Comscore Tracker

6 Sebab Gak Perlu Iri pada Pasangan Lain, Bikin Retak Hubungan

#IDNTimesLife Sudah bosan sama pasanganmu?

Si A kayaknya selalu romantis banget sama pasangannya. Tetangga sebelah setahun dua kali ngajak istrinya berlibur, bahkan sampai ke luar negeri! Nah, apakah kamu juga sering banget menyorot kehidupan pasangan lain di sekitarmu?

Hati-hati, lho, nanti lama-kelamaan kamu jadi iri sama mereka. Seakan-akan hubungan mereka ideal banget sedangkan hubunganmu dengan pasangan gak layak dibanggakan. Jika benih-benih iri pada pasangan lain sudah mulai tumbuh di hatimu, segera hentikan untuk enam alasan berikut ini.

1. Hubungan kalian dilandasi rasa suka sama suka, kan?

6 Sebab Gak Perlu Iri pada Pasangan Lain, Bikin Retak HubunganIlustrasi sebuah keluarga (unsplash.com/conikal)

Aneh banget jika hubungan kalian gak terbentuk karena paksaan, tetapi sekarang kamu suka iri sama pasangan lain. Kesannya, kamu jadi gak bertanggung jawab dengan pilihan dan komitmenmu sendiri atas hubungan itu.

Jika ini terjadi, rasa cintamu pada pasangan patut dipertanyakan. Jangan-jangan, sebenarnya kamu gak sayang-sayang amat padanya. Atau malah, pasangan yang bikin kamu iri itu memang mantanmu? Wah, gawat!

2. Pasanganmu memang gak sempurna, tetapi pasangan orang lain juga sama saja

6 Sebab Gak Perlu Iri pada Pasangan Lain, Bikin Retak HubunganIlustrasi pasangan (unsplash.com/rylankrupp)

Sering kali yang bikin kamu iri pada pasangan lain adalah kamu melihat salah satu atau bahkan keduanya sempurna sekali. Lalu kamu membandingkannya dengan pasanganmu. Anehnya, kamu sendiri gak suka kalau dibandingkan dengan orang lain.

Jadi bisa dibilang, kamu sebenarnya sudah curang sejak dalam pikiran. Kamu membandingkan pasanganmu dengan pasangan orang lain yang kayaknya gak ada celanya. Namun kamu sendiri susah mengakui kekuranganmu.

Padahal, 'kesempurnaan' pasangan orang lain itu cuma ada dalam imajinasimu. Dia terlihat sempurna karena kamu gak mengenalnya dengan sangat dekat. Cuma pasangannya yang tahu pasti sisi gak sempurnanya.

3. Setiap pasangan pasti punya masalah masing-masing, kamu cuma gak tahu

6 Sebab Gak Perlu Iri pada Pasangan Lain, Bikin Retak HubunganIlustrasi sebuah keluarga (unsplash.com/rrajputphotography)

Sama seperti kekurangan pasangan orang yang gak kamu ketahui, sangat mungkin di antara mereka juga sebenarnya ada masalah. Hanya, masalahnya disimpan rapat-rapat di antara mereka saja.

Maka gak perlu sibuk membayangkan betapa harmonisnya pasangan lain ketika kamu dan pasangan lagi ada masalah bahkan sampai terjadi pertengkaran. Nanti kamu merasa hubungan kalian gak normal.

Bahkan bisa sampai tergesa-gesa menyimpulkan hubungan itu gak layak buat dipertahankan. Padahal kelak kamu menjalin hubungan baru dengan siapa pun, masalah akan tetap ada dan sesekali mungkin berujung cekcok.

Baca Juga: 5 Tips Buat Kamu yang Hubungan Asmaranya sedang Naik Turun, Waspada? 

4. Pasanganmu bakal merasa sakit banget jika kamu membandingkannya dengan pasangan orang

6 Sebab Gak Perlu Iri pada Pasangan Lain, Bikin Retak HubunganIlustrasi pasangan bergandengan (unsplash.com/wx1993)

Cara paling jitu untuk membuat hati pasangan terluka memang dengan membandingkannya dengan pasangan orang lain. Dia pasti akan merasa hancur, sama sekali gak dihargai olehmu.

Sekecil apa pun usaha untuk membandingkannya dengan pasangan orang lain, sebaiknya jangan dilakukan, ya! Terutama terkait hal-hal yang sensitif banget seperti penghasilan, fisik, apalagi kesuburan.

5. Bila gak mengendalikan diri, kamu malah dikira mau merusak hubungan orang

6 Sebab Gak Perlu Iri pada Pasangan Lain, Bikin Retak HubunganIlustrasi keluarga kecil (unsplash.com/iamtru)

Kecurigaan ini bisa datang dari pasanganmu, pasangan orang lain, atau siapa pun yang mengetahui rasa irimu. Mereka semua bisa mengira kamu sebenarnya cuma naksir sama pasangan orang lain. 

Namun karena masing-masing sudah berpasangan, kamu jadi harus lebih menahan langkah. Rasa irimu pada indahnya hubungan pasangan lain seolah-olah hanyalah bahasa lain dari, 'Oh, seandainya saja aku bisa menggantikan posisi ...'

6. Tugasmu adalah membuat hubungan kalian makin dekat, bukan malah merenggangkannya

6 Sebab Gak Perlu Iri pada Pasangan Lain, Bikin Retak HubunganIlustrasi pasangan di pantai (unsplash.com/letungvnn)

Gak mungkin selamanya kamu bisa menutupi rasa irimu pada pasangan lain. Dalam segala ekspresi, pasti rasa iri itu akan terbaca juga oleh pasanganmu. Kalau sudah begini, hubungan kalian dalam bahaya!

Apa pun alasan kamu iri pada pasangan lain, pasanganmu sendiri jadi merasa gak diterima dengan apa adanya. Makin lama hubungan kalian terbina, akan makin menyakitkan baginya. Dia akan merasa selama ini cuma memiliki ragamu, tetapi gak dengan hatimu.

Satu-satunya cara untuk mencegah munculnya rasa iri pada pasangan lain yaitu dengan mensyukuri hubunganmu dengan pasanganmu sendiri. Selalu ingat segala suka dan duka yang telah kalian lalui bersama biar kamu gak lupa akan hal-hal baik bahkan hebat dari dirinya.

Baca Juga: 5 Tips Menjalin Hubungan Jangka Panjang, Waktunya Gak Main-main!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya