Comscore Tracker

5 Hal yang Dapat Mengubah Cinta Jadi Benci, Bukan Cuma Salahnya!

Selamat tinggal kenangan manis

Ketika kamu jatuh cinta, kerap kali kamu berpikir terlalu naif tentang hubungan yang terjalin kemudian. Kamu yakin cintamu padanya akan abadi, tak mungkin berkurang, apalagi berubah menjadi kebencian.

Bukannya hendak meragukan cintamu, tapi mungkin saja perasaanmu padanya berubah total tanpa sempat direncanakan. Mengapa itu bisa terjadi? Berikut lima penyebabnya yang bisa kamu antisipasi dari sekarang.

1. Pengkhianatan

5 Hal yang Dapat Mengubah Cinta Jadi Benci, Bukan Cuma Salahnya!ilustrasi pasangan (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Jika dia membalas kesetiaanmu padanya dengan pengkhianatan, bisakah kamu memaafkannya? Ketika kamu baru membayangkannya mungkin sepertinya itu bukan masalah besar.

Namun setelah benar-benar terjadi, pasti bakal sulit untukmu mengampuninya. Apalagi kalau demi mengejar cinta orang lain, dia banyak merugikanmu. Sama halnya seperti menelantarkan keluarga bahkan membawa lari semua uangmu.

Wah, rasanya tak ada lagi cinta yang tersisa untuknya. Bukannya membukakan pintu maaf, kamu justru berandai-andai bila saja kalian tak pernah bertemu.

2. Baru tahu sifat aslinya

5 Hal yang Dapat Mengubah Cinta Jadi Benci, Bukan Cuma Salahnya!ilustrasi pasangan (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Sulit untuk merangkum seluruh sifat seseorang hanya dalam beberapa bulan atau satu dua tahun. Ketika masa pacaran, semua yang tampak darinya barangkali masih sisi-sisi baiknya saja.

Kalaupun ada kekurangannya yang kamu ketahui, itu masih belum seberapa dibandingkan dengan sifat aslinya. Kamu tidak menyangka sifat aslinya akan seburuk ini. Misalnya, suka bersikap kasar termasuk saat berhubungan seks sehingga kamu hanya kesakitan.

Baca Juga: 5 Hal yang Gak Boleh Kamu Lakukan jika Sayang dan Cinta Pasangan

3. Kamu terima kekurangannya, tapi dia gak melakukan hal yang sama

5 Hal yang Dapat Mengubah Cinta Jadi Benci, Bukan Cuma Salahnya!ilustrasi berpelukan (pexels.com/cottonbro)

Rasa tidak adil dalam hal apa pun memang perkara yang sensitif bagi semua orang. Apalagi ketika ketidakadilan itu dilakukan oleh orang terdekat. Tak terkecuali oleh pasanganmu dan terkait hal yang mendasar yaitu penerimaannya atas dirimu.

Kamu tidak pernah mempersoalkan kekurangan dirinya. Kamu belajar menerimanya sebagaimana kamu menerima kelebihannya. Akan tetapi, dia tak dapat melakukan hal yang sama.

Kekuranganmu yang kecil pun dipermasalahkannya. Apalagi kekurangan yang lebih besar. Kekurangan diri dipersoalkan sekali saja bisa bikin tersinggung. Ini malah terus-terusan.

4. Apakah kamu jatuh cinta pada orang lain?

5 Hal yang Dapat Mengubah Cinta Jadi Benci, Bukan Cuma Salahnya!ilustrasi pasangan (pexels.com/cottonbro)

Nah, ternyata berubahnya cinta menjadi benci tak melulu karena kesalahan pasanganmu, lho. Kamu pun dapat menjadi biang keladinya. Bukan dia yang berbuat serong, melainkan kamu ada hati dengan yang lain.

Kian besar ambisimu untuk memiliki orang itu, kamu juga akan kian membenci pasanganmu saat ini. Dia terasa makin jauh dari kesempurnaan dan menjadi penghalang untuk kamu dapat berhubungan dengan orang itu.

5. Terlalu banyak ekspektasi yang ketinggian

5 Hal yang Dapat Mengubah Cinta Jadi Benci, Bukan Cuma Salahnya!ilustrasi pasangan (pexels.com/Ron Lach)

Apa saja harapanmu terkait hubungan kalian? Hati-hati dalam mengembangkan harapan, ya. Salah-salah segunung harapan itu justru merusak keindahan hubungan kalian.

Contohnya, kamu terlalu berekspektasi dirinya menjadi sosok yang selalu membahagiakanmu. Saat dia tak mampu membahagiakanmu dengan cara yang kamu mau, perlahan-lahan rasa cintamu bisa berubah menjadi benci.

Kamu terdorong untuk menyalahkannya atas setiap ketidakbahagiaan yang dirasakan. Padahal, semua berawal dari ekspektasimu sendiri. Kenapa tidak belajar menurunkannya saja, sih?

Benci dapat berubah menjadi cinta setelah kamu lebih mengenal sisi baik seseorang. Namun, jangan terlena karena ternyata cinta pun bisa lenyap dalam sekejap dan berubah menjadi sikap anti. Rawatlah cinta dan hubungan kalian.

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Alami Self Loathing, Terlalu Membenci Diri Sendiri

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya