Comscore Tracker

5 Komentar Gak Perlu Saat Tahu Sahabatmu Baru Putus, Bikin Kesal! 

Meski niatmu baik, bisa diterimanya berbeda

Saat kamu tahu sahabatmu baru putus dari pacarnya, tentu kemungkinan besar kamu gak akan diam saja kan? Terlebih jika memang sahabatmu sendiri yang memberitahumu. Kamu pasti akan merespons kabar darinya.

Karena ini situasinya sedang sedih dan sensitif, kamu harus ekstra hati-hati kalau mau berkomentar. Jangan sampai komentarmu malah bikin hatinya makin kacau. Seperti komentar di bawah ini:

1. “Duh, padahal kalian pacarannya sudah lama. Sayang banget lho.” 

5 Komentar Gak Perlu Saat Tahu Sahabatmu Baru Putus, Bikin Kesal! Pexels.com/amina-filkins

Lamanya waktu berpacaran adalah satu hal. Tetapi di samping itu juga ada masalah yang gak bisa diabaikan. Bahkan mungkin masalahnya bertumpuk-tumpuk. Kalau soal merasa sayang, tentu sahabatmu yang lebih merasakannya.

Dia dan pacarnya juga gak mungkin begitu saja memutuskan berpisah. Itu pasti pilihan terakhir setelah segala cara ditempuh. Komentarmu yang menyayangkan keputusan mereka karena mereka sudah lama berpacaran hanya akan membuat sahabatmu merasa disudutkan.

Seolah-olah kamu sebenarnya cuma mau bilang dia sudah keliru memutuskan dan menyia-nyiakan waktu bersama pacarnya selama ini. Padahal siapa juga sih, yang mau bubar begini setelah begitu lama pacaran?

2. “Kok bisa? Padahal kalian cocok banget lho.” 

5 Komentar Gak Perlu Saat Tahu Sahabatmu Baru Putus, Bikin Kesal! Pexels.com/olly

Mungkin kamu berkomentar begini karena saking gak percayanya dengan kabar itu. Tetapi bagaimanapun, hubungan yang bisa terjalin pasti juga bisa berakhir bukan? Gak ada yang kekal di dunia ini, apalagi soal pacaran yang melibatkan anak muda.

Sedang soal cocok atau gak, merekalah yang paling tahu. Orang lain termasuk kamu besar kemungkinan cuma melihat dari luarnya. Saat mereka sedang berdua saja dan kerap bertikai, gak diketahui siapa pun. Dan kalau mereka sampai putus, berarti ketidakcocokan itu memang nyata.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Suka Berkomentar Tanpa Pikir Panjang, Jangan Sepelekan!

3. “Kamu minta maaf saja deh, biar kalian bisa balikan.” 

5 Komentar Gak Perlu Saat Tahu Sahabatmu Baru Putus, Bikin Kesal! Pexels.com/dziana-hasanbekava

Ya kalau sahabatmu jelas yang bersalah. Kalau pacarnya yang cari gara-gara terus dan dia malah jadi bulan-bulanannya? Putusnya mereka mungkin adalah perjuangan sahabatmu untuk keluar dari hubungan yang gak sehat.

Lebih baik jadi jomlo lagi ketimbang terjebak dalam hubungan yang toksik, kan? Kalaupun gak toksik, juga bukan berarti mereka merasa perlu buat balikan. Kalau memang sudah gak cocok sebagai pacar, dipaksakan malah bikin keduanya gak bahagia.

4. “Nanti kamu menyesal lho. Belum tentu kamu bisa dapat pengganti sebaik dirinya.” 

5 Komentar Gak Perlu Saat Tahu Sahabatmu Baru Putus, Bikin Kesal! Pexels.com/elina-sazonova

Barangkali maksudmu hanya agar sahabatmu mempertimbangkan lagi keputusannya. Biar gak gegabah dan kelak menyesal. Namun komentar seperti ini bikin kamu terkesan meremehkan sahabatmu dan berpihak ke mantan pacarnya.

Padahal, urusan jodoh siapa yang tahu kan? Sekalipun kelak pacar barunya di matamu gak sebaik mantannya, buat dia bisa jadi sebaliknya. Kan, dia yang menjalani hubungan itu. Jadi baik atau buruk pasangannya, dia yang merasakan.

5. “Ya sudah, cepat-cepat cari yang baru saja. Biar gak sedih terus.” 

5 Komentar Gak Perlu Saat Tahu Sahabatmu Baru Putus, Bikin Kesal! Pexels.com/munbaik-cycling-clothing-3893851

Niat hati ingin menghibur, salah-salah malah menjerumuskan. Ada benarnya sih, luka karena cinta biasanya bisa disembuhkan oleh cinta yang baru. Namun gak perlu juga menyarankannya lekas-lekas mencari pacar baru.

Ini kan, gak seperti orang berganti pakaian. Namanya perasaan, butuh waktu untuk bisa netral kembali. Apalagi siap membina hubungan yang baru. Lagi pula, kalau asal mencari pacar baru terus dia makin gak bahagia, malah kasihan kan?

Lebih tepat kalau kamu mendukungnya untuk melalui masa-masa menjomlo. Tunjukkan padanya bahwa hidupnya masih baik-baik saja meski tanpa pacar. Kalau sudah waktunya dia jatuh cinta lagi, itu akan terjadi pada saat yang tepat kok.

Dengan menghindari komentar-komentar di atas, sahabatmu pasti akan tetap nyaman curhat ke kamu dan merasa lebih baik.

Baca Juga: 5 Zodiak Paling Kalem Ketika Baru Putus Cinta, Santuy Banget!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya