Comscore Tracker

Perhatikan 6 Hal Ini biar Keinginanmu Mudah Dikabulkan Pasangan

Minta yang sewajarnya, jangan neko-neko!

Mengajukan permintaan pada pasangan tak berarti kamu kebanyakan tuntutan, kok. Semua kembali pada sebanyak apa permintaanmu dan apakah itu memberatkan pasangan atau tidak. Pun adanya permintaan darimu bukan artinya kamu materialistis.

Sejumlah permintaan barangkali sama sekali tak ada hubungannya dengan uang atau sesuatu yang perlu dibeli. Kadang kamu hanya minta ditemani pergi ke suatu tempat.

Apa pun yang menjadi permintaanmu, pasangan lebih mungkin mengabulkannya apabila kamu terlebih dahulu memperhatikan enam hal di bawah ini. Jangan asal minta ini itu saja, ya!

1. Pertimbangan kemampuan finansial

Perhatikan 6 Hal Ini biar Keinginanmu Mudah Dikabulkan Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/SHVETS production)

Jika kalian masih berpacaran dan permintaanmu membuat dia harus mengeluarkan uang, pertimbangkanlah kemampuan finansialnya. Jangan minta sesuatu yang terlalu mahal untuk ukuran penghasilannya. Bukankah kamu juga ingin dia mempersiapkan masa depan kalian? 

Bila iya, hindari menjadi penyebab ia kesulitan menabung dengan mengajukan permintaan yang gak setara dengan kemampuan finansialnya. Sedang kalau kalian telah menikah, kemampuan finansial bersama wajib menjadi rujukannya. Kamu tidak bisa lagi meminta sesuatu murni dari kantongnya.

Setiap pemenuhan permintaanmu pastinya juga bakal berpengaruh pada kondisi keuangan bersama. Jadi, jangan bersikap masa bodoh. Satu sisi kamu mau keinginanmu dipenuhi, sedangkan di sisi lain kebutuhan keluarga juga wajib tetap beres seperti biasanya. Ini bikin pasanganmu pusing.

2. Perhatikan dia sedang sibuk atau tidak

Perhatikan 6 Hal Ini biar Keinginanmu Mudah Dikabulkan Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/MART PRODUCTION)

Sekalipun permintaanmu tak ada hubungannya dengan uang, masih ada hal yang perlu dipertimbangkan sebelum kamu mengajukannya. Usahakan kamu meminta sesuatu yang tak membuat kesibukannya terancam terganggu. 

Misalnya, kamu minta ditemani menonton film. Alih-alih kamu langsung menetapkan jadwalnya, tanyalah dulu kapan dia punya waktu luang.

Bahkan, saat kamu mengatakan keinginan ini, pilihlah waktu saat pasangan sedang cukup santai. Jangan nekat meneleponnya di jam kerja hanya untuk mengajukan permintaanmu.

Baca Juga: 5 Cara Cowok Menghadapi Rasa Takut Kehilangan Pasangan

3. Suasana hatinya tengah baik atau buruk

Perhatikan 6 Hal Ini biar Keinginanmu Mudah Dikabulkan Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/KoolShooters)

Kepekaanmu terhadap suasana hati pasangan diuji, nih. Dalam suasana hati yang positif, pasangan bakal lebih mungkin merespons permintaanmu secara positif pula. Sebaliknya, meski permintaanmu gak aneh-aneh, suasana hati yang buruk dapat membuatnya seketika menolaknya bahkan marah.

Saat kamu tahu suasana hati pasangan sedang kurang baik, utamakan untuk membantunya lekas merasa senang lagi. Sebab, sesederhana apa pun permintaanmu dapat terasa sebagai tambahan beban baginya. Ini juga jadi tanda bahwa kamu gak peka, bahkan tidak peduli dengan beban psikisnya.

4. Permintaanmu tak mencerminkan keegoisan

Perhatikan 6 Hal Ini biar Keinginanmu Mudah Dikabulkan Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/Meruyert Gonullu)

Sesayang-sayangnya seseorang padamu, ia bakal tetap capek bila harus meladeni keegoisanmu. Salah satu tanda dari keegoisanmu adalah kamu selalu meminta hal-hal yang tidak memberikan manfaat baginya. Contoh, minta dibelikan barang-barang branded buat kamu kenakan.

Jangan kaget apabila pasanganmu cenderung menolaknya. Lain cerita apabila permintaanmu juga penting baginya atau keluarga kalian.

Misalnya, minta supaya bulan depan ia membukakan tabungan pendidikan buat anak-anak. Atau, mengecat pagar rumah yang sudah kusam sekali. Permintaan seperti ini lebih mungkin dikabulkan. 

5. Permintaan sebaiknya bersifat umum

Perhatikan 6 Hal Ini biar Keinginanmu Mudah Dikabulkan Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/SHVETS production)

Permintaan yang bersifat umum memberikan keleluasaan bagi pasangan memilih bentuk pemenuhannya. Misalnya, untuk ulang tahunmu nanti, kamu cuma bilang minta diberi hadiah. Kamu tak menyebutkan hadiahnya harus apa. Pokoknya sekadar pemberian darinya untukmu.

Pasanganmu menjadi merasa bebas memilih hadiah buat kamu. Dia dapat menyesuaikan hadiah ulang tahunmu dengan bujet yang dimilikinya.

Kalau kamu meminta sesuatu yang terlalu spesifik, pasangan bisa merasa dipaksa memenuhinya. Hadiah yang lain pasti akan mengecewakanmu.

6. Jangan memberinya pilihan-pilihan yang sulit

Perhatikan 6 Hal Ini biar Keinginanmu Mudah Dikabulkan Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/Boris Pavlikovsky)

Ada dua kategori permintaan dengan pilihan yang menyulitkan pasangan. Pertama, kamu memberikan dua alternatif permintaan yang sama-sama tak terjangkau olehnya. Contoh, minta dia membelikan tas atau sepatu branded. Kedua pilihan ini sama-sama menguras tabungannya.

Pilihan sulit berikutnya adalah menyertai permintaan dengan ancaman. Misal, kamu memintanya membelikan produk tertentu atau kalian putus saja bila dia tak mau memenuhinya.

Beberapa kali mungkin pasanganmu masih cukup sabar dan mau menuruti permintaanmu. Namun kalau dia sudah capek ditekan terus, lama-kelamaan semua permintaanmu malah diabaikannya.



Demi keharmonisan kalian, kamu sebaiknya mengontrol permintaanmu padanya. Sadari bahwa kamu juga belum tentu mampu memenuhi seandainya dia meminta ini itu darimu. Ketika kamu benar-benar menginginkan sesuatu darinya, jangan abaikan enam hal di atas agar ia tidak kesal. 

Baca Juga: 6 Harapan yang Jangan Pernah Kamu Gantungkan pada Pasangan

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya