Comscore Tracker

5 Makna di Balik Hadiah Tanaman dari Pasangan, Dalam Banget!

#IDNTimesLife Bukan cuma karena dia cinta lingkungan

Pernahkah kamu mendapatkan hadiah berupa tanaman dari pasangan? Jika pernah, apa yang kamu pikirkan tentang hadiah tersebut? Apakah kamu merasa kecewa lantaran berpikir hadiah itu tidak menarik?

Boleh jadi kamu memang tidak punya hobi bercocok tanam sehingga bingung ketika memperoleh kado berupa tanaman. Pasanganmu bukannya tak tahu hadiah apa yang lebih kamu sukai. Akan tetapi, dia sengaja memberimu tanaman dengan maksud sebagai berikut.

1. Titip hati buat dijaga

5 Makna di Balik Hadiah Tanaman dari Pasangan, Dalam Banget!ilustrasi hadiah tanaman (pexels.com/Los Muertos Crew)

Ketika pasanganmu memberikan hadiah berupa tanaman, ini simbol dari penyerahan hatinya padamu. Kamu tahu bahwa tanaman itu perlu dirawat agar dapat tumbuh dengan baik. Juga dijaga dari berbagai binatang seperti ulat yang bisa menghabiskan daunnya dalam sekejap.

Ini pula yang diharapkan oleh pasanganmu. Dengan mencintaimu, ia telah menitipkan hatinya dalam penjagaanmu. Dia ingin kamu menjaga kepercayaan yang sudah diberikannya padamu. Kamu jangan berkhianat sampai membuat hatinya menderita oleh cinta.

2. Semoga cinta kalian terus bertambah besar dan kuat

5 Makna di Balik Hadiah Tanaman dari Pasangan, Dalam Banget!ilustrasi memandangi tanaman (pexels.com/KoolShooters)

Tanaman apa pun yang diberikannya padamu memiliki daya hidup. Tanaman itu akan terus tumbuh, apalagi dengan perawatan yang baik. Ini melambangkan besarnya harapan pasanganmu agar cinta kalian senantiasa bertahan melintasi zaman.

Ia tidak ingin cinta yang seperti api. Berkobar di awal, kemudian terus mengecil sampai akhirnya padam. Yang didambanya dari kisah asmara kalian ialah cinta itu justru dimulai dari tunas yang tak seberapa, tetapi kian membesar seiring waktu. Seperti tanaman, yang akarnya menancap makin kuat di tanah dan dahan serta rantingnya bertambah banyak.

Baca Juga: 5 Keuntungan Memberi Hadiah pada Orang Tersayang, Menjadi Bahagia

3. Semoga hubungan kalian membawa banyak manfaat untuk orang-orang di sekitar

5 Makna di Balik Hadiah Tanaman dari Pasangan, Dalam Banget!ilustrasi hadiah tanaman (pexels.com/Ivan Samkov)

Cinta yang dilambangkan dengan tanaman bukanlah perasaan yang egois. Menurut pasanganmu, hubungan kalian gak cuma tentang kamu dan dia. Melalui jalinan asmara ini, ia berharap orang-orang di sekitar kalian pun dapat merasakan manfaatnya.

Misalnya, kelak kalian berumah tangga dan menjadi bagian dari warga yang baik di sebuah lingkungan. Kalian tidak hanya hidup untuk diri sendiri, melainkan dapat memberikan manfaat bagi orang lain. Semoga masuknya dia dalam keluarga besarmu dan sebaliknya, masuknya kamu dalam keluarga besarnya mendatangkan kebaikan bersama.

4. Biarkan orang lain menjadi saksi dari perjalanan cinta kalian

5 Makna di Balik Hadiah Tanaman dari Pasangan, Dalam Banget!ilustrasi merawat tanaman (pexels.com/Anna Shvets)

Tanaman itu bakal terus membesar. Ia juga memerlukan limpahan cahaya matahari sehingga kemungkinan besar kamu akan menempatkannya di luar rumah. Siapa pun yang singgah atau sekadar lewat di depan rumahmu menjadi saksi pertumbuhan tanaman tersebut.

Arti di baliknya ialah pasanganmu ingin perjalanan cinta kalian kelak dikenang orang-orang. Mereka melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana hubungan kalian bermula dan sampai sejauh mana perjalanan cinta kalian. Tidak ada yang ditutup-tutupi dan kalian bangga orang-orang mengetahuinya.

5. Tanaman bisa mati, tapi ia dikaruniai kemampuan adaptasi yang cukup tinggi

5 Makna di Balik Hadiah Tanaman dari Pasangan, Dalam Banget!ilustrasi memilih tanaman (pexels.com/Sasha Kim)

Sebagai makhluk hidup, tentu saja tanaman yang coba dirawat dengan sebaik mungkin juga bisa layu dan mati. Sama seperti hubungan kalian pun dapat berakhir, tidak peduli sekarang kalian begitu saling mencintai.

Namun melalui hadiah berupa tanaman, pasanganmu hendak berkata bahwa kalian punya cara untuk bertahan menghadapi berbagai ujian hidup. Sebelum kalian sampai pada keputusan buat mengakhiri hubungan, kalian akan melakuan segala cara untuk bertahan. Persis seperti tanaman berusaha beradaptasi dengan kerasnya musim sampai takdir mengatakan lain.

Ternyata dalam sekali makna di balik tanaman pemberiannya, kan? Jangan memandang hadiahnya tidak berharga. Ada banyak harapan baik yang diwakili oleh tanaman tersebut. Pastikan kamu memahaminya dan punya asa yang sama. 

Baca Juga: 5 Referensi Tanaman Cantik untuk Dijadikan Hadiah, Perawatannya Simpel

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya