Comscore Tracker

Perhatikan 5 Hal Ini sebelum Memberikan Kejutan pada Pasangan

Ada tipe orang yang kurang menyukai surprise lho

Memberikan kejutan untuk pasangan bisa menjadi gagasan yang menarik buat bikin hubungan kalian tidak membosankan. Kejutan yang diberikan pun dapat bermacam-macam. Mulai dari sekadar memberinya hadiah di luar waktu yang lazim seperti selain hari ulang tahunnya sampai meminta kesediaannya menjadi pasanganmu sehidup semati.

Bagi banyak orang, kejutan dari pasangan selalu menyenangkan dan membuat mereka bahagia. Akan tetapi, ada kalanya hal tersebut tak terjadi. Ini dapat disebabkan oleh karakter pasangan maupun surprise yang tidak berhasil mengejutkannya.

Untuk meminimalkan risiko gagal total ketika kamu bermaksud memberikan kejutan pada pasangan, perhatikan dulu lima hal di bawah ini.

1. Apakah dia tipe orang yang suka segala sesuatu dalam keadaan terkendali?

Perhatikan 5 Hal Ini sebelum Memberikan Kejutan pada Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/Gabe Mtv)

Mengenali karakter pasangan sangat penting agar kamu tidak keliru dalam memperlakukannya. Tak terkecuali dalam urusan memberinya kejutan. Pastinya, kamu merencanakan surprise ini buat bikin dia bahagia, kan?

Akan tetapi, kejutan sepertinya bukan ide yang tepat untuk tipe pasangan yang menyukai segala sesuatu dalam keadaan terkendali. Ini ditandai dari sikapnya yang amat berhati-hati hingga sampai terkesan jaim. Mengekspresikan perasaan juga bukan sifatnya.

Bila kamu memberinya kejutan, makin tinggi efek kaget yang ditimbulkan malah dapat membuatnya makin tidak suka. Walau dalam hati dia sebenarnya senang, menunjukkan perasaan itu di depan orang banyak atau sekadar di hadapanmu saja bisa terasa memalukan baginya. Ia tak suka dikagetkan sebab itu membuat suasana serta reaksinya sendiri tidak terkendali.

2. Tahukah kamu tentang sesuatu yang sedang diinginkannya?

Perhatikan 5 Hal Ini sebelum Memberikan Kejutan pada Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/Thiều Hoàng Phước)

Kamu tetap mampu mengejutkannya dengan hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu diinginkannya. Misalnya, membeli tiket liburan untuk kalian berdua. Dia bakal tetap senang dan menghargainya.

Namun, efek kebahagiaan yang lebih besar akan dirasakannya seandainya kamu memberikan surprise sesuai dengan harapannya. Kejutan darimu mengesankan kamu amat peduli dengan apa-apa yang diinginkan pasangan dan berusaha memenuhinya walau tanpa pernah berjanji.

Baca Juga: 5 Alasan Komunikasi itu Penting, Urat Nadi Relationship!

3. Kapan waktu dan tempat yang tepat untuk memberinya kejutan?

Perhatikan 5 Hal Ini sebelum Memberikan Kejutan pada Pasanganilustrasi kejutan untuk pasangan (pexels.com/RODNAE Productions)

Kejutan yang sesungguhnya menyenangkan bagi pasangan dapat saja terasa salah apabila kamu kurang berhati-hati dalam memilih waktu dan tempatnya. Contoh, melamarnya di kantor saat ia sedang sibuk-sibuknya bekerja.

Meski teman-temannya sudah mengenalmu, ia dapat saja merasa malu berat karena kamu telah memasukkan urusan pribadi kalian ke tempat kerjanya. Kehebohan yang kamu ciptakan juga otomatis mengambil cukup banyak waktu serta perhatiannya yang seharusnya ditujukan pada pekerjaan.

4. Kesiapanmu sendiri seandainya reaksinya justru negatif

Perhatikan 5 Hal Ini sebelum Memberikan Kejutan pada Pasanganilustrasi kejutan untuk pasangan (pexels.com/Caleb Oquendo)

Intinya, kamu perlu menyiapkan diri kalau-kalau surprise yang sudah direncanakan sedemikian rupa malah berakhir berantakan. Alih-alih menyambut penuh kegembiraan, pasangan justru bersikap negatif atau menunjukkan ketidaksukaannya atas kejutan darimu.

Perasaanmu pasti seperti dijatuhkan dari ketinggian. Kamu yang semula amat yakin mampu membuat pasangan bahagia kini harus menelan kekecewaan. Apabila surprise diberikan atau dilakukan di depan orang banyak, kamu tak cuma kecewa melainkan juga sangat malu.

5. Kemungkinan dia hanya memalsukan keterkejutan dan kebahagiaannya

Perhatikan 5 Hal Ini sebelum Memberikan Kejutan pada Pasanganilustrasi kejutan untuk pasangan (pexels.com/Jesus Arias)

Bila dilihat dari tujuan pasanganmu berpura-pura kaget dan bahagia, sikapnya tidaklah jahat. Ia cuma tak mau kamu kecewa setelah menyiapkan kejutan untuknya. Padahal, dia sebetulnya sudah memperkirakan bahwa kamu akan melakukan atau memberikan sesuatu.

Tinggal kamunya, nih. Bila kamu akhirnya tahu pasangan sebenarnya tidak kaget dan merasa biasa saja terkait surprise-mu, kamu masih baik-baik saja atau malu berat dan merasa gagal? Sebaiknya, hal ini tidak terlalu kamu pikirkan karena bagaimanapun, pasangan juga selalu memperhatikan gerak-gerikmu. Serapi apa pun kamu mencoba merencanakan kejutan buatnya, ia barangkali telah mencurigaimu dalam arti yang positif.

Memang tidak mudah memastikan rencana kejutanmu untuknya akan berjalan dengan baik. Namun, apabila kelima hal di atas tak diabaikan, semoga aksimu memberi surprise pada pasangan menjadi pengalaman manis baginya. 

Baca Juga: 5 Cara Atasi Pasangan Mudah Insecure, Apresiasi Usahanya, ya!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya