Comscore Tracker

5 Hal yang Membuatmu Sulit Menemukan Solusi untuk Permasalahanmu 

Malu bertanya, sesat di jalan

Siapa sih, yang hidupnya bersih dari permasalahan? Seberapa berat permasalahannya tentu relatif. Namun yang pasti, semua masalah butuh solusi dan kamulah motor untuk menemukan solusi atas permasalahan yang sedang kamu hadapi.

Jika kamu berlambat-lambat atau gak jago menemukan solusi terbaik, masalahmu akan makin banyak bahkan bertambah sulit untuk diselesaikan. Dan kamu sadari atau tidak, 5 hal berikut ini bisa membuat solusi selalu terasa jauh darimu.

1. Sudah merasa amat kesulitan tetapi tak juga mau bertanya pada orang lain 

5 Hal yang Membuatmu Sulit Menemukan Solusi untuk Permasalahanmu Pexels.com/enginakyurt

Memang benar kamu gak boleh merepotkan orang lain. Sebisa mungkin jadilah mandiri. Namun jelas lain urusannya bila kamu sudah mentok. Pun sekadar bertanya pendapat orang lain gak akan bikin mereka ikut pusing tujuh keliling kok. Mungkin malah senang karena merasa dibutuhkan.

Tentu asal kamu gak terus mendesaknya dengan berbagai detail aksi yang seharusnya bisa kamu pikirkan sendiri. Cukup garis besarnya. Juga gak memintanya mengambil alih penyelesaian masalah. Saat pikiranmu sudah terasa buntu, kadang kamu cuma butuh sedikit cahaya agar tercerahkan.

2. Selalu menolak bantuan orang lain demi gengsi 

5 Hal yang Membuatmu Sulit Menemukan Solusi untuk Permasalahanmu Pexels.com/olly

Gengsi memang cuma satu kata, tetapi selalu repot sekali kalau sudah memperturutkannya. Jika kamu sudah dalam kondisi kesulitan lalu beberapa orang dengan murah hatinya menawarkan bantuan, kenapa tidak menerimanya saja?

Kamu gak akan tampak lemah karenanya kok. Orang-orang juga bisa melihat usaha yang telah coba kamu lakukan. Namun kadang, kita memang menghadapi situasi yang lebih sulit daripada yang biasa dihadapi, kan?

Ketimbang sudah menolak semua bantuan dan masalah tetap tak terpecahkan bahkan makin rumit. Lalu saat kamu sadar kamu memang gak bisa menyelesaikannya sendirian dan menghubungi mereka, mereka mungkin sudah malas atau disibukkan oleh urusan lain.

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Terlalu Sering Menceritakan Masalahmu pada Orang Lain 

3. Belum apa-apa sudah meremehkan solusi yang ditawarkan orang lain 

5 Hal yang Membuatmu Sulit Menemukan Solusi untuk Permasalahanmu Pexels.com/wilsonvitorino

Kamu memang perlu bersikap kritis atas setiap solusi yang diberikan orang lain. Lihat-lihat lagi mana yang sepertinya paling baik. Namun ini gak sama dengan belum apa-apa sudah meremehkan. Kalau sebatas kritis dan memilih mana yang paling masuk akal, sejak awal pikiranmu sudah bersikap terbuka pada semua masukan.

Namun kalau kamu bersikap meremehkan, sejak awal pikiranmu sudah seperti pintu rumah yang tertutup rapat. Jangankan mencobanya, melihat sisi positif dari solusi yang diajukan orang lain pun kamu gak bisa. Akhirnya, bukan solusi-solusi itu yang tidak berguna melainkan sikapmu sendiri yang gak bisa menghargainya membuatmu terus merasa buntu.

4. Gak belajar dari pengalaman 

5 Hal yang Membuatmu Sulit Menemukan Solusi untuk Permasalahanmu Pexels.com/mdsnmdsnmdsn

Pengalaman adalah guru terbaik. Sudah kerap mendengarnya, kan? Baik pengalamanmu sendiri maupun pengalaman orang lain, belajarlah darinya. Bisa jadi, masalah yang sekarang sedang kamu hadapi sebenarnya juga pernah menimpamu pada waktu lampau atau dialami orang-orang di sekitarmu.

Namun jika kamu tipe orang yang gak pernah mau belajar dari pengalaman, sesering apa pun suatu masalah berulang, sesering itu pula kamu kembali merasa kesulitan. Maka bila kamu kerap terjebak permasalahan yang kurang lebih sama, coba introspeksi.

Besar kemungkinan inilah penyebabnya. Sebab bila kamu bisa belajar dari pengalaman, sebelum masalah yang sama kembali datang, kamu sudah mengantisipasinya.

5. Biasa bergantung pada orang lain 

5 Hal yang Membuatmu Sulit Menemukan Solusi untuk Permasalahanmu Pexels.com/bransodre

Apakah kamu sering dibilang manja? Jika ya, berhati-hatilah. Sifat manja membuatmu amat bergantung pada orang lain. Hal-hal yang sepele saja kamu minta orang lain mengurusnya untukmu, apalagi masalah-masalah berat. Ini membuatmu gak punya pengalaman menyelesaikan sendiri masalahmu.

Tidak ada pengalaman, tidak ada guru terbaik. Bahkan lebih parah daripada poin 4, kamu menyerahkan kendali atas banyak hal dalam hidupmu pada orang lain. Akibatnya, kamu gak pernah tahu kalau sebenarnya kamu juga mampu mengatasi permasalahanmu sendiri.

Kamu selalu merasa tidak punya ide untuk masalahmu. Tentu saja, itu karena kamu memang tidak pernah menyemai benih ide apa pun dalam pikiranmu. Jika kamu pikir ini bukan masalah, ini justru masalah terbesar di balik semua masalahmu. Ingat, orang-orang yang peduli padamu gak selamanya akan ada di sisimu.

Dari kelimanya, kira-kira mana yang terjadi padamu? Semoga dengan mengetahui sebab-sebab sulitnya kamu menemukan solusi, masalahmu bisa lekas teratasi.

Baca Juga: 5 Masalah yang Justru Muncul Saat Kamu Bilang Gak Bisa Hidup Tanpanya

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya