Comscore Tracker

6 Sebab Sebaiknya Menolak Terikat dengan Orang yang Gak Menghargaimu

#IDNTimesLife Gak ada penghargaan, gak ada cinta

Kalau mencari pasangan sebatas untuk mengubah status, tentu mudah saja. Namun jika kamu berharap hubungan yang langgeng dan berkualitas, kamu benar-benar harus berhati-hati. Kamu perlu memperhatikan sifat dari orang-orang yang mencoba mendekatimu.

Jangan sampai kamu mau saja menjalin hubungan apalagi sampai menikah dengan orang yang gak bisa menghargaimu. Ingat, ini hubungan jangka panjang. Bisa dibilang, sisa hidupmu akan dihabiskan bersamanya. Kalau sejak awal dia sudah tampak gak bisa menghargaimu, tolak saja cintanya sebab ...

1. Sikap saling menghargai adalah dasar dari setiap hubungan

6 Sebab Sebaiknya Menolak Terikat dengan Orang yang Gak MenghargaimuIlustrasi pasangan berjalan bersama (unsplash.com/victorhwn725)

Coba dipikirkan kembali. Dalam berteman pun, rasanya gak enak banget kan, kalau kamu dihargai? Pasti muncul keinginan yang amat kuat untuk keluar dari kelompok pertemanan itu. Apalagi sebagai pasangan kekasih.

Hubungan kalian akan dekat sekali, sering banget menghabiskan waktu bersama. Yakin kamu akan tahan bersamanya? Kalau sudah gak yakin, mending gak usah dimulai. Jangan coba-coba dalam urusan asmara karena hanya akan menimbulkan masalah yang menguras emosi.

2. Jika dia gak bisa menghargaimu, hubungan kalian hanya akan dipenuhi pemaksaan kehendak

6 Sebab Sebaiknya Menolak Terikat dengan Orang yang Gak MenghargaimuIlustrasi pasangan posesif (unsplash.com/manunalys)

Kamu punya pendapat atau gak terkait sesuatu, baginya sama saja. Sama-sama gak akan dipedulikannya. Dia selalu sudah punya pendapat sendiri dan semuanya harus berjalan sesuai dengan keinginannya.

Jika kamu mencoba lebih memperjuangkan pendapatmu, siap-siap saja untuk menghadapi konflik hebat di antara kalian. Yakin kamu akan selalu sanggup mengalah? Bahkan pemaksaan dalam hubungan seksual pun sangat mungkin terjadi.

3. Suaramu gak akan pernah didengarnya, termasuk jika kelak kamu menginginkan perpisahan

6 Sebab Sebaiknya Menolak Terikat dengan Orang yang Gak MenghargaimuIlustrasi wanita di pantai (unsplash.com/jeetmahetalia)

Bila saat ini kamu masih berpikir gak masalah sekarang jadian dulu sama dia karena kelak bisa putus bahkan bercerai jika memang gak cocok, jangan terlalu menggampangkan urusan. Sebab dia sangat mungkin gak peduli akan betapa tersiksanya kamu dalam hubungan itu.

Seperti disebutkan dalam poin sebelumnya, orang yang gak menghargaimu hanya akan memaksakan segala hal padamu. Termasuk jika dia gak mau berpisah denganmu. Kalau kamu nekat mengakhiri hubungan secara sepihak, dia bisa membuatmu hidupmu gak tenang bahkan berada dalam bahaya dengan berbagai cara.

Baca Juga: 5 Sikap yang Bisa Kamu Lakukan agar Bisa Menghargai Waktu

4. Bahkan jadi jomblo masih jauh lebih baik

6 Sebab Sebaiknya Menolak Terikat dengan Orang yang Gak MenghargaimuIlustrasi bermain gitar (unsplash.com/kavita8jangid)

Paling gak, sebagai jomblo, kamu leluasa banget menyuarakan pendapatmu. Gak perlu bernegosiasi dengan pasangan dulu. Apalagi kalau pasanganmu gak bisa menghargaimu, malah pendapatmu bakal sering dibungkamnya.

Kamu gak perlu sedih dan tertekan karena selalu gak dianggap olehnya. Kamu leluasa menjalani hari-harimu sesuai keinginanmu, termasuk menentukan pilihan-pilihan dalam hidupmu. Kamu gak perlu terpaksa mengikuti orang lain padahal kamu sendiri sebenarnya gak kalah pintar darinya.

5. Jangan sampai menutup pintu untuk orang lain yang lebih baik

6 Sebab Sebaiknya Menolak Terikat dengan Orang yang Gak MenghargaimuIlustrasi seorang wanita (unsplash.com/tusharescape)

Duniamu akan baik-baik saja tanpa orang yang gak bisa menghargaimu. Bahkan memang lebih baik begini. Gak usah takut bakal susah jodoh jika kamu gak mau terus mengalah dari pasanganmu.

Beda lho ya, sesekali bisa mengalah dengan membiarkan dirimu gak dihargai orang. Kamu gak boleh menjadi yang terakhir. Cara yang paling simpel ya dengan gak usah mau jadi pasangan orang yang gak mampu menghargaimu. Kayak gak ada orang lain saja.

6. Jika kamu memiliki banyak mimpi, punya pasangan yang bisa menghargaimu menjadi harga mati

6 Sebab Sebaiknya Menolak Terikat dengan Orang yang Gak MenghargaimuIlustrasi wanita di tengah rel (unsplash.com/baileyzindel)

Ini yang kerap dilupakan saat kamu terlalu ingin cepat-cepat menanggalkan status jomblo. Kamu bisa sama sekali gak peduli dengan mimpi-mimpimu, yang penting lekas punya pasangan. Padahal, hidupmu masih panjang banget.

Cepat atau lambat, kamu pasti akan kembali teringat akan mimpi-mimpimu dan ingin meraihnya. Bahkan meski punya pasangan sempat membuatmu melupakan itu atau menganggapnya gak penting lagi.

Sayangnya, pasangan yang gak bisa menghargaimu juga gak akan bisa menjadi suporter yang baik buatmu. Bahkan mungkin dia menganggap mimpi-mimpimu dan keinginanmu mewujudkannya sebagai hal yang sangat konyol.

Memilih pasangan yang berkualitas itu gak berarti kamu terlalu banyak mau kok. Banyak mau pun gak masalah sebab kamu sendiri yang akan merasakan hidup bersamanya. Apalagi semendasar kemampuannya menghargaimu. Ini seharusnya gak bisa lagi ditawar-tawar. Setuju?

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Tanda Kamu Kurang Bisa Menghargai Orang Lain

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya