Comscore Tracker

Bukan Cuma Soal Mantan, Ini 5 Tanda Kamu Susah Move On 

Fokus pada hari ini dan masa depan!

Biasanya, move on dikaitkan dengan persoalan mantan kekasih. Kalau susah move on, berarti kamu masih berkutat dengan segala kenangan tentang mantan. Namun move on sebenarnya gak melulu soal asmara, lho. Dalam segala hal, susah move on bisa terjadi dan menghambat hidupmu.

Jadi mentang-mentang kamu belum pernah mengalami cinta yang kandas, masih ada kemungkinan sesungguhnya kamu juga tipe orang yang sulit move on. Coba deh, cek tanda-tanda berikut ini ada pada dirimu atau gak:

1. Hobi mengungkit-ungkit segala hal 

Bukan Cuma Soal Mantan, Ini 5 Tanda Kamu Susah Move On Unsplash.com/dtuksar

Saking senangnya mengungkit-ungkit kejadian di masa lampau, lawan bicaramu sampai bosan. Obrolanmu selalu basi. Itu lagi, itu lagi. Bisa juga kamu masih ingat terus sehingga bersemangat mengungkit sesuatu, tetapi lawan bicaramu sudah lupa dan cuma bisa memasang raut bingung.

Yang mana pun reaksi lawan bicaramu, biasanya ini membuat obrolan hanya berlangsung satu arah. Kamu gak akan mendapatkan respons yang seimbang dari teman-temanmu. Makanya, ganti topik ya?

2. Tenggelam dalam kegagalan atau kesedihan 

Bukan Cuma Soal Mantan, Ini 5 Tanda Kamu Susah Move On Unsplash.com/falaqkun

Benar, menerima kegagalan atau kesedihan terkait perkara apa pun memang butuh waktu. Namun jika kamu sampai tenggelam di dalamnya, berarti kamu susah move on. Biasanya, ini ditunjukkan dengan ketidakmampuan untuk bersikap ceria lagi atau kembali mencoba sesuatu.

Kamu gampang tergesa-gesa menyimpulkan. Seperti sekali gagal berarti selamanya gak akan berhasil atau kamu memang gak layak merasa bahagia. Ya, responmu atas kegagalan dan kesedihan berlebihan. Sering begini?

3. Hidup di masa sekarang tetapi terbuai kejayaan masa lalu

Bukan Cuma Soal Mantan, Ini 5 Tanda Kamu Susah Move On Unsplash.com/joshkahen

Kejayaan masa lalu bisa tentang pencapaianmu sendiri, bisa juga nama besar keluargamu. Kamu terlalu membanggakannya di hadapan semua orang. Menurut perasaanmu, prestasimu seperti baru terjadi kemarin. Padahal sudah lama berlalu. Akibat buruknya, kamu malah jadi sukar mencetak prestasi baru.

Atau menurutmu, keluargamu masih amat terpandang di masyarakat. Padahal sebenarnya orang-orang telah menganggapnya biasa-biasa saja karena sudah banyak yang lebih hebat. Ini bikin usahamu di masa kini cenderung kendur.

Baca Juga: 5 Alasan Paling Basi Kenapa Mantan Ngotot Minta Balikan sama Kamu

4. Sakit hatimu awet sehingga sulit memaafkan 

Bukan Cuma Soal Mantan, Ini 5 Tanda Kamu Susah Move On Unsplash.com/romanbilik

Ya, sukar memaafkan kesalahan orang lain juga bisa menjadi tanda kamu orang yang sukar move on. Luka di hatimu gak pernah kering. Orang sudah meminta maaf seperti apa pun, bagimu gak pernah cukup untuk menebus kesalahannya.

Dengan begini, kamu seolah-olah sedang menghukum orang itu. Tetapi sebenarnya, kamu justru tak lebih dari mengawetkan rasa sakit hatimu, menyiksa diri sendiri.

5. Sedikit-sedikit merasa kapok 

Bukan Cuma Soal Mantan, Ini 5 Tanda Kamu Susah Move On Unsplash.com/artfilm

Kamu kapok hanya karena hal-hal sepele. Misal, pernah sekali saja mendapatkan pelayanan yang kurang memuaskan di suatu tempat, kamu langsung benar-benar gak mau lagi pergi ke sana. Padahal, penyebab kamu mendapatkan pelayanan kurang baik bisa bermacam-macam.

Mungkin murni ketidaksengajaan. Bisa juga hanya ulah oknum dan dia sudah mendapatkan sanksi. Bahkan bukan gak mungkin, standarmu yang ketinggian atau kamu sekaligus tipe orang yang sulit dipuaskan. Tetapi kamu seperti gak peduli soal itu. Terbayang kan, betapa hidupmu jadi penuh batasan kalau begini?

Dalam hal apa pun, susah move on memang cenderung merugikan diri sendiri. Kamu harus belajar buat berubah, yang lalu biarkan berlalu. Fokus saja pada hari ini dan masa yang akan datang.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Memicu Rasa Jengkel sama Mantan Makin Besar, Hindari!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya