semua orang memang punya kekurangan. Tetapi jangan paksa orang lain menerimamu apa adanya jika kamu belum berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik ya? Selamat memperbaiki diri!

Baca Juga: Percaya Cinta Sejati, 5 Zodiak yang Jatuh Cinta Sekali Seumur Hidup 

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya