Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Pahami dari Cinta Tak Harus Memiliki

#IDNTimesLife Sudah maksimal memperjuangkannya?

Rasanya, siapa pun sudah gak asing lagi dengan kalimat 'cinta tak harus memiliki', ya? Memang urusan jodoh bukan di tanganmu. Sudah berusaha seperti apa pun untuk mendapatkan hati gebetan, kalau dia bukan jodohmu pasti akan terlepas juga.

Namun jangan pula kamu salah memahami kalimat itu dan menjadikannya pembenaran untuk lekas menyerah dalam memperjuangkan cinta. Penasaran kan, apa makna sesungguhnya dari cinta tak harus memiliki? Nih, simak ulasan selengkapnya.

1. Harus tetap diperjuangkan dong

5 Hal yang Harus Kamu Pahami dari Cinta Tak Harus MemilikiIlustrasi mendekati gebetan (unsplash.com/ijihao)

Jangan sampai berjuang saja belum, sudah mantap banget bilang cinta tak harus memiliki. Kalau begini sih, wajar saja kamu gak kunjung menemukan jodohmu. Bahkan jangan-jangan, nembak dia pun belum?

Wah, bagaimana dia akan tahu kalau kamu menyukainya? Gak cuma nembak, kamu juga perlu melakukan pendekatan dan menunjukkan bahwa kamu bersungguh-sungguh padanya. Meski gak boleh sampai membuatnya risi, kamu juga jangan cepat menyerah.

Sekalipun ditolak, jangan langsung menjauhinya. Katakan padanya bahwa kamu menghargai penolakannya. Namun jika suatu saat dia berubah pikiran, kamu masih menunggunya dan akan sangat bahagia.

Cobalah berteman baik dengannya. Biar kapan-kapan kalau waktunya sudah dirasa tepat dan dia juga telah lebih nyaman denganmu, kamu bisa nembak lagi. Namanya memperjuangkan cinta, memang butuh kesabaran.

2. Kalau sudah diperjuangkan tetap tak teraih, baru belajar menerima

5 Hal yang Harus Kamu Pahami dari Cinta Tak Harus MemilikiIlustrasi pria bersedih (unsplash.com/jmason)

Seperti disebutkan di awal, sekeras apa pun kamu berusaha, kalau memang dia bukan jodohmu tentu kamu harus belajar menerima. Jangan malah bertindak penuh pemaksaan. Bukannya menyukaimu, dia malah akan takut padamu.

Bahkan sikapmu membuatnya ingin cepat-cepat menjalin hubungan dengan orang lain biar kamu gak mengganggunya lagi. Kesedihanmu sangat bisa dipahami. Cinta tak berbalas memang terasa menyakitkan. Apalagi kalau gak lama kemudian dia jalan sama yang lain.

Rasanya perih banget dan ingin menggugat takdir. Namun inilah hidup, kamu gak bisa memaksa orang lain memiliki perasaan yang sama denganmu. Hanya karena kamu cinta banget sama dia, bukan berarti dia harus cinta juga padamu.

3. Jangan menyiksa diri dengan bertekad menjomblo seumur hidup

5 Hal yang Harus Kamu Pahami dari Cinta Tak Harus MemilikiIlustrasi pria muda (unsplash.com/stiffduc)

Duh, kayak baru pertama kali jatuh cinta saja. Coba diingat-ingat lagi. Bukankah pengalaman selalu menunjukkan hari ini patah hati, kapan-kapan jatuh cinta lagi pada orang lain? Jadi, gak usah lebay, ya!

Kamu bertekad melajang seumur hidup sebenarnya urusan pribadimu. Gak ada yang merasa dirugikan dan dunia akan tetap berjalan baik-baik saja. Hanya saja kalau sampai kamu menolak dicintai sekalipun kamu sebenarnya juga telah jatuh cinta lagi, kamu sendiri yang rugi.

Kamu membesar-besarkan rasa traumamu akan cinta. Kamu juga mendramatisasi perasaanmu pada seseorang di masa lalu. Padahal seandainya sekarang dia berdiri di hadapanmu, kamu juga belum tentu masih ingin menjadi pasangannya. Ya, kan?

Baca Juga: 6 Zodiak yang Cepat Move-on, Mudah Jatuh Cinta Lagi

4. Namun jangan pula sebatas menjadikan orang lain obat dari kesedihanmu

5 Hal yang Harus Kamu Pahami dari Cinta Tak Harus MemilikiIlustrasi seorang wanita (unsplash.com/jackson_schaal)

Sekalipun kamu gak perlu mempersulit diri dengan janji akan melajang seumur hidup demi mengabadikan cintamu pada seseorang di masa lalu, gak perlu juga terburu-buru. Yang terjadi nanti asal menjalin hubungan dengan seseorang sekalipun kamu gak mencintainya.

Ingat, jangan jadi penjahat hati, ya! Mentang-mentang kamu tahu seseorang sangat mencintaimu, kamu lantas memanfaatkannya dengan cepat-cepat memacari bahkan menikahinya. Untuk sesaat, kamu mungkin berhasil melambungkan perasaannya.

Akan tetapi, jika kamu gak bisa secepat kilat menumbuhkan rasa cinta yang tulus untuknya, kamu hanya akan melukai orang yang gak bersalah padamu. Gak ada yang suka cuma dijadikan pelarian oleh orang yang sedang patah hati.

5. Jangan pernah berusaha membuat orang yang dicintai gak bahagia dengan pilihan hidupnya

5 Hal yang Harus Kamu Pahami dari Cinta Tak Harus MemilikiIlustrasi seorang wanita (unsplash.com/iam_os)

Sudahlah, kalau memang kalian gak berjodoh, lanjutkan hidup masing-masing. Memang gak mudah untuk menjalankannya, terlebih di awal-awal. Akan tetapi, itulah yang terbaik untuk kalian.

Baik kamu maupun dirinya berpeluang menemukan orang yang lebih tepat menjadi pasangan kalian. Jangan malah kamu berusaha untuk terus mengusik hubungannya dengan seseorang. Kurang kerjaan banget!

Atau, kamu lantas memacari sebanyak mungkin orang hanya untuk mengolok-olok dirinya yang awet jomblo selepas menolak cintamu. Memangnya dia sepeduli itu padamu? Gak! Kamu masih mendendam padanya sedangkan dia santai-santai saja dengan hidupnya.

Jika kelima hal di atas sudah kamu pahami, kalimat 'cinta tak harus memiliki' gak lagi menjadi sekadar pembenaran untukmu yang gak punya nyali memperjuangkan cinta. Sekaligus, menjadi titik tolak untukmu segera move on.

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Mudah Jatuh Cinta dengan Kenalan Lewat Media Sosial

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya