Comscore Tracker

5 Tips Bahas Perbedaan Pendapat dengan Pasangan Tanpa Bertengkar

Bisa berhari-hari ngomongin hal ini

Sekompak-kompaknya kalian sebagai pasangan, pastinya akan ada pula perbedaan pendapat. Meski berseberangan secara pemikiran, jangan jadikan ini alasan buat bertengkar, ya.

Perbedaan pendapat dapat merugikan atau menguntungkan tergantung cara kalian dalam menyikapinya. Supaya gak berujung cekcok, coba terapkan lima tips berikut dalam membicarakan perbedaan pendapat dengan pasangan. 

1. Lihat suasana hati pasangan sebelum membahasnya kembali

5 Tips Bahas Perbedaan Pendapat dengan Pasangan Tanpa Bertengkarilustrasi pasangan (pexels.com/Phuc Pham)

Makin penting sesuatu yang menimbulkan perbedaan pendapat, kesepakatan biasanya juga makin sukar dicapai. Ini membuat kalian memerlukan waktu lebih dari sehari buat berdiskusi. Tentu saja ini lebih baik daripada salah satu langsung mengambil tindakan sendiri.

Namun, saat kalian hendak membicarakannya lagi, perhatikan dulu suasana hati pasangan. Apabila mood-nya lagi gak bagus, perbedaan pendapat di antara kalian sebaiknya jangan diungkit dulu.

Tunggu sampai suasana hatinya cukup positif. Bila kamu ragu dan perlu memastikan apakah ini waktu yang tepat buat membahasnya kembali, tanyakan saja padanya. Jika dia bilang lelah atau nanti saja, kamu tak perlu memaksa.

2. Beda pendapat boleh, tapi gak usah mengotot

5 Tips Bahas Perbedaan Pendapat dengan Pasangan Tanpa Bertengkarilustrasi pasangan (pexels.com/Dudut Maguna)

Beda pendapat itu selumrah paras manusia yang berbeda-beda, kok. Jadi, justru aneh apabila perbedaan ini disikapi dengan sikap saling mengotot. Baik dengan teman, pasangan, maupun saudara, berlainan opini itu biasa.

Beri kesempatan saja untuk masing-masing mengemukakan pendapatnya. Jangan lupa tanyakan dasar atau alasan di balik pendapatnya supaya kalian bisa saling mengerti. Jika pengertian ini telah dicapai, pasti bakal lebih gampang buat kalian tiba di titik temu antara dua pendapat.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Insecure Karena Pendapat Orang Lain

3. Jangan ada yang merasa sok pintar

5 Tips Bahas Perbedaan Pendapat dengan Pasangan Tanpa Bertengkarilustrasi pasangan (pexels.com/Gustavo Fring)

Masalah yang kerap bikin diskusi pasangan memanas ialah sikap sok pintar. Ada yang mendominasi diskusi dan tidak pernah mau memperhatikan pendapat pasangannya. Tentunya, lama-kelamaan pasangannya akan sebal terus dianggap bodoh.

Akibatnya, bukan perbedaan pendapat yang menimbulkan cecok, melainkan dorongan untuk membela harga diri masing-masing. Pihak yang menganggap dirinya paling pintar merasa harga dirinya jatuh bila pendapatnya tak diikuti. Sedang pasangannya menolak terus ditindas.

4. Jadikan perbedaan pendapat untuk meningkatkan kehati-hatian

5 Tips Bahas Perbedaan Pendapat dengan Pasangan Tanpa Bertengkarilustrasi pasangan (pexels.com/Nguyễn Thanh Tùng)

Perbedaan pendapat timbul dari dua orang yang melihat sesuatu dari sisi yang lain. Jadi, sebenarnya tidak ada pendapat yang salah. Kalau dua pendapat dibicarakan baik-baik justru akan saling melengkapi.

Keputusan atau tindakan yang diambil pun menjadi tidak gegabah. Contoh, kamu berpendapat masalah dengan seseorang harus dibicarakan secepatnya dan secara langsung sampai selesai saat itu juga.

Akan tetapi, pasanganmu berpikir cara tersebut rawan meledakkan pertengkaran karena emosi kalian tidak stabil. Dengan pendapat yang sifatnya mengingatkan ini, kamu dapat mempersiapkan diri agar mampu berbicara dengan halus pada orang itu dan pelan-pelan saja.

5. Setiap diskusi memanas, ingatlah bahwa kalian saling mencintai

5 Tips Bahas Perbedaan Pendapat dengan Pasangan Tanpa Bertengkarilustrasi pasangan (pexels.com/Meruyert Gonullu)

Pembahasan tentang pendapat yang berbeda sangat mungkin terus menggelinding liar seperti sebuah bola di jalan yang menurun. Walau masing-masing ingin pembicaraan berlangsung tanpa emosi, seiring waktu suasana bisa bertambah panas.

Selain ujung-ujungnya bertengkar, kerapnya situasi memanas bahkan mampu menghancurkan hubungan kalian, lho. Oleh sebab itu, selain berhenti dulu, kalian juga harus sama-sama menegaskan kekuatan cinta antara kamu dan dia. 

Pahami kembali bahwa pendapat yang berseberangan bukanlah tanda cinta kalian menipis. Kalian masih tetap saling mencintai sehingga perbedaan pendapat setajam apa pun yakin bakal mampu dibicarakan.

Pembahasan tentang pendapat yang berlainan memang menjadi lebih menantang apabila salah satu atau justru kalian berdua punya sifat keras kepala dan ego yang tinggi. Kompaklah buat menguranginya biar tak terjadi pertengkaran hebat.

Baca Juga: 5 Tanda Pasangan Ingin Bawa Hubungan ke Masa Depan, Sudah Siap Serius?

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya