Comscore Tracker

Gak Logis, 5 Tipe Pasangan yang Sebaiknya Dihindari 

#IDNTimesLife Mumpung masih sebatas pacar, dipikir lagi deh 

Bahagia dalam hubungan hanya akan terjadi jika kamu berpasangan dengan orang yang tepat. Tepat untukmu jelas gak berarti akan dipandang tepat juga oleh orang lain. Namun paling gak, kamu gak lantas diam-diam merasa tersiksa selama berhubungan dengannya.

Ada banyak banget sifat buruk pasangan yang bisa bikin kamu gak bahagia. Seperti pemarah, pencemburu berat, dan suka main fisik. Namun ternyata, 5 tipe pasangan berikut ini juga gak kalah menjengkelkannya lho. Mau tahu seperti apa saja dan mengapa? Berikut ulasannya untukmu!

1. Pasangan yang seperti gak terima dengan tanda-tanda penuaan fisikmu 

Gak Logis, 5 Tipe Pasangan yang Sebaiknya Dihindari Unsplash.com/corrynewooten

Alasannya simpel tetapi mendasar. Kamu jelas gak menua sendirian, kan? Seiring pertambahan usiamu berikut fisik yang berubah, dia juga sama kok.

Jadi, aneh banget kalau dia mempermasalahkan lingkar pinggangmu yang lebih mudah bertambah sementara dia sendiri jelas-jelas makin buncit. Atau, mempermasalahkan garis-garis halus yang mulai menghiasi kulitmu sedangkan dia sendiri juga mulai beruban.

Kalau mau, ketimbang hanya menyudutkanmu, kalian bisa lebih merawat diri bersama-sama. Itu lebih adil untuk kalian berdua. Tentu sambil tetap ingat bahwa gak ada yang bisa sepenuhnya melawan usia.

2. Pasangan yang selalu mempermasalahkan keluargamu 

Gak Logis, 5 Tipe Pasangan yang Sebaiknya Dihindari Unsplash.com/lgnwvr

Memangnya, ada yang bisa memilih akan lahir dan dibesarkan di keluarga yang seperti apa? Setoksik apa pun keluargamu, seharusnya dia bisa lebih fokus pada kualitas dirimu. Bahwa keluargamu membuatnya gak nyaman, ada dua hal yang perlu dia pahami.

Pertama, itulah medan perjuangannya. Bisakah kedatangannya justru mengubah kekacauan dalam keluargamu menjadi sedikit lebih baik? Atau paling gak, bisakah dia menjadi sandaran untukmu yang sudah amat lelah oleh hubungan keluarga yang gak sehat?

Kedua, ketimbang terus mempermasalahkan keluargamu, kenapa gak lebih baik dia mundur saja dari hidupmu? Barangkali di luar sana dia bisa mendapatkan pasangan dengan keluarga yang lebih sesuai dengan ekspektasinya. Percuma jika dia memasuki hidupmu hanya untuk membuatnya lebih kacau lagi.

3. Pasangan yang selalu ingin kamu ada untuknya, tetapi dia belum tentu ada untukmu 

Gak Logis, 5 Tipe Pasangan yang Sebaiknya Dihindari Unsplash.com/ivanchangoluisa

Ringkasnya, dia tipe pasangan yang gak bisa diandalkan. Berpasangan dengannya hanya akan menjadikanmu tempatnya bergantung. Kamu seperti batang pohon yang dipanjatnya untuk menyelamatkan diri dari kejaran binatang buas.

Namun saat kamu diterjang badai, dia cepat-cepat meninggalkanmu dan kamu harus menghadapi badai itu sendirian. Dia gak bisa gantian bikin kamu merasa aman. Semua hal dalam hubungan kalian sebenarnya cuma tentang dirinya.

Baca Juga: 6 Tips Mengatasi Rasa Jenuh saat Pacaran, Jangan Minta Putus Dulu Ya!

4. Pasangan yang malu jalan sama kamu 

Gak Logis, 5 Tipe Pasangan yang Sebaiknya Dihindari Unsplash.com/marekminor

Apa pun alasannya, aneh banget kalau sebagai pasanganmu, dia malah merasa malu bila harus pergi bersamamu. Kalau malu, seharusnya dia gak memilihmu. Kalau malu, berarti dia melihat cela yang terlalu besar pada dirimu.

Kalau dia malu membawamu ke depan teman-temannya, kamu juga gak layak merasa bangga punya pasangan sepertinya. Lebih baik hubungan berakhir saja. Biar masing-masing dapat menemukan pasangan yang lebih bisa dibanggakan.

5. Pasangan yang terlalu sering mengkritik penampilanmu 

Gak Logis, 5 Tipe Pasangan yang Sebaiknya Dihindari Unsplash.com/v4vanani

Sebagai pasangan, tentu wajar jika kalian saling memberi masukan. Termasuk soal penampilan. Misal, dia membantumu memilihkan pakaian yang lebih cocok untuk suatu acara.

Namun sekadar memberi masukan tentu berbeda dengan terus mengkritik. Kalau penampilanmu sering banget dikritik, wajar bila lama-kelamaan kamu jadi minder. Seolah-olah kamu buruk banget.

Atau kamu justru muak, seakan-akan penampilannya sudah paling keren. Lagi pula, bukankah sedari awal bertemu, penampilanmu sudah langsung terlihat olehnya? Dengan pengetahuan itu, seharusnya dia gak lagi berisik setelah menjadi pasanganmu.

Jika pasanganmu salah satu dari 5 tipe di atas dan hubungan kalian masih sebatas pacar, ada baiknya kamu menimbang-nimbang lagi. Apakah hubungan itu perlu dilanjutkan dengan catatan dia mau berubah, atau sebaiknya diakhiri saja? Daripada makin menjadi-jadi di kemudian hari, kan?

Baca Juga: 5 Tips Jaga Jarak dengan Teman Lawan Jenis saat Sudah Pacaran

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya